banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Menhub RI Budi Karya Sumadi mengecek rute trayek kapal roro KMP-bahtera-nusantara-03-saat-soft-launching-di-pelabuhan-telaga-punggur-batam-f-suaraserumpun.com

Kepri Dapat Tambahan Kapal Roro, Ansar Ahmad dan Menhub Melaksanakan Soft Launching KMP Bahtera Nusantara 03

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Provinsi Kepulauan Riau mendapat tambahan kapal roro, untuk melayani transportasi antarpulau. KMP Bahtera Nusantara 03 akan melayani Tanjung Uban ke Tambelan, dan Sintete, hingga Sambas Provinsi Kalimantan Barat pulang-pergi (PP).

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi melakukan soft launching pengoperasian KMP Bahtera Nusantara 03, sebagai kapal penyeberangan roll on roll of (roro) yang baru, di dermaga penyeberangan Telaga Punggur Kota Batam, Sabtu (4/2/2023).

Kapal berukuran 1500 Gross Tonnage (GT) ini memiliki spesifikasi panjang 71,92 meter, lebar 14 meter, tinggi 4,6 meter. Kapal roro dengan kecepatan di atas 15 knot ini, mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang, 24 orang ABK, 14 kendaraan truk besar, 12 truk sedang dan 10 unit kendaraan roda 4. Kapal roro KMP Bahtera Nusantara 03 ini, akan melayani rute Tanjung Uban ke Tambelan, Sintete, dan Sambas Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Piala Menpora 2021: Persija Juara, PSM Tim Fair Play

Menurut Menhub Budi Karya Sumadi, kehadiran kapal penyeberangan ini akan mempermudah mobilitas masyarakat. Sekaligus membuka akses lebih luas lagi, khususnya untuk wilayah kepulauan, perbatasan dan 3T yakni tertinggal, terluar dan terdepan.

“Kota Batam, Provinsi Kepri yang berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura. Ini menjadi salah satu prioritas pemerintah melalui Kemenhub, untuk pembangunan sarana dan prasarana transportasi laut. Agar makin banyak terangkai satu pulau dengan pulau lainnya,” jelas Menhub RI.

Ditambahkan Budi Karya Sumadi, ini juga sesuai yang diarahkan Presiden Joko Widodo untuk terus membuka akses pelabuhan dan dermaga, guna merangkai pulau-pulau yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Hotel Penuh, Peserta Konferensi Nasional FKUB Disuguhkan Pelbagai Ikonik Tempat Ibadah

“Penambahan kapal (roro) baru ini, diyakini akan memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat. Karena, banyak kegiatan terusan yang bisa dihandle masyarakat, dengan bertambahnya armada baru. Yang akan mengelilingi lingkar utara Kepri ini,” ujar Budi Karya Sumadi Menhub RI.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, beroperasinya KMP Bahtera Nusantara 03 secara langsung akan melengkapi keberadaan kapal KMP Bahtera 01, yang selama ini telah beroperasi melayani masyarakat Kepri dan sekitarnya.

“Penambahan kapal baru ini, pastinya memberikan banyak pilihan masyarakat, dalam menunjang aktivitas bisnis dan usaha,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Petarung Muaythai Kepri Berhadapan dengan Fighter Jawa Barat

KMP Bahtera Nusantara 03 ini pengerjaannya dilakukan oleh anak negeri malalui PT Karimun Anugrah Sejati (KAS), yang telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk membuat kapal ini. Pengerjaan dan penyelesaiannya, tepat waktu. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *