banner 728x90
Gubernur Kepri H.Ansar Ahmad saat membuka kegiatan Internet Expo 2022 APJII Kepri di Atrium One Batam Mall, Jum'at (11/11/2022).F-Kominfo Kepri

Ansar Ahmad Membuka Internet Expo Kepri 2022 di Batam

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepri H Ansar Ahmad mengatakan, penyediaan akses jaringan internet yang semakin baik di wilayah Kepulauan Riau, akan mampu mendorng kebangkitan ekonomi barbasis digital.

“Karena akan makin banyak pelaku usaha  yang memanfaatkan akses internet untuk kelancaran bisnisnya,” kata Ansar Ahmad saat membuka kegiatan Internet Expo 2022 APJII Kepri di Atrium One Batam Mall, Jumat (11/11/2022).

Kegiatan Internet Expo 2022 kali ini mengangkat tema ‘The Unexpected Future Innovation’  diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Wilayah Kepri, dan akan berlangsung selama dua hari kedepan,  11 sampai 13 November 2022.

Dikatakan Ansar Ahmad, pemerataan akses  jaringan internet di seluruh wilayah Kepulauan Riau, satu sisi juga membantu pemerintah dalam usaha transformasi digital.  Tidak hanya bagi Kepri, tapi juga seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga :  Seratusan Pemain Ikut Seleksi di Lapangan Satya Haprabu Polda Kepri, Pekan Depan TC Dimulai

Apalagi, Pemerintah Provinsi Kepri juga terus berkomitmen melakukan pemerataan pembangunan jaringan internet diseluruh wilayah, guna mendorng pertumbuhan ekonomi, pendidikan  kesehatan dan berbagai sektor pembangunan.

Sejauh ini sambung Ansar Ahmad, Pemprov Kepri telah membangun 77 BTS yang tersebar di tujuh kabupaten/kota. Dan akan kembali menambah 34 BTS lagi, agar bisa menghubungkan seluruh wilayah di Kepri.

Ansar Ahmad menyadari, digitalisasi internet sebagai suatu keniscayaan dan juga kepastian, karena telah menjadi kebutuhan dasar manusia untuk menunjang berbagai aktifitasnya.

Disebutkan juga, kalau Kota Batam Provinsi Kepri menjadi gateway internet terbesar di Indonesia. Karena Kota Batam menjadi titik centre point se-Sumatera, sehingga menjadikan akses internet murah dan cepat bisa dinikmati masyarakat Indonesia.

“Akhirnya saya  mengucapkan selamat atas terselenggarakannya pameran Internet Expo 2022, dimana secara  bersamaan pula  dicanangkan  Hari Kebangkitan Ekonomi Digital Kepri, dan juga  pencanangan Sumatera Internet Exchange (Sum-IX),” tutup Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Taba Iskandar Dilantik sebagai Ketua PKBSS Kepri

Di tempat yang sama, Ketua APJII Kepri Donal Pangihutan menjelaskan, ada 4 hal mendasar dari dilaksanakannya pameran internet expo 2022 yang baru pertama kali digelar di Indonesia, tepatnya  di Kota Batam Provinsi Kepri.

Pertama secara secara geolocation Batam menjadi daerah yang relatif aman dari berbagai ancaman seperti gempa bumi dan juga sunami. Selanjutnya di Kota Batam ini pula terdapat 97 gateway koneksi internet international, sehingga akses internet di Indonesia bisa sangat kencang.

Berikutnya,  pesatnya perkembangan industri data centre di Kepri, terutama pelaku starup industri data internet yang ada di Nongsa Digital Park. Terakhir adalah, di Batam inilah terdapatnya  pusat data nasional, sehingga Batam bisa berperan lebih besar dalam memotori trasformasi digital di Indonesia.

Baca Juga :  Foto: Unjuk Rasa Ribuan Buruh Memadati Simpang Panbil Batam

Selama dilangsungkannya pameran internet expo 2022,  akan ada banyak kegiatan yang dilaksanakan. Diantaranya,  demo internet cepat, update mengenai teknologi terbaru. Juga ada pameran startup dan teknologi tepat guna, talkshow internet trending dengan topic, data centre industri, peluang dan tantangannya.

Kegiatan  lainnya seperti cosplay competition, battle robot, esport hingga cyber security. Hingga kegiatan talkshow dengan tema ‘Peluang Digital Ekonom’ yang ditaja Kadin Kota Batam.

Donal Pangihutan juga tak lupa berterima kasih kepada pemerintah Provinsi Kepri yang telah berjuang bersama dalam memeratakan infrastruktur telekomunikasi teruitama pembangunan BTS  di seluruh wilayah Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *