Beranda All News Berwisata Saat Tahun Baru 2023, Turis Asal Jepang dan Australia Dapat Surprise...

Berwisata Saat Tahun Baru 2023, Turis Asal Jepang dan Australia Dapat Surprise di Bintan Resorts

0
Bupati Bintan Roby Kurniawan memberi dan memasangkan tanjak kepada Taekono turis asal Jepang yang masuk perdana ke Bintan Resorts, pada tahun Baru 2023, Minggu (1/1/2023). F- dok/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Turis asal Jepang dan Australia mendapat surprise (kejutan) di Bintan Resorts Lagoi, saat berwisata dan liburan bersama keluarganya pada Tahun Baru 2023, Minggu (1/12/2022). Turis asal Jepang yang masuk pertama di kawasan Lagoi di awal tahun 2023 itu, keluarga Taekono dan Atsuto Kono. Sedangkan turis asal Australia yang menjadi turis perdana ke Bintan itu, keluarga Gavin Moon dan Daniele Moon.

Taekono dan Atsuto Kono turis asal Japan ini berlibur Tahun Baru 2023 ke kawasan Bintan Resorts, bersama anaknya. Begitu pula dengan Gavin Moon dan Daniele Moon turis asal Australia, membawa anaknya. Keluarga turis asal Jepang dan Australia ini tiba di Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, sekitar pukul 08.30 WIB.

Jumlah turis mancanegara yang masuk pertama di pariwisata Lagoi, Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada Tahun Baru 2023 ini sebanyak 97 orang. Para turis berlibur ke Bintan, menggunakan kapal feri Aria Bupala, berangkat dari Singapura. Saat turun dari kapal, keluarga Taekono dan Atsuto Kono turis asal Jepang, serta keluarga Gavin Moon dan Daniele Moon turis asal Australia disambut Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Plt Kadispar Kepri Luki Zaiman Prawira mengalungkan bunga dan memasankan tanjak kepada keluarga Moon turis asal Australia yang masuk pertama ke Lagoi, pada Tahun Baru 2023. F- yen/suaraserumpun.com

Turut hadir Luki Zaiman Prawira Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri mewakili gubernur, Pj Sekda Bintan Ronny Kartika, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, Dandim 0315/Bintan Letkol (Inf) Tommy Anderson, Kepala Imigrasi Tanjung Uban Erwin, GGM PT BRC Abdul Wahab bersama jajaran, Kadisbudpar Bintan Arief Sumarsono dan sejumlah kepala OPD.

Turis asal Jepang dan Australia ini mendapat kejutan (surprise), saat penyambutan turis perdana di Kabupaten Bintan, pada hari pertama tahun 2023 tersebut. Keluarga Kono (Jepang) dan keluarga Moon (Australia) diberikan kalungan bunga dan tanjak. Pengalungan bunga dan pemasangan tanjak tersebut dilakukan oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan, dan Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri Luki Zaiman Prawira mewakili Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Pengoperasian Flyover Tanjungpinang Dimeriahkan Soegi Bornean, Gratis!

Selain pengalungan bunga dan tanjak, PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) juga memberikan kado spesial kepada mereka. Masing-masing keluarga Kono (turis asal Jepang) dan keluarga Moon (turis asal Australia) mendapat voucher tiket pulang pergi (PP) Singapura-Bintan, melalui BRF (Bintan Resorts Ferries).

Kemudian, keluarga Kono mendapat voucher menginap di Nirwana Gardens, Lagoi. Sedangkan keluarga Moon mendapat voucher menginap di Grand Lagoi By Willson, Lagoi Bay, Lagoi. Masing-masing keluarga turis perdana yang masuk ke Bintan ini mendapat voucher F&B di Anmon Resort.

“We are happy, it’s surprise,” ujar Moon turis asal Australia, usai menerima pengalungan bunga dan tanjak di pelabuhan BBT Lagoi.

Pada saat konferensi pers, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan, Pemkab Bintan sangat senang dengan penyambutan turis perdana yang masuk ke Kabupaten Bintan, melalui pelabuhan internasional BBT Lagoi ini. Selama ini, TNI, Polri, Imigrasi dan PT BRC Lagoi selalu membantu dalam mendatangkan turis ke Kabupaten Bintan. Serta turut mendukung event-event besar dan bertaraf internasional di Bintan.

Bupati Bintan berharap pariwisata Bintan bangkit lagi pada tahun 2023 ini. Karena, pariwisata memberikan sumbangan PAD terbesar bagi Kabupaten Bintan.

“Untuk wisata di tahun 2023 ini, minimal kembali seperti kondisi sebelum masa pandemi Covid-19 (2019) lalu. PT BRC dan Pemkab Bintan berusaha mendatangkan turis lebih banyak lagi, pada tahun 2023 ini. Sehingga bisa membangkit ekonomi daerah, dan masyarakat Bintan jadi sejahtera,” harap Roby Kurniawan.

