Beranda All News Foto Lengkap Kirab Api Obor Porprov 2022 Kepri, Maskot Dudu Jadi Idola

Foto Lengkap Kirab Api Obor Porprov 2022 Kepri, Maskot Dudu Jadi Idola

0
Roby Kurniawan Bupati Bintan menyerahkan api obor kepada rombongan kirab usai menerima dari tokoh adat dan agama, di kawasan Istana Kota Kara, Senin (31/10/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan melepas secara resmi kirab api obor Porprov ke-V tahun 2022 Kepri di Kampung Bintan Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Senin (31/10/2022). Api obor Porprov Kepri diarak ke tujuh kecamatan di Pulau Bintan. Maskot Dudu (Dugong Dugon) pun menjadi idola masyarakat dan pelajar. Berikut foto-foto kirab api obor Porprov Kepri di Kabupaten Bintan.

Prosesi kirab api obor Porprov 2022 Kepri diawali dengan doa tola bala, yaitu ritual adat Melayu di Istana Kota Kara, kaki Gunung Bintan, Kampung Bintan Bekapur, Desa Bintan Buyu. Belasan tokoh adat dan agama bermunajat kepada Allah SWT, agar Porprov Kepri di Kabupaten Bintan berlangsung lancar dan diberkahi. Dalam ritual ini sejumlah makanan tradisional dihidangkan, seperti pisang dengan gongseng beras padi.

Kemudian, di Istana Kota Kara ini pula diambil api pertama penyalaan obor Porprov 2022 Kepri. Obor tersebut dibawa ke lapangan sepak bola Kampung Bintan Bekapur. Dalam acara seremonial pelepasan rombongan kirab, para tokoh agama dan adat menyerahkan obor Porprov Kepri kepada Bupati Bintan Roby Kurniawan. Selanjutnya, Bupati Bintan menyerahkan kepada atlet untuk diarak ke kecamatan lainnya di daratan Pulau Bintan.

Camat Seri Kuala Lobam menerima obor Porprov 2022 Kepri. F- yen/suaraserumpun.com

Dalam kirab api obor ini, turut serta sepasang badut Dudu yang merupakan maskot Porprov 2022 Kepri di Kabupaten Bintan. Maskot yang digunakan bernama Dudu ini sebagai manifestasi dari hewan laut yang dilindungi, yaitu Dugong (dugon/nama latin). Dugong Dugon (Dudu) juga merupakan ikon utama dalam pariwisata Bintan. Pada Porprov ke-V Kepri, Dudu menjadi maskot yang dipilih oleh Pemkab Bintan.

Prosesi pelepasan kirab api obor Porprov Kepri beserta maskot Dudu ini dihadiri perwakilan Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Bintan, Wakil Ketua DPRD Bintan Fiven Sumanti, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, pimpinan FKPD lainnya, para kepala OPD, ratusan pelajar dan masyarakat Kecamatan Teluk Bintan.

Rombongan Camat Bintan Utara menerima api obor Porprov Kepri. F- yen/suaraserumpun.com

Pada kesempatan tersebut, Ketua KONI Bintan Dedi Susanto menyampaikan latar belakang dipilihnya Kota Kara sebagai pusat pengambilan api obor. Dedi Sutanto alias Apeng mengatakan, karena sejarah Bintan bermula di Gunung Bintan ini. Kerajaan Melayu yang berada di Bintan berdasarkan sejarah tersebut, disebut Kota Kara. Sehingga Kota Kara ditetapkan sebagai pusat pengambilan api obor Porprov 2022 Kepri.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Minta BP Batam Tak Ngeyel, Serahkan Lahan Fly Over Simpang Kabil

Dedi Sutanto mengatakan, rombongan kirab api obor Porprov Kepri akan melewati tujuh kecamatan. Dimulai dari Teluk Bintan, Seri Kuala Lobam, Bintan Utara, Teluk Sebong, Toapaya, Gunung Kijang, dan Bintan Timur.

Masyarakat dan pelajar menyambut antusias kirab api obor Porprov Kepri. F- yen/suaraserumpun.com

“Terakhir, api obor disemayamkan di Kantor Bupati Bintan, kawasan pusat pemerintahan Bandar Seri Bentan. Minggu (6/11/2022) sore, baru diarak ke stadion Megat Alang Perkasa, saat open ceremony,” jelas Dedi Sutanto.

