Beranda All News Bintan Jadi Daerah Perbatasan Terinovatif di Indonesia, Roby Kurniawan Terima IGA 2022

Bintan Jadi Daerah Perbatasan Terinovatif di Indonesia, Roby Kurniawan Terima IGA 2022

0
Roby Kurniawan Bupati Bintan menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2022 dari Mendagri Tito Karnavian dan MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Jumat (23/12/2022). F- diskominfo bintan

Jakarta, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan menjadi daerah perbatasan terinovatif di Indonesia, tahun 2022. Bupati Bintan Roby Kurniawan menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2022, untuk kategori Daerah Perbatasan Terinovatif se-Indonesia dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Muhammad Tito Karnavian dan MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Bintan Roby Kurniawan, pada acara puncak IGA Awards 2022, di ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Bintan sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat, terhadap keberhasilan pemerintah daerah dalam menjalankan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Baca Juga :  Sah, Kabupaten Bintan sebagai Tuan Rumah Porpov 2022 Kepri

Mendagri RI Tito Karnavian berharap, acara pemberian penghargaan ini tidak hanya sebagai ritual tahunan. Tapi, momentum ini dimanfaatkan untuk mengevaluasi, apa manfaatnya dalam melaksanakan inovasi.

“Inovasi adalah jantung untuk membuat perubahan. Tidak ada komunitas, negara, bangsa dan masyarakat yang bisa melompat tanpa ada inovasi. Dengan berbagai macam inovasi yang ada di berbagai daerah ini mendongkrak negara kita untuk melompat dan makin maju,” ujar Tito Karnavian dalam sambutannya, pada penganugerahan IGA 2022.

Pemerintah daerah (Pemda) memang dituntut untuk melakukan inovasi dan melaporkannya kepada pemerintah pusat. Hal tersebut diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 388 ayat (7) yang menyatakan bahwa kepala daerah melaporkan inovasi daerah yang akan dilaksanakan kepada Mendagri RI.

Baca Juga :  Info Terkini Pencarian Pelajar Tanjungpinang yang Tenggelam di Pantai Trikora

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, penghargaan IGA 2022 tersebut didapat atas kerja keras seluruh pihak yang terlibat.

“Alhamdulillah, ini merupakan tahun ke-3 berturut-turut Kabupaten Bintan berhasil memperoleh penghargaan IGA ini. Tentunya kita bangga atas capaian ini. Saya mengucapan terima kasih serta apresiasi kepada semua jajaran di Bintan yang telah mengerahkan tenaga maupun pikiran dalam mengembangkan. Serta memajukan daerah guna menciptakan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang baik melalui berbagai cara inovatif,” kata Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Agus Wibowo Daftar di Tanjungpinang, Deby Maryanti Pilih Demokrat Bintan

Penghargaan IGA Award Tahun 2022 ini didapat melalui rangkaian panjang penjaringan inovasi yang dilakukan Bapelitbang Kabupaten Bintan, berkoordinasi dengan seluruh perangkat daerah di Kabupaten Bintan. Adapun terdapat 44 inovasi yang dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri sebagai dasar perhitungan Indeks Inovasi Daerah.

Kabupaten Bintan berhasil meraih peringkat pertama dalam kategori daerah perbatasan terinovatif. Kemudian diikuti dengan Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sambas, Kota Batam dan Kabupaten Karimun. Hal ini menjadikan Kabupaten Bintan menjadi daerah perbatasan terinovatif di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. (yen)

Editor: Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here