Beranda All News Cen Sui Lan Menerima Sejibun Aspirasi di Kabupaten Bintan, Berikut Daftarnya

Cen Sui Lan Menerima Sejibun Aspirasi di Kabupaten Bintan, Berikut Daftarnya

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menjelaskan program sesuai tupoksinya untuk Bintan dan kabupaten/kota di Provinsi Kepri, saat reses bersama kades, lurah, camat dan anggota dewan di Bintan, Senin (17/10/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) menerima sejibun atau banyak sekali aspirasi saat menggelar reses di Kabupaten Bintan, Senin (17/10/2022). Aspirasi yang sesuai dengan tupoksinya, akan diperjuangkan Cen Sui Lan untuk program tahun 2024 mendatang.

Kegiatan reses Cen Sui Lan di Kabupaten Bintan ini dipusatkan di Kedai Kopi Tempayan, Kecamatan Bintan Timur. Reses ini dihadiri para kepala desa dan lurah se-Kabupaten Bintan. Selain itu, turut hadir beberapa orang camat, tokoh masyarakat, serta Anggota DPRD Kabupaten Bintan dari Fraksi Golkar Hasriawady.

Cen Sui Lan turut melibatkan tenaga ahli DPR RI Agustar, Rahman dan beberapa staf kementerian, serta staf DPR RI. Dalam kesempatan ini, Cen Sui Lan menyampaikan tupoksinya untuk bidang perhubungan, Kementerian PUPR, Basarnas, Kementerian Desa PDTT.

“Saya Anggota DPR RI Fraksi Golkar dari Dapil Kepri, PAW dari Pak Ansar Ahmad. Saya melanjutkan misi Pak Ansar untuk di pusat, sejak tahun 2020. Tahun 2021, saya terus berjuang melanjutkan misi Pak Ansar, agar Kepri ini selalu menjadi terdepan untuk pembangunan nasional,” kata Cen Sui Lan mengawali kegiatan reses.

Cen Sui Lan mendengarkan aspirasi yang disampaikan Rusli selaku Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Bintan. F- yen/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan mengibaratkan, Kabupaten Bintan ini seperti mutiara. Banyak potensi yang harus digali, untuk dibangun pada masa mendatang. Namun, Cen Sui Lan berjuang sesuai dengan tupoksi di Komisi V DPR RI.

Baca Juga :  Kepri Urutan Nomor Dua Terbawah Se-Indonesia, Gubernur: Kasus Stunting Zero di 2024

“Memang, saya baru turun ke Bintan. Tapi, program saya di tahun 2021, sudah ada untuk Bintan. Ada sekitar 500 sampai 700 unit rumah yang diberikan bantuan program bedah rumah, atau BSPS,” sebutnya.

Kemudian, lanjut Cen Sui Lan, tahun 2022 ini, ada kegiatan pembangunan MCK 5 unit di pedesaan, dengan anggaran Rp200 juta per 1 unit MCK. Selain itu, ada program pembangunan irigasi persawahan di Kabupaten Bintan.

“Untuk kegiatan yang besar, saya dan Pak Ansar terus berjuang dan mengawal realisasi pembangunan jembatan Batam-Bintan. Ini sudah komitmen kami,” tegas Cen Sui Lan.

Tahun ini, Cen Sui Lan akan menyerap aspirasi dan memberikan peluang program pembangunan bedah rumah lagi, serta bantuan operasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Nah, sekarang, saya reses untuk menampung aspirasi dari kepala desa, lurah hingga pemerintah kecamatan. Tapi, aspirasi ini akan disesuaikan dengan tupoksi saya. Seperti program BSPS atau bedah rumah, pembangunan Pamsimas, maupun perhubungan dan infrastruktur jalan atau jembatan yang sifatnya besar,” jelas Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan menerima aspirasi dari pemerintah kelurahan dan desa di Kabupaten Bintan. F- yen/suaraserumpun.com