Ketua PB Porprov ke-V tahun 2022 Kepri, Huzaifa Dadang AG menyatakan, Porprov Kepri ini ajang multi iven yang dilaksanakan KONI Provinsi Kepri bersama Pemkab Bintan selaku tuan rumah dan semua pihak terkait. KONI Kepri dan PB Porprov Kepri mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bintan sebagai tuan rumah, yang sudah mempersiapkan semua rangkaian Porprov Kepri tahun 2022. Termasuk kirab api obor Porprov 2022 Kepri di Kota Kara, Kabupaten Bintan ini.

Camat Teluk Sebong menerima api obor Porprov 2022 Kepri dari rombongan kirab. F- yen/suaraserumpun.com

Dadang menyebutkan, Porprov ke-V Kepri paling banyak cabang olahraga yang dipertandingkan, dibandingkan dengan provinsi terdekat. Seperti Porprov Sumatera Utara, hanya mempertandingkan 17 cabang olahraga (cabor). Porprov Riau di Kuantan Singingi, hanya mempertandingkan 27 cabor. Sedangkan Porprov ke-V Kepri di Kabupaten Bintan, ada 35 cabor yang dipertandingkan.

“Alhamdulillah, kita akan mempertandingkan 35 cabang olahraga, dan 347 nomor pertandingan. Mudah-mudahan, semangat api obor ini nanti akan terus menyala dan terus akan membangkitkan semangat kita,” tutur Dadang AG.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan, lokasi Kota Kara di kawasan Bintan Bekapur di kaki Gunung Bintan ini, dipilih sebagai titik awal kirab api obor. Karena, Kota Kara merupakan sejarah awal dari panjangnya sejarah Kerajaan Bentan.

Maskot Dudu bersama pelajar pegawai dan masyarakat. F- yen/suaraserumpun.com

“Kita pilih di sini karena di sini awal semuanya. Harapan kita dengan berkumpulnya kita di sini, akan menjadi titik terang bangkitnya Bintan. Bangkit ekonomi, bangkit wisata, budaya, dan bangkit olahraga di Bintan, kata Roby Kurniawan.

Bupati Bintan mengungkapkan, berdasarkan SK Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepri No 050/KoniKepri/SK/XI/2021, Bintan ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov ke-V tahun 2022 Kepri. Keputusan itu langsung disambut dengan segala persiapan. Tak hanya persoalan venue, para atlet Bintan pun terus digempur untuk mengukir sejarah bagi Bintan.

Baca Juga :  Peringatan Hari Jadi Ke-20 Provinsi Kepri di Bintan, 52 SD Menerima TIK

“Di Porprov Kepri ini pula, kita mempromosikan maskot Dudu, sebagai potensi alam dan wisata Bintan. Semoga kirab api obor Porprov 2022 Kepri di Bintan ini, berlangsung lancar dan sukses,” kata Roby Kurniawan saat menyerahkan api obor dan melepas rombongan kirab api obor Porprov 2022 Kepri.

Rombongan kirab api obor Porprov 2022 Kepri di Kabupaten Bintan saat melakukan arak-arakan. F- yen/suaraserumpun.com

“Saya mohon dukungan kepada kita semua, masyarakat Bintan, mari kita sama-sama mendukung perhelatan Porprov Kepri tahun 2022 di Bintan ini,” sambung Bupati Bintan.

Rombongan kirab api obor Porprov ke-V 2022 Kepri mengawali arak-arakan dari Bintan Bekapur Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan menuju Kecamatan Seri Kuala Lobam. Selama perjalanan atlet pembawa api obor Porprov dan badut maskot Dudu, mendapat antusias masyarakat dan kalangan pelajar.

Saat tiba di Kantor Camat Seri Kuala Lobam, api obor disambut oleh atlet berprestasi. Api obor diserahkan kepada Camat Anton Hatta Wijaya dan dikembalikan kepada rombongan.

“Semoga semangat atlet kita berkobar saat bertanding di Porprov nanti, sama seperti api obor ini,” tutur Anton Hatta Wijaya.