Abdul Wahab GGM PT BRC, Bupati Bintan Roby Kurniawan, Kadispar Kepri Luki Zaiman P, Kadisbudpar Bintan Arief Sumarsono, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, Dandim Letkol Inf Tommy Anderson, dan Kepala Imigrasi Erwin saat konferensi pers. F- dok/suaraserumpun.com

GGM PT BRC Lagoi Abdul Wahab menyebutkan, pada hari pertama atau momen Tahun Baru 2023 ini, ada 4 kapal yang masuk ke pelabuhan BBT Lagoi, membawa turis mancanegara. Kapal Aria Bupala yang pertama masuk, membawa 97 turis. Kapal berikutnya, masing-masing akan membawa 200-an turis.

Baca Juga :  Angka Stunting Kepri Berkisar 16,8 Persen, Dewi Kumalasari: Ditargetkan Zero di 2024

“Ada sekitar 700-an turis yang datang ke Lagoi, pada Tahun Baru 2023 ini. Karena, Senin besok itu, di Singapura masih tanggal merah (libur). Jadi, turis cukup banyak yang masuk hari ini,” sebut Abdul Wahab.

Turis Cina
Abdul Wahab menerangkan, potensi kunjugan turis yang bisa ditarik ke Lagoi, masih sangat banyak. Namun untuk saat ini, potensi itu masih terfokus pada Asia Tenggara. Kemudian, per 8 Januari 2023 pekan depan, pemerintah China akan membuka pintu wisata. Ini menjadi momen bagi Bintan, untuk menarik turis dari Cina (Tiongkok).

“Rencananya, per Maret 2023 nanti, kita jalankan konsep charter flight bagi turis Cina itu, masuk ke Bintan. Per harinya, bisa 5 penerbangan. Masing-masing pesawat bisa membawa 200 orang turis. Jadi, sehari itu bisa 1.000 wisatawan dari Cina yang masuk ke Bintan. Tapi, ini direalisasikan secara bertahap,” jelasnya.

Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Abdul Wahab memberikan keterangan pers pada saat penyambutan turis perdana yang masuk ke Bintan, melalui kawasan Bintan Resorts Lagoi, pada Tahun Baru 2023. F- yen/suaraserumpun.com

Kemudian, lanjutnya, untuk kerja sama dengan kapal pesiar Dream Cruise, kerja sama masih berlanjut. Tapi, untuk sementara, kapal belum masuk. Karena, biaya untuk visa bagi turis di luar Asia Tenggara itu besar nilainya, untuk masuk ke Bintan.

“Tapi, kita optimis, ini akan berjalan baik ke depannya,” ujar Abdul Wahab.

Baca Juga :  Liverpool Menggeser Chelsea di Liga Inggris, 757 Kepri Jaya Winner di Liga 3 Kepri

Jumlah Kunjungan Wisata
Plt Kadispar Kepri Luki Zaiman Prawira menyampaikan, jumlah kunjungan wisatawan tahun 2022 ke Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Bintan sangat melonjak, ‘ribuan kali persen’. Tahun 2021, kunjungan ke Kepri khusus dari turis atau wisatawan mancanegara (wisman) itu masih berkisar 3.300-an orang. Karena masa pandemi Covid-19.

Tahun 2022, sebut Luki Zaiman Prawira, hingga November dan sampai akhir Desember, sudah melebihi 700 ribu wisman. Bintan merupakan daerah yang berada di posisi kedua untuk kunjungan turis, setelah Batam. Per November 2022 lalu, kunjungan ke Bintan itu sudah di atas 140 ribu. Akhir Desember 2022, melebihi 150 ribu turis.

“Ini kondisi kunjungan wisata kita, yang membahagiakan setelah pandemi Covid-19. Semoga dengan dicabutnya PPKM, dan diberlakukan free visa on arrival di Kepri, akan membangkitkan kunjungan dan dunia pariwisata kita,” harap Luki Zaiman Prawira.

Keluarga Kono turis asal Jepang saat tiba di pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi pada Tahun Baru 2023, Minggu (1/1/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Pada kesempatan lain, Kadisbudpar Bintan Arief Sumarsono menyebutkan, per November 2022, kunjungan turis ke Bintan terdata sebanyak 145.956 orang. Sedangkan kunjungan wisatawan nusantara (domestik) sebanyak 187.699 orang.

“Total kunjungan wisata ke Bintan sampai November itu sebanyak 333.655 orang. Kalau sudah masuk data sampai Desember 2022, kita perkirakan kunjungan wisata ke Bintan di atas 400 ribu orang,” tambah Arief Sumarsono.

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono dan Dandim 0315/Bintan Letkol Tommy Anderson, serta Kepala Imigrasi Tanjunguban Erwin menyatakan, pihaknya siap mendukung kebijakan dan event-event pariwisata di Bintan, untuk masa mendatang. Bentuk dukungan diberikan sesuai dengan tugas fungsi instansinya. (yen)

Editor: Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here