Beranda All News Catatan yang Tersisa dari Porprov Kepri Ke-V, Target Bintan Bangkit Tercapai

Catatan yang Tersisa dari Porprov Kepri Ke-V, Target Bintan Bangkit Tercapai

0
Roby Kurniawan Bupati Bintan melambaikan tangan kepada kontingen Bintan saat pembukaan Porprov Kepri ke-V tahun 2022, Minggu (6/11/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri ke-V tahun 2022 di Bintan, sudah selesai. Namun, ada beberapa catatan yang tersisa dari Porprov Kepri ke-V di Kabupaten Bintan tersebut. Yang pasti, target ‘Bintan Bangkit’ dari Bupati Bintan Roby Kurniawan tercapai.

Kabupaten Bintan ditetapkan Pemprov Kepri menjadi tuan rumah penyelenggara Porprov Kepri ke-V pada tahun 2022, diumumkan sekitar September 2021 lalu. Roby Kurniawan yang saat itu menjabat sebagai Pj Bupati Bintan, langsung menyatakan siap. Roby Kurniawan pun langsung mengadakan rapat koordinasi dengan KONI Kabupaten Bintan.

“Ini (tuan rumah Porprov Kepri) awal Bintan bangkit, setelah menghadapi masa pandemi Covid-19,” kata Roby Kurniawan, saat itu.

Pertengahan Oktober 2021, Roby Kurniawan hadir dalam rapat kerja KONI Kabupaten Bintan dengan pengurus cabang olahraga (cabor). Dalam rapat ini, Roby Kurniawan memberikan keyakinan kepada KONI Bintan dan pengurus cabor, Kabupaten Bintan sanggup menjadi tuan rumah. Meski masih dalam kondisi APBD yang miskin. Saat itu, diharapkan Pemprov Kepri yang membangun fasilitas beberapa cabang olahraga, maupun merehab fasilitas yang belum memadai.

Pj Sekda Bintan Ronny Kartika bersama Ketua dan Pengurus KONI Bintan sebagai pimpinan rombongan kontingen di ajang Porprov Kepri tahun 2022. F- yen/suaraserumpun.com

Dengan semangat jiwa olahraganya, Roby Kurniawan si atlet golf Bintan ini berharap, semua cabor bangkit untuk meraih juara pada penyelenggaraan Porprov Kepri ke-V tahun 2022. Justru itu, ‘Bintan Bangkit Bintan Juara’ menjadi motto bagi kontingen Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Mengimbau Salat Idul Adha di Rumah Masing-masing

Motto tersebut menjadi fondasi bagi Bupati Bintan Roby Kurniawan, karena melihat prestasi kontingen Bintan pada Porprov Kepri sebelumnya, yang masih stagnan. Tahun 2018, saat Tanjungpinang menjadi tuan rumah Porprov Kepri ke-IV, posisi Bintan berada di peringkat keempat, dengan meraih 26 emas, 32 perak dan 53 perunggu.

Porprov Kepri ke-IV tahun 2018 di Tanjungpinang, posisi Bintan di bawah Batam, Tanjungpinang dan Karimun. Dengan selisih perolehan medali emas jauh dibandingkan Tanjungpinang (68 emas) dan Karimun (54 emas).

Atlet dan ofisial kontingen Bintan saat pembukaan Porprov Kepri tahun 2022. F- yen/suaraserumpun.com

“Di Porprov Kepri ke-V 2022, kontingen harus bangkit dan cabor-cabor mesti meraih juara. Beban itu bukan karena kita sebagai tuan rumah. Tapi, saatnya bangkit prestasi olahraga di Bintan ini. Kita targetkan, Bintan bangkit dan bisa ke posisi kedua. Minimal, masuk 3 besar dengan perolehan medali yang tidak terlalu jauh,” ujar Roby Kurniawan saat memberikan motivasi kepada pengurus KONI dan pengurus cabor Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2020, Shin Tae-yong: Egy Maulana Vikri Siap Tempur

Selain prestasi, Roby Kurniawan berharap, saat menjadi tuan rumah Porprov Kepri ke-V tahun 2022, ekonomi masyarakat Bintan juga bangkit. Karena, ribuan atlet dan rombongan kontingen akan beraktivitas di Bintan selama Porprov Kepri berlangsung.

Dari catatan yang tersisa pula, alhasil Porprov Kepri ke-V tahun 2022 sukses digelar di Kabupaten Bintan. Tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan, tapi sukses dalam mencapai target prestasi.

Klasemen akhir perolehan medali porprov kepri 2022. F- sumber: PB Porprov Kepri

Dari 35 cabor dan 347 nomor yang dipertandingkan, kontingen Bintan meraih 54 emas, 57 perak, 85 perunggu. Bintan bangkit dari posisi keempat saat Porprov Kepri tahun 2018, ke posisi ketiga pada Porprov Kepri ke-V tahun 2022.

Bintan di bawah Batam dengan meraih 156 emas, 78 perak, 63 perunggu. Bintan memang berada di bawah Tanjungpinang (posisi) dengan perolehan 55 emas, 81 perak, 99 perunggu. Tapi, selisih Bintan dengan Tanjungpinang hanya terpaut 1 emas. Bahkan, kontingen Tanjungpinang sempat cemas disalip Bintan, menjelang penutupan tersebut.

Baca Juga :  Bintan Tuan Rumah Porprov 2022 Kepri, Wako Tanjungpinang Panggil Pengurus KONI dan Cabor

Kontingen Karimun yang sebelumnya (2018) berada di posisi ketiga, berhasil digeser Bintan. Di Porprov Kepri ke-V ini, Karimun meraih 24 medali emas, 39 perak, 73 perunggu. Lingga di posisi kelima meraih 21 emas, 38 perak, 56 perunggu. Disusul Anambas dengan 6 emas, 5 perak, 13 perunggu. Serta Natuna dengan meraih 3 emas, 20 perak, 37 perunggu.

Pengurus KONI Bintan bersama atlet dan ofisial kontingen Bintan saat defile pembukaan Porprov Kepri ke-V tahun 2022 di Kabupaten Bintan. F- dok/suaraserumpun.com

“Target Bintan Bangkit itu tercapai di Porprov Kepri ke-V tahun 2022 ini. Untuk Porprov berikutnya di Lingga (2026), semoga saja semakin bangkit,” demikian catatan Roby Kurniawan dari penyelenggaraan Porprov Kepri ke-V tahun 2022 di Kabupaten Bintan, yang ditutup oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad di stadion Megat Alang Perkasa, Desa Busung, Seri Kuala Lobam, Sabtu (12/11/2022) petang lalu.

Sampai jumpa di Porprov Kepri ke-VI tahun 2026 di Kabupaten Lingga. Apakah harapan Roby Kurniawan bisa terwujud lagi di bidang prestasi olahraga? Roby Kurniawan menyatakan, biar waktu yang menjawabnya. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here