Camat Toapaya menerima api obor dan maskot Porprov Kepri di Kabupaten Bintan. F- yen/suaraserumpun.com

Dudu Jadi Idola
Rombongan kirab melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Bintan Utara. Penyambutan kirab api obor dipusatkan di Gedung Nasional Tanjung Uban. Di sini, api obor disambut pertama sekali oleh Achmad Umari tokoh agama dan tokoh adat Bintan Utara, diserahkan kepada Camat Bintan Utara Deni Irwan Susilo. Kemudian, diserahkan kepada atlet serta dikembalikan kepada rombongan api obor.

Menariknya, dalam prosesi tersebut, ratusan pelajar Bintan Utara berfoto bersama dengan maskor Dudu. Bahkan, selama perjalanan di Bintan Utara, ratusan pelajar menyapa Dudu yang berada di mobil terbuka dalam rombongan kirab. Maskot Dudu menjadi idola. Rombongan melanjutkan kirab ke Kecamatan Teluk Sebong.

Camat Gunung Kijang menyambut api obor Porprov 2022 Kepri. F- yen/suaraserumpun.com

Penyambutan rombongan kirab api obor Porprov 2022 Kepri di Teluk Sebong, semakin wah. Seribuan pelajar dan masyarakat menyambut kedatangan rombongan kirab dan maskot Dudu. Penyambutan di terminal Simpang Lagoi di bawah koordinator Camat Teluk Sebong Sriheni Utami ini bisa disebut paling semarak. Lagi lagi, maskot Dudu menjadi idola.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Jadi Khatib Salat Ied di Batam, Simak Pesan Gubernur

Tak hanya ratusan pelajar yang kagum dengan maskot Dudu. Tapi, kalangan pegawai dan ASN di Kecamatan Teluk Sebong, terpesona dengan badut Dudu. Rombongan melanjutkan kirab ke Kecamatan Toapaya, setelah penyambutan berlangsung meriah di Teluk Sebong.

Dedi Sutanto Ketua KONI Bintan menyampaikan sambutan. F- yen/suaraserumpun.com

Di Kecamatan Toapaya, penyambutan kirab api obor dipusatkan di Pasar Tani Toapaya Asri, jalan Lintas Barat. Saat rombongan tiba, maskot Dudu pun menjadi idola. Tak hanya pelajar yang ingin berfoto dan bermain dengan maskot Dudu. Camat Toapaya Nepy Purwanto pun menginginkan Dudu hadir bersama dengan seluruh pihak yang menyambut kedatangan rombongan kirab ini. Proses penyambutan dan pelepasan rombongan kirab di Toapaya, sama halnya dengan kecamatan sebelumnya.

Dari Pasar Tani Toapaya Asri, rombongan kirab melanjutkan arak-arakan ke bundara Km 16 jalan Lintas Barat, Desa Toapaya Selatan. Dari bundaran ini, rombongan menuju GOR Kawal, Kecamatan Gunung Kijang. Di sini, rombongan disambut Camat Gunung Kijang Indra Gunawan, bersama Uspika, pelajar dan masyarakat.

Penyambutan pun berlangsung semarak, disertai yel yel untuk memberikan semangat kepada para atlet Bintan yang akan bertanding di Porprov 2022 Kepri. Para pegawai, pemuda dan pelajar saling bergantian untuk berfoto ria dengan maskot Dudu.

“Bintan bangkit, atlet kita menang di Porprov Kepri nanti,” harap Indra Gunawan.

Camat Bintan Timur menerima rombongan kirab api obor Porprov 2022 Kepri. F- yen/suaraserumpun.com

Perjalanan rombongan kirab terakhir menuju Kecamatan Bintan Timur, melalui kawasan investasi KEK Galang Batang. Di Kota Kijang, rombongan keliling kota. Masyarakat di pinggir jalan perkotaan sangat antusias dengan kirab tersebut. Terakhir, rombongan disambut Camat Bintan Timur M Sofyan Nasution dengan unsur Uspika. Namun, penyambutan tanpa ada pelajar dan perwakilan masyarakat.

“Kita bersyukur, begitu antusiasnya masyarakat Bintan untuk menyambut Porprov Kepri tahun 2022 ini. Dalam kirab ini, sekaligus sosialisasi maskot Dudu. Semoga ke depan, Dudu menjadi kebanggaan Bintan,” demikian dikatakan Amri Sekretaris PB Porprov Kepri didampingi Ketua KONI Bintan Dedi Sutanto. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here