banner 728x90
Mendag RI Zulkifli Hasan dan Ansar Ahmad Gubernur Kepri bersama mahasiswa Iteba dan BTP Batam, Sabtu (17/12/2022). F- diskominfo kepri

Bersama Ansar, Zulkifli Hasan Motivasi Mahasiswa Iteba dan BTP Batam Jadi Wirausaha

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad mendampingi Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan mengunjungi Institut Teknologi Batam (Iteba) dan Batam Tourism Polytehcnik (BTP) di kampus Tiban, Kota Batam, Sabtu (17/12/2022). Dalam kunjungan ini, Zulkifli Hasan memotivasi mahasiswa Iteba dan BTP Batam menjadi wirausaha.

Kunjungan Mendag Zulkifli Hasan, selain melihat secara langsung keberadaan kampus Iteba dan BTP Batam, juga memberikan sambutan dan pengarahan berupa motivasi kepada seluruh civitas akademika, untuk nantinya bisa menjadi wirusaha yang profesional kedepannya.

Menurut Zulkifli Hasan, pascahantaman krisis pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, ditambah perekonomian global yang saat ini tidak menentu, pertumbuhan ekonomi Indonesia secara umum masih tumbuh dalam tren yang positif.

Baca Juga :  32 Tim Bertarung Antarkampung di Turnamen Bola Voli AHY Cup

“Saat ini, kondisi inflasi dan neraca perdagangan Indonesia, khususnya di kwartal III tahun 2022, masih terus tumbuh di angka yang positif yakni pada kisaran 5,72 persen,” ungkapnya.

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perdagangan, tambah Zulkifli Hasan, terus melakukan berbagai langkah dan terobosan. Salah satunya dengan terus menembus pasar dunia. Utamanya ke wilayah-wilayah Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika.

“Bahkan, Kementerian Perdagangan juga melakukan perjanjian perdagangan strategis, dengan negara-negara tersebut. Indonesia nantinya, akan melakukan ekspor dagang jenis non pasar tradisional. Ekspor dagang tersebut, dilakukan dengan cara bebas bea,” jelas Zulkifli Hasan.

Baca Juga :  Gubkepri dan DPRD Kepri Punya Tiga Program Besar

Adapun untuk penguatan sektor perdagangan di dalam negeri sendiri, masih menurut Zulkifli Hasan, Indonesia masih dengan terus memperkuat 4 pilar perekonomian. Yakni penguatan sektor UMKM, sektor market place, sektor retail perdagangan modern dan sektor perbankan.

Di hadapan civitas akademika, politisi PAN tersebut berbagi kiat sukses. Utamanya bagaimana bisa meraih kesuksesan di usia muda, yakni usia 20 tahunan. Keberhasilan, salah satunya ditandai dengan telah memiliki bisnis dan usaha sendiri.

“Kunci keberhasilan di usia muda, di antaranya mengembangkan bakat keunggulan yang dimiliki, untuk berani bersaing dan memenangi setiap kompetisi yang ada. Agar cita-cita dan keinginan bisa diwujudkan menjadi kenyataan,” tutupnya.

Baca Juga :  2022, Gubernur Kepri Menargetkan Wings Air Membuka Rute ke Bandara RHA Karimun

Usai memberikan sambutan dan motivasi singkat di hadapan civitas akademika, Mendag RI Zulkifli Hasan bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan secara simbolis pemberian beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi Iteba dan BTP Batam dari Badan Riset Talenta (Barista) dan Beasiswa Riset dan Inovasi. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *