Beranda All News Pemkab dan Dekranasda Akan Melatih Anak Bintan ke Sumbar untuk Pengembangan Batik...

Pemkab dan Dekranasda Akan Melatih Anak Bintan ke Sumbar untuk Pengembangan Batik dan Tenun

0
Roby Kurniawan Bupati Bintan bersama Ketua Dekranasda Bintan Hafizha Rahmadhani meninjau sarana pelatihan tenun di Balai Diklat Industri (BDI) Kota Padang, Sumbar, Kamis (17/11/2022). F- diskominfo bintan

Padang, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan akan melatih anak Bintan ke Balai Diklat Industri Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Peserta yang dilatih ini diharapkan mampu mengembangkan batik dan tenun khas Bintan, usai menjalani pelatihan 3 in 1 di Balai Diklat Idustri Sumbar tersebut.

Sebelum program pelatihan di Sumbar tersebut dilaksanakan, Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Ketua Dekranasda Bintan Hafizha Rahmadhani mengunjungi Balai Diklat Industri (BDI) Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, Kamis (17/11/2022). Kunjungan ini untuk melihat peluang serta potensi pengembangan yang bisa dilakukan di Bintan.

Baca Juga :  Pekerja PT BRC Lagoi Diberikan Penyuluhan Tata Cara Berlalu Lintas

Roby Kurniawan dan Hafizha mengunjungi ruangan praktik dan menyaksikan berbagai proses serta sarana pelatihan. Roby bersama Hafizha tertarik untuk mengembangkan sentra batik ke Bintan, setelah meninjau sarana Balai Diklat Industri di Kota Padang tersebut.

Ketua Dekranasda Bintan Hafizha Rahmadhani menjelaskan, di Balai Diklat Industri Kota Padang ini diberikan materi pendidikan dan latihan 3 in 1. Yaitu berupa pelatihan keterampilan, uji kompetensi dan penempatan. Sehingga, setela menjalani diklat, para peserta tidak dilepas begitu saja. Mereka yang telah dibekali dengan ilmu, mesti mampu menghasilkan nantinya.

Baca Juga :  Ady Indra Pawennari Pengusaha Asal Kepri Jadi Ketua Umum HIPKI

“Akan kita support penuh. Balai Diklat Industri di Kota Padang ini sudah mau memfasilitasi. Kita juga siap mendukung. Secepatnya akan kita kirimkan anak Bintan sebagai peserta pelatihan. Supaya, Bintan dapat kuota pelatihan 3 in 1 untuk tahun 2023 nanti,” sebut Hafizha Rahmadhani.

Pelatihan yang akan difasilitasi Pemkab Bintan ini adalah batik dan tenun. Minimal peserta pelatihan berjumlah 40 orang, dengan batas usia 18-35 tahun. Rentang usia yang sangat produktif dalam mengembangkan industri rumahan.

Hafizha berharap, pada awal tahun 2023, Bintan sudah dapat melaksanakan pelatihan dimaksud. Dengan harapan, akan dapat dilihat sejauh mana potensi pengembangan batik dan tenun yang ada di Bintan nantinya.

Baca Juga :  50 Tahun, BP Batam Tangguh Investasi Tumbuh, Cek Faktanya

“Untuk tenun, kita juga punya khas daerah. Untuk batik sendiri kan sempena Hari Jadi Bintan nanti, akan kita umumkan juara dari sayembara batik. Itu salah satu yang akan kita kembangkan,” jelas Hafizha saat mendampingi Bupati Bintan Roby Kurniawan. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here