banner 728x90
Agus Wibowo Ketua DPRD Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I, dengan konstituennya di Toapaya, Teluk Bintan, Teluk Sebong dan Gunung Kijang wilayah Dapil 1. F- humas dprd bintan

Reses 2023 Masa Sidang I DPRD Bintan, Pengembangan UMKM dan Fisik Masih Dominan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pada awal tahun ini, pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan reses tahun 2023 masa sidang I sejak, Selasa (23/1/2023) sampai dengan Minggu (29/1/2023). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta pembangunan fisik masih dominan, yang disampaikan masyarakat Bintan. Berikut foto reses anggota DPRD Kabupaten Bintan.

Dalam melaksanakan reses atau penjaringan aspirasi tahun 2023 masa sidang I ini, pimpinan dan anggota dewan turun ke daerah pemilihan (Dapil) masing-masing. Sebab, setiap Anggota DPRD, menyerap aspirasi masyarakat melalui kegiatan reses merupakan amanah yang dituangkan dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Reses juga menjadi agenda rutin bagi para anggota dewan untuk bertemu konstituen dan mendengarkan seluruh keluh kesah soal pembangunan daerah. Aspirasi ini yang akan ditampung dewan, diakomodir dalam pokok pikiran, serta diperjuangkan kepada pemerintah kabupaten agar direalisasikan.

“Ya, kami sudah menjalankan tugas reses itu,” kata Agus Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Bintan.

Muhammad Najib Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I, di Dapil 2 wilayah Kecamatan Bintan Pesisir, Mantang dan Tambelan. F- humas dprd bintan

Agus Wibowo menerangkan, sama seperti sebelumnya, reses tahun anggaran 2023 masa sidang I DPRD Bintan ini, untuk menjaring aspirasi dari warga. Anggota DPRD Bintan melakukan reses di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing. Selama kegiatan penjaringan aspirasi yang dilaksanakan tanggal 23 Januari 2023, sampai dengan Minggu (29/1/2023) lalu, banyak masukan dan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat.

“Seperti bidang pendidikan, ada warga yang menyampaikan tentang bantuan perlengkapan sekolah secara gratis, dengan jumlah yang berkurang. Ada juga warga yang minta bantuan dalam upaya meningkatkan ekonomi, seperti pengembangan UMKM itu. Aspirasi dari masyarakat petani, nelayan dan pedagang kecil, juga ada,” ujar Agus Wibowo.

Suhardi SE Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I, di Dapil 1 wilayah Kecamatan Gunung Kijang, Toapaya, Teluk Sebong dan Teluk Bintan. F- humas dprd bintan

“Termasuk pembangunan fisik atau infrastruktur, juga banyak,” sambung Anggota DPRD Bintan dari Dapil Toapaya, Teluk Bintan, Gunung Kijang dan Teluk Sebong ini.

Baca Juga :  Hari Ini, Lion Air Buka Rute Penerbangan Ibadah Umrah dari Pekanbaru ke Madinah

Pada masa reses ini, para anggota DPRD Bintan kembali membangun tali silaturahmi dengan masyarakat. Tak cuma menampung aspirasi. Dalam kegiatan reses, anggota dewan juga menyosialisasikan program pemerintah yang berkaitan langsung dengan masyarakat.

Reses tahun anggaran 2023 masa sidang pertama DPRD Kabupaten Bintan ini dilaksanakan 25 anggota dewan di 4 daerah pemilihan (dapil) berbeda. Dapil 1 dilakukan oleh Agus Wibowo, Daeng Muhammad Yatir, Fiven Sumanti, Sahak, Eddy Tiawarman, Siti Maryani, Suhardi SE, Zulkifli dan Suherianto. Wilayahnya meliputi Kecamatan Toapaya, Gunung Kijang, Teluk Bintan dan Kecamatan Teluk Sebong.

Hj Siti Maryani SKom Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I, di Dapil 1 wilayah Kecamatan Gunung Kijang, Toapaya, Teluk Sebong dan Teluk Bintan. F- humas dprd bintan

Untuk Dapil 2 meliputi Kecamatan Bintan Pesisir, Mantang dan Tambelan. Untuk Dapil ini dilakukan 3 perwakilan anggota dewan. Yakni Agus Hartanto, Arwan dan Muhammad Najib.

Di wilyah dapil 3 yaitu di Kecamatan Bintan Timur. Selain Hasriawady, reses juga dilakukan oleh Zulfaefi, Aisyah, Sri Wahyuni, M Toha, Yanti Maryanti dan Tarmizi.

Hj Aisyah Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I, di Dapil 3 wilayah Kecamatan Bintan Timur. F- humas dprd bintan

Wilayah dapil 4 terdiri di Kecamatan Bintan Utara dan Kecamatan Seri Kuala Lobam. Di Dapil ini, reses dilaksanaka oleh Indra Setiawan, Bani Suparti, Zakirman, Mirwan, Suardi dan Eriyanti.

Hasriawady anggota dewan Bintan dari Fraksi Golkar, saat melaksanakan reses telah mengakomodir pelbagai aspirasi dari masyarakat Bintan Timur, di Dapil 3. Aspirasi yang didata Hasriawady saat reses di awal tahun 2023 ini antara lain, rehabilitasi Surau Jabal Nur.

Mirwan Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I DPRD Bintan, di Dapil 4 wilayah Kecamatan Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam. F- humas dprd bintan

Selain itu, ada permintaan baju seragam majelis taklim RT03/RW020, mobil ambulans 1 unit di RT02/RW03, rehabilitasi jembatan di Gang Cempaka 1. Pakaian seragam ibu majelis taklim Jalan Musi, pembangunan TPQ di Jalan Musi, semenisasi 70 meter di RW01 Kelurahan Gunung Lengkuas.

