Beranda All News 4 Ribuan Wartawan Memeriahkan Pembukaan Porwanas di Jatim

4 Ribuan Wartawan Memeriahkan Pembukaan Porwanas di Jatim

0
Kontingen Kepri mengikuti defile pembukaan Porwanas ke-XIII di Jawa Timur, Senin (21/11/2022) malam. F- siwo pwi kepri

Malang, suaraserumpun.com – Hampir 4 ribuan atlet wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dari 34 Provinsi termasuk Kepulauan Riau (Kepri) memeriahkan opening ceremony Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwarnas) ke-XIII tahun 2022 di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Malang Raya, Jawa Timur (Jatim), pada Senin (21/11/2022) malam.

Mereka akan berlaga di 10 cabang olahraga (cabor) seperti atletik, biliard, bulutangkis, bridge, catur, tenis meja, tenis lapangan, e-sport, sepak bola, dan futsal selama tujuh hari, sejak tanggal 21 hingga 27 November 2022 mendatang.

Pantauan di lokasi, perhelatan ini dibuka dengan penampilan penampilan musisi Totok Tewel bersama grup bandnya yang membawa beberapa lagu rock. Dilanjutkan dengan berbagai tarian tradisional hingga kolosal dari 350 pelajar SMP dan SMA se-Malang Raya yang menjadi penari dalam pembukaan tersebut.

Baca Juga :  Pengukuhan Pengurus Iwakusi Tanjungpinang-Bintan Dimeriahkan Randai dan Sasampek

Agenda ini semakin semarak tatkala diisi penampilan stand up comedy dari Cak Lontong dan juga Akbar yang sempat menghibur para hadirin.

Puncaknya, pembukaan secara simbolis disusul dengan penyerahan piala bergilir serta pengibaran bendera Powarnas oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paksibraka) Malang Raya hingga penyalaan api Powarnas XIII oleh Dahlan Iskan.

Acara tersebut juga menyuguhkan berbagai aksi persembahan talenta muda hingga parodi defile masing-masing kontingen dari 34 provinsi di Indonesia dengan memamerkan pakaian adat dari setiap provinsi.

Baca Juga :  Jika Melanggar Prokes Kades Bakal Dinonaktifkan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zaenuddin Amali, dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas kolaborasi seluruh insan wartawan dengan pemerintah.

“Kalau ini kita bisa jalankan dengan sebaik-baiknya, maka bukanlah mimpi kosong kalau tepatnya pada Olimpiade 2044 yang akan datang, Indonesia minimal berada di peringkat 10 besar dunia,” ujarnya dihadapan para atlet dan kontingen yang hadir malam itu.

Di lokasi yang sama, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Dardak berharap, pesta olahraga insan olahraga wartawan ini mampu membangun semangat kekeluargaan dan rasa cinta terhadap olahraga. Apalagi, event ini sudah diselenggarakan ke-13 kalinya.

Baca Juga :  Kapal Pelni Mulai Beroperasi, Barang Penumpang yang Melebihi Kapasitas Harus Bayar

“Kalau sudah ke-13 kali dan digelar 4 tahun sekali, artinya itu sudah lebih dari setengah abad lalu dimulai. Maka, ini adalah event yang layak diteruskan dan sudah luar biasa sejarah panjangnya,” ujarnya.

Acara bertajuk Juorney Off Nusantara ini dihadiri Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, kepala daerah Malang Raya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here