Beranda All News Cen Sui Lan: Pelabuhan Tanjung Moco dan Pelabuhan Dompak Dituntaskan Tahun 2023

Cen Sui Lan: Pelabuhan Tanjung Moco dan Pelabuhan Dompak Dituntaskan Tahun 2023

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapol Kepri memberikan keterangan pers tentang progres penyelesaian pembangunan pelabuhan Tanjung Moco dan pelabuhan Dompak usai penyerahan sertifikasi penambang pompong di pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Kamis (15/12/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI menyatakan, pelabuhan Tanjung Moco dan pelabuhan Dompak di Tanjungpinang, dituntaskan pada tahun anggaran 2023 mendatang. Hal itu disampaikan Cen Sui Lan saat memberikan keterangan usai penyerahan sertifikat pompong dan sertifikasi penambang pompong di pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Kamis (15/12/2022).

Dalam kegiatan sertifikasi pompong dan penambang pompong Pulau Penyengat dan Senggarang serta Kampung Bugis tersebut, Cen Sui Lan menjelaskan tentang progres pelabuhan Tanjung Moco sebagai pelabuhan bongkar muat di Tanjungpinang. Serta menerangkan tentang rencana finishing pembangunan pelabuhan Dompak, sebagai pelabuhan penumpang.

“Pelabuhan Tanjung Moco dan pelabuhan Dompak ini segera dituntaskan pada tahun anggaran 2023. Agar berfungsi bisa meningkatkan perekonomian maayarakat Tanjungpinang. Dan tentunya bisa menumbuhkan kesejahteraan bagi maayatakat,” kata Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan mengucapkan terima kasih kepada Kol (Mar) Benyamin Ginting Kepala KSOP Tanjungpinang, yang telah melaksanakan program-program yang dibutuhkan masyarakat. Serta koordinasi Kepala KSOP dengan pihak Forkopimda dalam menyelesaikan permasalahan di pelabuhan Tanjung Moco dan pelabuhan Dompak. Sehingga bisa clear secara paralel dengan masalah tersebut.

Baca Juga :  Menyongsong Sirkuit Formula One, Roby Kurniawan: Saatnya Bintan Bangkit

“Jika di tingkat teknis bisa diselesaikan, itu memudahkan saya di level kebijakan anggaran, dalam mengalokasikan anggarannya,” ujar Cen Sui Lan.

Sebelumnya, Cen Sui Lan melakukan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) untuk melakukan pengawasan ke pelabuhan Tanjung Moco, Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Minggu (4/12/2022) siang. Kundapil ini guna melihat langsung kondisi riil pelabuhan yang dibangun sejak tahun 2009 tersebut. Tapi, kondisinya masih belum bisa difungsikan. Padahal, sudah menghabiskan Rp120 millar.

Cen Sui Lan bersama Kol (Mar) Benyamin Ginting Kepala KSOP Tanjungpinang meninjau kawasan darat pelabuhan FTZ Tanjung Moco, pekan kemarin. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Saat peninjauan pelabuhan Tanjung Moco, Cen Sui Lan didampingi Kol (Mar) Benyamin Ginting selaku Kepala KSOP Tanjungpinang Ditjen Hubla KemenHub RI dan stafnya. Serta mengikutsertakan ahli ahli DPR RI Victor Angsono, Herdyanto dan Agustar.

Baca Juga :  Minggu Pagi, Plt Bupati Bintan Salat Ied di Toapaya

Cen Sui Lan bersama Kol (Mar) Benyamin Ginting meninjau bagian darat kawasan pelabuhan Tanjung Moco, dan jalan pelabuhan (pelantar) menuju laut sepanjang 600 meter. Di jalan pelabuhan ini, Cen Sui Lan sempat memancing ikan bersama masyarakat di pelabuhan Tanjung Moco yang mangkrak atau belum selesai dibangun, sejak 2009 tersebut. Pembangunan pelabuhan Tanjung Moco sepanjang 600 meter itu sudah menghabiskan anggaran Rp120 miliar.

Tahun anggaran 2023, Cen Sui Lan menginginkan, pelabuhan FTZ Tanjung Moco Tanjungpinang ini diselesaikan. Sehingga bisa difungsikan sebagai pelabuhan bongkar muat. Justru itu, di sela meninjau kawasan pelabuhan Tanjung Moco, Cen Sui Lan langsung berkoordinasi dengan Arief Thoha Dirjen Hubla dan Novie Riyanto Sekjen Kemenhub RI.

“Saya memastikan, penyelesaian pembangunan pelabuhan Tanjung Moco, pada tahun anggaran 2023 dianggarkan Rp15 miliar. Biar bisa berfungsi, dengan menuntaskan pembangunan infrastruktur di sisi daratnya,” tegas Cen Sui Lan saat memberikan keterangan kepada suaraserumpum.com, usai berkoordinasi dengan Arief Thoha Dirjen Hubla dan Novie Riyanto Sekjen Kemenhub RI.

Cen Sui Lan berpose di sela penyerahan sertifikasi pompong dan penambang tujuan Penyengat, Senggarang dan Kampung Bugis, Tanjungpinang, Kamis (15/12/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Sertifikasi Penambang Pompong
Kemudian, Cen Sui Lan menjawab tentang bagaimana pengadaan hibah pompong bagi penambang Pulau Penyengat, Senggarang dan Kampung Bugis. Upaya itu, selain bisa membantu para penambang pompong di tiga daerah Tanjungpinang tersebut, juga bisa terciptanya pompong-pompong yang prototipe. Sehingga ada keindahan untuk mendukung Tanjungpinang sebagai destinasi atau daerah objek wisata.

Baca Juga :  Ansar-Marlin Fokus Penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi dan Perkuat Pengamanan Perbatasan RI

Dalam kegiatan tersebut, Cen Sui Lan didampingi Kol (Mar) Benyamin Ginting Kepala KSOP Tanjungpinang, menyerahkan sertifikat pompong dan sertifikasi penampang. Sertifikasi ini merupakan SIM bagi penambang, untuk terjaminnya keselamatan dan keamanan bagi penumpang untuk tujuan wisata ke Penyengat, maupun destinasi lainnya di Tanjungpinang. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here