Beranda All News Peringatan HAB Ke-77, Gubernur Kepulauan Riau Menyerahkan Sertifikat Halal bagi Pelaku UMKM

Peringatan HAB Ke-77, Gubernur Kepulauan Riau Menyerahkan Sertifikat Halal bagi Pelaku UMKM

0
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad bersama pelaku UMKM penerima sertifikat halal dan penerima penghargaan pada peringatan HAB ke-77 di Kantor Kanwil Kemenag Kepri, Selasa (3/1/2023). F- diskominfo kepri

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kementerian Agama mengusung tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77, Selasa (3/1/2023). Pada peringatan HAB ke-77 ini, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad menyerahkan sertifikat halal bagi 20 pelaku UMKM.

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad membacakan pidato Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI, di Kantor Kanwil Kemenag Kepri di Senggarang, Tanjungpinang, Selasa (3/1/2023) pagi.

Pada HAB ke-77 tahun 2023 ini, Kemenag RI mencanangkan tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh jajaran Kementerian Agama. Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji bangsa Indonesia, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024.

“Sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antarmasyarakat rukun dan damai,” ujar Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Ini Baru Namanya Kerja Sama, SMA Muhammadiyah Melatih Belasan Remaja tentang Desain Grafis

Di tahun politik ini, Menteri Agama RI menyebutkan potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda, tetap saja ada. Politisasi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek elektoral. Politisasi tempat ibadah sebagai ajang kampanye, sudah mulai terjadi.

“Penggunaan politik identitas menjelang Pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat tidak ternodai. Kita semua mesti belajar pada apa yang terjadi pada pesta demokrasi sebelumnya, di mana masyarakat terbelah yang hingga kini masih bisa dirasakan, terutama di media sosial,” kata Ansar Ahmad.

Menurut Yaqut Cholil Qoumas, Keluarga besar Kementerian Agama bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya.

Baca Juga :  Tim Sepak Bola Putra Brasil Pertahankan Titel Jawara Olimpiade di Tokyo

Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama. Saya minta tidak ada ASN Kementerian Agama yang partisan, apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan. ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan.

Melalui peringatan HAB ke-77 ini, Yaqut Cholil Qoumas berpesan, untuk menjadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kementerian Agama harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Upacara Hari Amal Bhakti (HAB) di Kakanwil Kemenag Kepri juga disejalankan dengan pemberian penghargaan kepada sejumlah orang yang berdedikasi untuk umat. Penerima penghargaan itu antara lain Drs H Erman Zainudin Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan dari Tokoh Penggerak Literasi Nasional 2022. H Fasri Bachmid Kepala Prasarana Pemukiman Kementerian PUPR atas renovasi dan rehabilitasi sarana dan prasarana madrasah Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2020, Shin Tae-yong: Egy Maulana Vikri Siap Tempur

Kemudian, Drs Dartoyo Pengawas Sekolah Ahli Madya Tingkat Menengah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan untuk kategori Pengawas Berdedikasi Peringkat Nasional. Jun Suhaidi Pengawas Sekolah Pendidikan Agama Islam Tingkat Menengah Atas untuk kategori Pengawas Berprestasi Peringkat Nasional.

Adamrin Penghulu Ahli Muda Kepala KUA Kecamatan Batam Kota untuk kategori Indeks Layanan Terbaik Nasional KUA Revitalisasi. Rifqi Nasrullah yang mendapatkan juara 1 Cabang Lompat Jauh Putra, dan Fauziah Bintan Ningrum yang mendapatkan Juara 1 Nasional Karate antar pelajar dan mahasiswa.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menyerahkan sertifikat halal bagi 20 pelaku UMKM yang dapat membantu UMKM untuk memasarkan lebih luas lagi produk yang mereka hasilkan. (yen)

Editor: Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here