Beranda All News Profil M Rhaga Al Misri Yulianto, Jebolan SSB Progress Plus Batam yang...

Profil M Rhaga Al Misri Yulianto, Jebolan SSB Progress Plus Batam yang Mengikuti Trial di Portugal

0
M Rhaga Al Misri Yulianto bersama tim pelatih dari IFT Portugal saat menjalani trial di Singapura, Juni 2022 lalu. Sekarang, M Rhaga berangkat dan menjalani trial di beberapa klub di Portugal. F- dok/suaraserumpun.com

Batam, suaraserumpun.com – Muhammad Rhaga Al Misri Yulianto seorang siswa jebolan Sekolah Sepak Bola (SSB) Progress Plus FA Batam (Kepri), dipanggil untuk mengikuti pelatihan dan trial (uji coba) di IFT Portugal. Berikut profil singkat M Rhaga Al Misri Yulianto yang meniti karir di olahraga sepak bola yang dilirik negara asal Cristiano Ronaldo, Portugal tersebut.

Talenta seorang anak siapa yang tahu. Namun, tatkala talenta itu ada, jangan dihalangi. Begitu pula yang ada pada Muhammad Rhaga Al Misri Yulianto. Rhaga begitu panggilan akrabnya. Rhaga kelahiran 20 Mei 2006 ini menjalani masa kecilnya di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Rhaga ketika menginjak usia 10 tahun, sudah kecantol dengan olahraga sepak bola. Tahun 2016, Rhaga memulai karier bermain sepak bola di Kota Batam. Rhaga ‘kecil’ bergabung dengan SSB Progress Plus FA Batam. Sejumlah festival (kejuaraan) sepak bola tingkat umur, diikutinya.

Baca Juga :  Soal Aduan Dugaan Mafia Tanah, Direktur Lahan BP Batam Dimintai Klarifikasi Kejati Kepri

Tak hanya di tingkat lokal, Rhaga sudah merasakan atmosfer festival sepak bola di ajang nasional maupun internasional. Ketekunan, disiplin latihan, menjaga pola makan dan disiplin istirahat, yang selalu menjadi perhatian bagi Rhaga selama menjadi siswa Progress Plus FA Batam. Tahun 2017, Rhaga pun sempat membela SSB Bintan Muda di ajang Kejurnas Fossbi di Solo.

Bersama Porgress Plus FA Batam pula, Rhaga tampil di ajang Piala Aqua Danone. Secara perlahan, karier Rhaga di sepak bola mencapai ke luar negeri (internasional).

Awalnya pada tahun 2018, Rhaga diberi kesempatan untuk bergabung dengan Akademi Persib Cimahi, dan terpilih mewakili Indonesia sebagai Timnas Pelajar Indonesia usia 12 tahun (U12). Saat itu, Rhaga bersama Timnas Indonesia menjadi juara pertama di China, dengan tajuk event DCT Internasional, yaitu Dream Come True China.

Baca Juga :  Ekonomi Kepri Jelang Pertemuan Jokowi dengan PM Singapura di Lagoi

Setelah pulang dari China, M Rhaga sempat bergabung dengan Kabomania selama 6 bulan, dan hijrah ke Academi Persib Cimahi (APC). Alhamdulillah diberi kesempatan bergabung dengan Tim Persib U15, untuk Piala Soeratin.

Rhaga juga pernah bergabung dengan beberapa tim luar negeri. Seperti ANZA Soccer Academy Singapore, LS Talent Australia, Sporting Lisbon, dan tim Phoenix FC Australia.

Tanggal 13 sampai 25 Juni 2022 lalu, M Rhaga mengikuti soccer camps dengan pelatih-pelatih yang langsung didatangkan dari IFT Portugal. Event ini dilaksanakan oleh IFT Asia di Singapura.

Pada pelatihan ini, Rhaga terpilih sebagai top performer (pemain terbaik), dari ratusan peserta yang mengikutinya. M Rhaga jebolan SSB Progress Plus FA Batam ini diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan trial beberapa klub di Portugal, selama 3 pekan ke depan.

M Rhaga Al Misri Yulianto mendapat arahan pelatih dari IFT Portugal saat menjalani trial di Singapura, Juni 2022 lalu. F- dok/suaraserumpun.com

“Sabtu tanggal 10 Desember 2022, dini hari tadi, M Rhaga berangkat ke Portugal, negara asal Cristiano Ronaldo. Semoga ini menjadi pengalaman yang sangat berharga, latihan dan trial di musim dingin di Portugal. Dan menjadi motivasi bagi para siswa SSB yang ada di Tanah Air. Termasuk di Batam, dan Provinsi Kepri,” kata Yora, manajer SSB Progress Plus FA Batam kepada suaraserumpun.com.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kuansing yang Satu Ini Ingin Mengembangkan Peternakan Sapi Secara Modern

Sekarang, M Rhaga Al Misri Yulianto yang memiliki tinggi badan 178 sentimeter dengan berat badan 69 kilogram ini, menjalani pendidikan di SMA Negeri 3 Pasundan, Cimahi, Jawa Barat. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here