Beranda All News Aplikasi Digital Inovasi Terbaru, Bapenda Karimun Punya SI-IKANPARI

Aplikasi Digital Inovasi Terbaru, Bapenda Karimun Punya SI-IKANPARI

0
Sekretaris Bapenda Karimun Herisa Anugerah (tengah) bersama Kepala Bapenda Karimun Kamarullazi (kiri) saat sosialisasi aplikasi SI-IKANPARI. F- bapenda karimun

Karimun, suaraserumpun.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Karimun memiliki satu inovasi terbaru yang diberi nama SI-IKANPARI. Yaitu, Sistem Informasi Kemudahan Pelayanan Pajak Daerah dan Retribusi.

“SI-IKANPARI ini adalah aplikasi informasi yang komprehensif. Berisi beragam informasi mengenai pajak daerah dan retribusi. Juga menyediakan fasilitas dan kemudahan bagi masyarakat dalam membayar pajak daerah berbasis digitalisasi,” sebut Herisa Anugerah, Sekretaris Bapenda Karimun, Jumat (18/11/2022).

Inovasi ini tercipta karena kebutuhan akan peningkatan pelayanan yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan digitalisasi demi meningkatnya Pendapatan Asli Daerah yang akan berdampak pada peningkatan pembangunan dan kesejahteraan.

Inovasi ini sejalan dengan program dari pemerintah pusat, yaitu Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). Program ini suatu upaya untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari cara tunai menjadi nontunai berbasis digital.

Baca Juga :  Upacara Hari Bhakti Imigrasi di Kepri, Ansar Ahmad Menyerahkan Kapal Operasional

SIDA (Sistem Inovasi Daerah) adalah keseluruhan proses dalam satu sistem untuk menumbuhkembangkan inovasi yang dilakukan antar institusi pemerintah, pemerintahan daerah, lembaga kelitbangan, lembaga pendidikan, lembaga penunjang inovasi, dunia usaha, dan masyarakat di daerah. yang saat ini sedang gencar diperkenalkan ke tengah-tengah masyarakat.

MCP KPK (Monitoring Center for Prevention Komisi Pemberantasan Korupsi) adalah program dari KPK yang berupaya melakukan pencegahan korupsi pada pemerintah daerah melalui perbaikan sistem. Program MCP merupakan pelaksanaan dari tugas KPK sebagaimana amanah UU terkait fungsi koordinasi dan monitoring atas upaya-upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Baca Juga :  Atlet Biliar dan Taekwondo Kepri Meraih Medali Perunggu di PON Papua

Program tersebut memiliki 8 (delapan) area intervensi, satu di antaranya berada di Badan pendapatan Daerah yaitu indikator optimalisasi pajak daerah.

Website ini memiliki perbedaan dibandingkan website yang lain. Karena website ini tak hanya menjadi wadah informasi yang komprehensif. Tetapi juga memberikan kemudahan pelayanan berupa fasilitas pembayaran pajak daerah berbasis digitalisasi. Sehingga melalui SI-IKANPARI, masyarakat akan lebih mudah membayar pajak daerah dari mana saja dan kapan saja

Sangat mudah untuk mengakses SI-IKAN PARI. Masyarakat hanya perlu masuk ke laman website kami di www.bapenda.karimunkab.go.id dan pilih fitur yang diinginkan. Beragam fitur tersedia mulai dari informasi mengenai pajak daerah dan retribusi. Langkah-langkah tata cara pembayaran pajak baik secara manual maupun online. Alur dan persyaratan kepengurusan berkas.

Baca Juga :  Sebulan, Tim Panther Polres Karimun Tangkap 16 Pengedar Sabu

Fitur pengaduan online untuk menyampaikan pertanyaan, saran dan masukan, hingga beragam link pembayaran digital yang dapat sahabat pajak daerah pilih, mulai dari QRIS Bank Riau Kepri Syariah, pospay, buka lapak, tokopedia, blibli, gopay, ovo, dan link aja.

“Bapenda akan terus melakukan perbaikan dan pengembangan terkait pelayanan kepada masyarakat dengan mengacu pada kemajuan dan perkembangan digitalisasi,” jelasnya.

Dengan harapan, masyarakat akan semakin aware dalam membayar pajak, pelayanan semakin baik, semakin tingginya akuntabilitas dan profesionalitas, yang akan bermuara pada peningkatan pendapatan asli daerah Karimun.

“Insya Allah, bila pendapatan semakin meningkat, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat juga akan semakin meningkat,” demikian dipaparkan Herisa Anugerah. (nurul atia/ion)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here