Beranda All News Bantu Alat Pertanian dan Nelayan, Ansar: Ini Upaya Pemulihan Ekonomi

Bantu Alat Pertanian dan Nelayan, Ansar: Ini Upaya Pemulihan Ekonomi

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan sarana dan alat pertanian kepada kelompok tani di Toapaya Asri, Kabupaten Bintan, Senin (26/12/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad menyerahkan bantuan sarana dan alat produksi pertanian serta bantuan untuk nelayan di Kabupaten Bintan, Senin (26/12/2022). Sambil panen sorgum, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad berharap, Kepri bisa menjadi swasembada dan program pemulihan ekonomi tercapai.

Bantuan sarana dan alat produksi pertanian tersebut diserahkan Gubernur Kepri kepada kelompok tani dan kelompok nelayan di Kelurahan Toapaya Asri. Bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri yang diserahkan Gubernur Kepri Ansar Ahmad itu berupa alat kultivator untuk 37 kelompok tani. Bantuan secara simbolis diterima oleh tiga kelompok tani yaitu Poktan Cinta Tanah Air, Poktan Ratun Jaya Topas, dan Poktan Karya Tani.

Baca Juga :  Polda Kepri Berhasil Menangkap 'Aktor' dari Tragedi Kapal Tenggelam Pengangkut TKI Ilegal

Sedangkan bantuan alat perikanan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri berupa 5.000 bubu ketam, 375 kawat bubu, 51 chest freezer, dan 75 unit cooler box.

“Ini merupakan upaya pemulihan ekonomi di Kepri. Kita minta petani dan nelayan menjalankan usaha secara baik. Semoga hasil produksi meningkat, dan bisa menurunkan angka inflasi daerah. Sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan,” kata Ansar Ahmad.

Ansar menerangkan, bantuan ini diberikan dalam bentuk alat pertanian dan perikanan, maupun bibit dan pupuk. Diharapkan produksi pertanian bisa meningkat.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Ansar Ahmad Memperbolehkan Warganya Mudik Lokal

“Ke depan, produksi pertanian ini bisa mengurangi ketergantungan Kepri dengan provinsi lain, untuk penyediaan bahan pangan,” harap Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri Ansar menerangkan bantuan alat yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan pengolahan produk pertanian dan perikanan.

“Ini anggaran tambahan yang langsung kita realisasikan. Kita berikan dulu untuk yang dekat di Kabupaten Bintan. Karena Bintan ini menjadi penyangga daerah lain seperti Batam dan Tanjungpinang. Untuk kabupaten dan kota lain, kita berikan kompensasi yang lain,” tambah Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Tokoh Masyarakat Usulkan Jemaja Berpisah dari Kabupaten Anambas

Penyerahan bantuan ini disaksikan Pj Sekda Bintan Ronny Kartika, Ketua PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari, Kepala DPK2KH Dr Rika Azmi MSi, Kepala Dinas Perikanan Kepri TS Arief Fadillah, Kadis Kominfo Kepri Hasan SSos, Kepala DKPP Bintan Khairul, Kepala Dinas Perikanan Bintan Fachrimsyah, Camat Toapaya Nepy Purwanto dan puluhan petani. (yen)

Editor: Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here