Beranda All News Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang, Begini Harapan Adi Prihantara

Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang, Begini Harapan Adi Prihantara

0
Sekdaprov Kepri Adi Prihantara menghadiri upacara peringatan Hari Jadi ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang, Senin (17/10/2022). F- diskominfo kepri

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara menghadiri upacara peringatan Hari Jadi ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang tahun 2022, di Aula Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senin (17/10/2022). Begini harapan Adi Prihantara.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang berada di Kota Tanjungpinang untuk meneguhkan komitmen dan bersatu padu memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi Kota Tanjungpinang sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi masing-masing.

Sekdaprov Kepri Adi Prihantara juga berharap, peringatan ini dijadikan momentum untuk dapat memperkokoh tugas dan tanggung jawab, meningkatkan kesadaran, kepekaan, dan kemampuan membaca persoalan- persoalan strategis untuk kemudian dijadikan agenda penting dalam mewujudkan Tanjungpinang yang lebih baik.

“Peringatan hari jadi ini juga dapat dijadikan sebagai wahana evaluasi atas apa yang sudah dilaksanakan Pemko Tanjungpinang selama ini,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tragedi Bocah Diterkam Buaya, Jasad Rina Ditemukan Tak Utuh, Innalillahi Wainnailaihi Rajiun

Selanjutnya, Sekdaprov Kepri Adi Prihantara mengatakan, sebagai Ibukota Provinsi Kepri, Pemprov Kepri telah melaksanakan pemerataan dan percepatan pembangunan di Kota Tanjungpinang.

Yaitu, dengan mengembangkan Kota Tanjungpinang sebagai Pusat Pemerintahan, Pendidikan, Wisata Budaya Melayu, Industri Halal, dan Kawasan Free Trade Zone (FTZ) meliputi pembangunan jalan lingkar pesisir, serta pembangunan pedestrian dan median jalan Bandara Raja Haji Fisabilillah.

“Kemudian, pembangunan flyover Basuki Rahmat, gedung LAM Kepri, penataan kota lama dan kawasan cagar budaya pulau Penyengat, serta pengintegrasian pelabuhan pelantar satu dan dua,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, Hari Jadi ke-21 Kota Tanjungpinang ini hendaknya dijadikan sebagai momentum agar semua pihak berjuang lebih keras untuk menghasilkan kemajuan di provinsi Kepri, khususnya kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Fraksi Demokrat DPRD Kepri Turut Menyukseskan Rapimnas, Eis: Bahas Koalisi untuk Pilpres 2024

“Melalui kerja bersama dan saling berkontribusi, maka kita mampu menghadapi tantangan yang semakin tidak menentu sebagai perwujudan ekonomi, Kepri sejahtera,” ujarnya.

Pada upacara peringatan Hari Jadi Kota Otonom Tanjungpinang ke-21 ini, Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma bertindak sebagai pembina upacara.

Ia mengatakan, tema peringatan Hari Jadi Otonom Kota Tanjungpinang tahun ini adalah ‘Tanjungpinang yang Maju Bangkit Bersama Menuju Smart City Madani”.

“Makna dari tema tersebut ialah untuk mewujudkan sebuah kota yang maju dan berkembang diperlukan adanya suatu hubungan keterikatan yang baik sehingga menciptakan semangat gotong royong di tatanan masyarakat Tanjungpinang serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,” terang Rahma.

Seiring dengan perjalanan panjang yang telah dilalui Tanjungpinang semenjak adanya Undang-undang Nomor 5 Tahun 2021 yang menetapkan Tanjungpinang sebagai kota otonom, terus dilakukan pembenahan dalam birokrasi dan pelayanan masyarakat sehingga kota Tanjungpinang dapat sejajar dengan kota lain di Indonesia.

Baca Juga :  Mahasiswa Magang, KKN dan KKL Bisa Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Berbagai penghargaan telah diraih oleh Tanjungpinang di usia 21 tahunnya, antara lain Penghargaan Pembinaan Program Kampung Iklim tingkat kota tahun 2020, Penghargaan Kota Layak Anak predikat Madya, dan Anugerah Parahita Ekapraya yang menunjukkan keberhasilan Tanjungpinang dalam penyetaraan gender.

Rahma berharap peringatan Hari Jadi Otonom Kota Tanjungpinang tidak hanya menjadi seremonial belaka, namun menjadi momentum evaluasi bagi Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Jadikan hari ini momen refleksi tentang sejauh mana penyelenggaraan otonomi daerah bermuara pada kesejahteraan masyarakat Tanjungpinang,” tutup Wako Tanjungpinang. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here