Beranda All News Cen Sui Lan Masuk 10 Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler

Cen Sui Lan Masuk 10 Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri masuk daftar 10 nama anggota Fraksi Golkar di DPR terpopuler periode Oktober 2022. F- yen/suaraserumpun.com

Jakarta, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri tak cuma masuk dalam daftar tokoh perempuan Golkar paling populer sejak September hingga Oktober lalu. Cen Sui Lan pun masuk dalam daftar 10 anggota Fraksi Golkar DPR RI terpopuler periode Oktober 2022. Cen Sui Lan posisi keempat, setelah Bambsoet di peringkat pertama.

Mengutip dari golkarpedia.com, Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan Oktober 2022. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Bamsoet merupakan legislator Partai Golkar yang duduk sebagai Ketua MPR RI.

Baca Juga :  AKBP Bambang Sugihartono Cemas-cemas Saat Menemui Warga yang Menjalani Isolasi Mandiri

Bamsoet pada periode Oktober 2022 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 2216 pemberitaan. Berita mengenai Bamsoet didominasi mengenai pujiannya terhadap Sabam Sirait yang dikatakan sebagai Imam Dunia Politik Indonesia. Kemudian tentang wacana yang dilemparkan oleh Bamsoet mengenai Pilkada dikembalikan lewat DPRD.

Selanjutnya ada pemberitaan mengenai mobil modifikasi yang belum terakomodasi dalam aturan perundangan. Ada pula pemberitaan mengenai rencana pembangunan sirkuit yang diinisiasi oleh Bamsoet. Reach atau jangkauan pemberitaan terkait Bamsoet adalah sebesar 25,8 juta jangkauan.

Posisi kedua ada nama Dedi Mulyadi, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Komisi IV DPR adalah komisi yang membidangi pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, dan kelautan. Sosok Dedi Mulyadi sudah sangat akrab di telinga publik.

Selain sebagai anggota DPR RI, sebelumnya Dedi Mulyadi dikenal sebagai Bupati Purwakarta 2 periode dan kini secara serius menggarap channel youtube miliknya. Untuk periode bulan Oktober 2022, Dedi Mulyadi memiliki 1496 pemberitaan. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi adalah sebesar 21,8 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi masih didominasi oleh berita perceraiannya dengan Bupati Purwakarta Ratna Anne Mustika, lalu berita mengenai, konten youtubenya terkait diri Dedi Mulyadi yang bersimbah lumpur akibat mencari penyebab pencemaran sungai di Kalijati, kemudian ada pula kemarahan Dedi Mulyadi menemukan lubang galian bekas tambang dijadikan tempat pembuangan sampah dan limbah ilegal.

Pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi bersumber dari materi sekunder, media kebanyakan mengambil kutipan dan pemberitaan tentangnya melalui platform media sosial miliknya.

Baca Juga :  Hafizha: Kader PKK Bintan Tak Mengharapkan Imbalan

Urutan ketiga ada nama Ace Hasan Syadzily Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dengan lingkup tugas agama, sosial dan pemberdayaan perempuan. Pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily cukup masif mengingat peran dan tugasnya di Komisi VIII DPR RI. Ace Hasan Syadzily memiliki pemberitaan sebanyak 505 pemberitaan. Jangkauan yang dicapai dari berita Ace Hasan Syadzily adalah sebesar 5 juta jangkauan.

Berita mengenai Ace Hasan Syadzily didominasi oleh tanggapannya terkait rencana masuknya Ridwan Kamil ke Partai Golkar, lalu ada pula komentarnya mengenai whatsapp yang sempat error, selanjutnya terkait spekulasi Capres dari KIB, dan instruksi Ace Hasan sebagai Ketua DPD Golkar Jabar agar kader sosialisasikan Airlangga Hartarto.

Posisi keempat ada nama pendatang baru, Cen Sui Lan. ia merupakan Anggota Komisi V DPR RI, komisi yang membidangi infrastruktur, perhubungan, pedesaan dan kawasan tertinggal serta meteorologi, klimatologi dan geofisika. Cen Sui Lan memiliki pemberitaan sebanyak 301 berita. Reach yang dicapai oleh berita mengenai Cen Sui Lan adalah sebesar 867 ribu jangkauan.

Daftar nama 10 Anggota Fraksi Golkar DPR RI terpopuler periode Oktober 2022. F- sumber: golkarpedia.com

Selanjutnya urutan kelima adalah anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono. Komisi I DPR RI membidangi urusan pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika serta intelijen. Dave Laksono memiliki 256 pemberitaan sepanjang Oktober 2022. Reach yang dicapai oleh pemberitaan mengenai Dave Laksono adalah sebanyak 2 juta jangkauan.

Keenam ada anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar dari Jawa Timur, yakni Sarmuji. Sarmuji yang juga merupakan Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur, ini duduk sebagai anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan nasional dan perbankan. Berita mengenai Sarmuji berjumlah 235 pemberitaan dan reachnya mencapai 1,8 juta lebih jangkauan.

Baca Juga :  Kepala Puskesmas Sei Lekop Pasrah, Kantor Dinkes Bintan Turut Digeledah Tim Kejari Bintan

Posisi ketujuh adalah Hetifah Sjaifudian, ia duduk di Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi urusan olahraga, pendidikan, riset dan kepariwisataan. Hetifah Sjaifudian memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 223 pemberitaan dan jangkauan beritanya adalah sebesar 2,8 juta jangkauan.

Pendatang baru lainnya yang masuk dalam daftar adalah Maman Abdurrahman, ia berada di posisi kedelapan sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan. Maman Abdurrahman merupakan anggota Komisi VII DPR RI yang membidangi urusan energi, riset inovasi dan industri.

Untuk periode bulan Oktober 2022, Maman Abdurrahman memiliki pemberitaan sebanyak 217 berita. Reach yang dicapai berdasarkan pemberitaan mengenai Maman Abdurrahman adalah sebesar 2,8 juta jangkauan.

Posisi sembilan ada nama Adies Kadir Wakil Ketua Komisi III DPR RI. Komisi III DPR membidangi urusan hukum, HAM dan keamanan. Pemberitaan yang menyangkut nama Adies Kadir adalah sebanyak 207 berita dengan jangkauan mencapai 2 juta jangkauan.

Posisi terakhir atau kesepuluh diisi oleh nama Nurul Arifin, yang juga merupakan anggota Komisi I DPR RI. Nurul Arifin memiliki pemberitaan sebanyak 200 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 1,9 juta jangkauan.

Daftar mengenai 10 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here