Baca Juga :  Pasar Gerai Pangan sebagai Bukti Pemko dalam Memperhatikan Petani

Kemudian, warga juga meminta pembangunan drainase 100 meter di Gang Teratai Kelurahan Gunung Lengkuas. Pembangunan drainase sepanjang 150 meter di RT02/RW08 Kelurahan Sei Lekop, pembangunan paving blok 70 meter di Kampung Bangun Rejo Kelurahan Sei Lekop. Warga juga meminta pembangunan pagar masjid di Kampung Sidodadi Atas, paving blok di RT01/RW01 Kelurahan Sei Lekop.

Hasriawady SIP Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I DPRD Bintan, di Dapil 3 wilayah Kecamatan Bintan Timur. F- humas dprd bintan

Peningkatan kualitas Surau Nurul Khomar di RT02/RW05. Paving blok di RW05 Kampung Sido Mulyo Kelurahan Sei Lekop. Paving blok jalan Korindo, hingga paving blok di Budi Mulya sepanjang 70 meter di Km 23 Kijang.

Kemudian, Eddy Tiawarman dari Partai PAN, pada awal tahun 2023 ini melaksanakan reses di Dapil 1, wilayah Kecamatan Gunung Kijang, Toapaya, Teluk Bintan dan Teluk Sebong. Dari kondisi ekonomi yang terpuruk saat ini, kata Eddy Tiawarwan, banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat untuk pemulihan ekonomi. Para ibu rumah tangga ingin mencari penghasilan tambahan keluarganya.

Eddy Tiawarman SP Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I DPRD Bintan, di Dapil 1 wilayah Kecamatan Gunung Kijang, Toapaya, Teluk Sebong dan Teluk Bintan. F- humas dprd bintan

Justru itu, lanjut Eddy Tiawarman, aspirasi yang lebih banyak diserap saat reses tahun 2023 masa sidang I DPRD Bintan ini, adalah pengembangan UMKM. Bantuan yang diharapkan masyarakat itu berupa peralatan pendukung pengembangan industri rumah tangga. Seperti pembuatan bakso, mesti ada bantuan alat pengolahan daging bahan dari bakso. Begitu pula dengan dukungan tempat usaha, seperti kontainer usaha dagang.

Bani Suparni AMd Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I DPRD Bintan, di Dapil 4 wilayah Kecamatan Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam. F- humas dprd bintan

Masyarakat di Dapil 1 juga berharap, ada upaya pengembangan budi daya perikanan air tawar. Sehingga, pada masa cuaca ekstrem sekarang, nelayan bisa mendapatkan penghasilan dari usaha budi daya air tawar. Usaha perikanan air tawar ini sudah ada yang dijalankan di beberapa desa, seperti di Desa Teluk Bakau. Fasilitas lain, yaitu masyarakat meminta penerangan jalan umum.

Baca Juga :  Pensiunan ASN Bintan Tak Mengembalikan Mobil Dinas, Kajari: Kita Konstruksikan dengan Pasal Tipikor

Di tempat terpisah, Bani Suparti Fraksi Demokrat dari Dapil 4, saat melaksanakan reses, banyak menampung aspirasi untuk pembangunan fisik. Sebab, masih ada beberapa usulan pembangunan fisik yang belum direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan. Pembangunan fisik yang diusulkan masyarakat itu ada yang berupa semenisasi jalan di beberapa tempat.

Tarmizi Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I DPRD Bintan, di Dapil 3 wilayah Kecamatan Bintan Timur. F- humas dprd bintan

Menurut Bani Suparti, masyarakat di Perumahan Lobam Mas mengusulkan pembangunan fasilitas umum. Selain itu, masyarakat pelaku usaha industri rumah tangga juga mengharapkan bantuan sarana pendukung UMKM. Untuk bidang pendidikan, beberapa sekolah meminta pembangunan pagar sekolah.

Suherianto Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I DPRD Bintan, di Dapil 1 wilayah Kecamatan Gunung Kijang, Toapaya, Teluk Sebong dan Teluk Bintan. F- humas dprd bintan

Semua aspirasi dari warga itu akan disampaikan dalam rapat DPRD Bintan. Selanjutnya, dimasukkan ke dalam pokok-pokok pikiran para anggota DPRD Bintan, untuk direalisasikan kepada masyarakat. Aspirasi masyarakat yang terhimpun dalam kegiatan reses ini akan menjadi bahan pertimbangan perencanaan pembangunan, agar pada pelaksanaan pembangunan dapat tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat di daerah.

Zakirman SPdI Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I DPRD Bintan, di Dapil 4 wilayah Kecamatan Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam. F- humas dprd bintan

Riang Anggraini Sekwan Bintan menerangkan, kegiatan reses 2023 pada masa sidang I DPRD Kabupaten Bintan ini, dijalankan anggota DPRD Bintan sejak tanggal 23 Januari hingga 29 Januari 2023. Kegiatan reses berjalan lancar tanpa ada kendala.

Yanti Maryanti Anggota DPRD Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan reses 2023 dalam masa sidang I DPRD Bintan, di Dapil 3 wilayah Kecamatan Bintan Timur. F- humas dprd bintan

“Pelaksanaan berjalan lancar. Masukan, saran dan juga aspirasi akan dituangkan ke dalam laporan kegiatan reses untuk dibahas. Dan menjadi pokok pikiran dewan, saat pelaksanaan Musrenbang nanti,” demikian disampaikan Riang Anggraini. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *