Beranda All News Miliaran Rupiah untuk UMKM, Gubernur Kepri Menyerahkan Bantuan di Tanjungpinang

Miliaran Rupiah untuk UMKM, Gubernur Kepri Menyerahkan Bantuan di Tanjungpinang

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Lis Darmansyah dan Agusnawarman Kepala Diskop dan UKM Kepri menyerahkan bantuan modal UMKM dan alat pertanian serta nelayan di Tanjungpinang, Senin (26/12/2022). F- diskominfo kepri

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menyerahkan bantuan alat pertanian dan perikanan serta bantuan permodalan UMKM, sertifikasi halal dan peralatan usaha di aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjunginang, Senin (26/12/2022. Nilai bantuan untuk UMKM yang diserahkan Gubernur Kepri di Tanjungpinang ini, miliaran rupiah.

Bantuan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Riau itu berupa bantuan modal UMKM di 7 kabupaten/kota kepada 1.112 kelompok UMKM sasaran, dengan total pagu anggaran sekitar Rp1,786 miliar. Kemudian, bantuan sarana dan prasarana berupa gerobak sebanyak 81 unit kepada kelompok UMKM dengan total pagu anggaran sekitar Rp753 juta untuk di Kota Batam, Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Bintan.

Selain itu, bantuan komputer dan printer sebanyak 3 unit kepada 3 koperasi di Kota Tanjungpinang. Bantuan sertifikasi halal kepada 691 UMKM di 7 kabupaten/kota dengan total pagu sekitar Rp404 juta. Terdiri dari sertifikasi halal self declare kepada 616 UMKM di 7 kabupaten/kota. Serta sertifikasi halal reguler kepada 75 UMKM di Kota Batam, Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Pj Sekdaprov Kepri dan KemenPAN-RB Membahas Transformasi Pelayanan Publik Berbasis Digital

Selain untuk UMKM, Pemprov Kepri juga menyerahkan bantuan kepada petani dan nelayan di Kota Tanjungpinang. Sama seperti penyerahan di Kabupaten Bintan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan secara simbolis bantuan berupa bubu ketam, kawat bubu, jaring udang, chest freezer, cooler box, dan kultivator kepada masing-masing 2 orang penerima di Kota Tanjungpinang ini.

Secara keseluruhan, bantuan yang diberikan Pemprov Kepri di Tanjungpinang ini antara lain alat mesin pertanian kultivator kepada 5 kelompok tani melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau. Melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau berupa 2.400 Pcs Bubu Ketam kepada 120 orang, 50 Pcs Kawat Bubu kepada 50 orang, 500 buah jaring udang kepada 100 orang, 31 Unit Chest Freezer Jaring Udang untuk 3 kelompok, dan 55 unit Cooler Box kepada 5 Kelompok penerima.

Baca Juga :  Kementerian ESDM Menjamin Pasokan BBM dan LPG Selama Liburan Idulfitri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, Pemprov Kepri memprogramkan bantuan ini setiap tahunnya. Menurutnya, ini juga merupakan amanat Presiden RI Joko Widodo, karena situasi ekonomi sekarang kurang menguntungkan. Setelah pandemi Covid-19, dunia dihadapkan perang Rusia Ukraina yang sangat menganggu aktivitas ekonomi di berbagai negara.

“Karena banyak komoditi penting mengalami dampak, terutama harga minyak dunia. Karena situasi ekonomi seperti ini, maka di daerah harus punya inovasi dan perubahan. Berbagai usaha dilakukan dengan kebijakan seperti hari ini,” jelas Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Baca Juga :  PT BAI KEK Galang Batang Sudah Merekrut 4.300 Pekerja, dari Target 21 Ribu Tenaga Kerja

Gubernur juga memaparkan berbagai pembangunan infrastruktur yang sedang digesa. Mulai dari revitalisasi Kota Tanjungpinang, pembangunan rumah singgah, hingga jembatan Batam-Bintan.

“Di sisi lain kita juga harus terus membangun infrastuktur. Karena daerah kita juga harus maju. Hasil akhirnya pasti memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat. Memang APBD kita tidak banyak, tapi kita maksimalkan,” sebut Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri mengajak para penerima bantuan untuk turut berterima kasih kepada jajaran anggota DPRD Kepri yang telah memberikan perhatian dalam bentuk bantuan-bantuan di Kota Tanjungpinang.

“Teman-teman inilah yang menjaga kota Tanjungpinang mendapat porsi anggaran yang cukup. Selaku gubernur, tugas saya menganggarkan dan membahas di lingkup pemerintah, dan disahkan di dewan. Doakan teman-teman DPRD ke depan sesuai rencananya masing-masing lebih sukses,” kata Ansar Ahmad. (yen)

Editor: Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here