Sejibun Aspirasi
Pada kesempatan tersebut, Cen Sui Lan mendengarkan aspirasi yang disampaikan sejumlah kepala desa dan lurah serta camat. Sebagian besar aspirasi disampaikan melalui dokumen atau proposal. Meski beberapa orang yang menyampaikan aspirasi, tapi jumlahnya sejibun atau banyak sekali. Berikut daftarnya.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Imbau Pengusaha Menyediakan Scanning Aplikasi PeduliLindungi

Aspirasi yang disampaikan secara langsung itu antara lain pengaspalan jalan di Tambelan menuju bandara, pembangunan asrama Polsek Tambelan, persoalan pelayanan penerbangan pesawat perintis ke Tambelan, hingga penyediaan internet di Tambelan.

Untuk daerah lain seperti di Mantang Besar, masyarakat memerlukan bantuan bedah rumah, keluhan jaringan listrik tenaga surya (PLTS) yang rusak, pengadaan SPAM atau Pamsimas di daerah pulau, hingga akses internet di daerah pulau.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri mendengarkan dan menerima aspirasi dari Dina tokoh perempuan tionghoa Bintan. F- yen/suaraserumpun.com

Untuk di wilayah Bintan Timur, pemerintah kelurahan meminta agar dialokasikan anggaran untuk pembangunan waduk penanganan banjir melalaui BWS wilayah Sumatera, penambahan Pamsimas untuk penyediaan air bersih.

Sedangkan di Gunung Kijang, pemerintah desa meminta bantuan untuk operasional BUMDes dan pengembangan usaha keramba ikan. Kegiatan bantuan bedah rumah bagi masyarakat.

Di Kecamatan Sri Kuala Lobam, khususnya di Desa Kuala Sempang, pemerintah desa meminta pembangunan jembatan untuk akses desa tertinggal ke desa lainnya yang menjadi pusat ekonomi. Termasuk pembangunan dan peningkatan jalan.

Di Sebong Lagoi, pemerintah desa meminta agar Cen Sui Lan memperjuangkan pembangunan jaringan pipa air bersih dari pipa induk ke rumah warga. Karena, warga mengeluh dan harus membayar untuk pemasangan jaringan ke rumah dari pipa induk itu.

Baca Juga :  Ansar dan Bambsoet Bahas Pembangunan Sirkuit 'Jet Darat' di Lagoi Bintan, Groundbreaking 17 Maret 2022

Di Toapaya Utara, pemerintah desa meminta agar Cen Sui Lan mengalokasikan dana untuk pembangunan jalan dari kampung ke waduk sumber air bersih. Begitu juga untuk bantuan bedah rumah, masyarakat sangat mengharapkan program tersebut. Serta bantuan BUMDes.

Permintaan bedah rumah, pembangunan Pamsimas dan penyediaan mobil ambulans juga menjadi aspirasi dari Kelurahan Sungai Lekop dan Gunung Lengkuas. Termasuk untuk program BSPS atau bedah rumah, bagi warga kurang mampu.

Cen Sui Lan bersama perwakilan lurah, camat, dan kepala desa serta Anggota DPRD Bintan Fraksi Golkar Hasriawady berpose, saat reses di Kabupaten Bintan, Senin (17/10/2022). F- yen/suaraserumpun.com

“Semua aspirasi itu akan kami cek dulu. Mana yang jadi domain saya, dan mana yang domain Pemprov Kepri atau kementerian lainnya. Kalau untuk bantuan bedah rumah, itu sifatnya stimulan sebesar Rp17 juta. Di program ini, kita berbagi dengan daerah lain. Sedangkan untuk operasional BUMDes, itu diberikan nanti Rp75 juta per BUMDes,” demikian penjelasan Cen Sui Lan.

Selain menampung aspirasi, Cen Sui Lan mengecek beberapa fasilitas Pamsimas di wilayah Bintan Timur. Kemudian, Cen Sui Lan melanjutkan peninjauan dan pertemuan dengan Basarnas Kota Tanjungpinang. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here