Beranda All News Hari Pahlawan, Adi Prihantara: Mengenang Sejarah 10 November 1945 di Surabaya

Hari Pahlawan, Adi Prihantara: Mengenang Sejarah 10 November 1945 di Surabaya

0
Adi Prihantara Sekdaprov Kepri bersama veteran usai upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2022, Kamis (10/11/2022). F- diskominfo kepri

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri Adi Prihantara memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 tingkat provinsi di lapangan upacara Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (10/11/2022). Adi Prihantara bertindak sebagai inspektur upacara dengan komandan upacara adalah Mayor CBA Mojur Sitompul dari Danrem/033 Wira Pratama.

Upacara Hari Pahlawan diikuti oleh barisan dari TNI/Polri, Satpol PP, PNS, dan pelajar SMA Kota Tanjungpinang. Turut hadir Wakapolda Kepri Brigjen Pol Agus Suharnoko dan Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Nav Arief Budiman serta perwakilan Forkopimda Kepri lainnya.

Hari Pahlawan diperingati setiap tahun pada tanggal 10 November. Hal ini adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya yaitu pertempuran 10 November tahun 1945. Mengenang para pahlawan yang telah gugur ditandai dengan mengheningkan cipta dipimpin Adi Prihantara diiringi bunyi sirene selama 60 detik.

Baca Juga :  Melaporkan SPT Tahunan Cukup Melalui E-Filling

Dalam upacara tersebut, Adi Prihantara membacakan amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2022. Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat bersama di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

“Mari kita jadikan momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Sekaligus mengenang sejarah 10 November 1945 di Surabaya,” kata Adi Prihantara.

Baca Juga :  Uniba Mewisuda Puluhan Calon Dokter buat Kepri

Adi Prihantara mengajak bersama mengenang dan hormati perjuangan para pahlawan. Bersama membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Sekaligus bersama memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan amanat pahlawan bangsa.

“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong
royong untuk menyongsong masa depan yang cerah,” seru Adi Prihantara.

Baca Juga :  Cuaca Ekstrem, Plt Bupati Bintan Mengingatkan Camat dan Lurah, Polsek Bintan Timur Menemui Nelayan

Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita semua mengarungi masa–masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang. Tidak mudah memang tapi pasti bisa. Karena para pahlawan kita telah memberikan teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untukkita tiru. Kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here