Beranda All News Pekan Ini, Cen Sui Lan Reses Nyambi Pantau Program di Bintan dan...

Pekan Ini, Cen Sui Lan Reses Nyambi Pantau Program di Bintan dan Tanjungpinang

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bersama Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma meninjau pasar KUD Pelantar II Tanjungpinang, belum ama ini. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) akan melaksanakan reses sambil memantau program pembangunan dari dana APBN di Bintan dan Tanjungpinang, Senin (17/10/2022) sampai dengan Rabu (19/10/2022) dalam pekan ini. Selain reses, Cen Sui Lan juga akan melakukan groundbreaking revitalisasi Pasar Baru I dan Pasar Baru II di Pinang.

Kemudian, Cen Sui Lan juga bakal meninjau sejumlah program pembangunan yang bersumber dana aspirasinya melalui APBN. Baik di daerah Kabupaten Bintan, dan di Kota Tanjungpinang. Seperti revitalisasi pelantar di sejumlah kelurahan dan program penataan Pulau Penyengat.

Cen Sui Lan mendukung keduanya melalui dana aspirasi di tahun 2022. Selain itu, Cen Sui Lan akan turun menampung aspirasi warga dan tokoh masyarakat tergabung di Permabudi Kepri. Serta meriung (berkumpul) dengan perwakilan Kades se-Bintan, guna mendengarkan keluhan dan aspirasi mereka soal pembangunan desa. Termasuk urusan BUMDes dan program perdesaan lainnya.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Gubkepri Langsung Tancap Gas

Kegiatan reses Cen Sui Lan ke Bintan dan Tanjungpinang, dimulai dengan pertemuan dengan Kades se-Bintan.

“Nanti, saya meninjau program Pamsismas di Bintan. Keseluruhan terdapat delapan lokasi Pamsismas itu. Kini, tengah on progress,” sebut Cen Sui Lan, Minggu (16/10/2022).

Terbaru, lanjutnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambah 12 alokasi Pamsimas di Kepri di tahun 2022. Sehingga keseluruhan menjadi 56 lokasi, dan tersebar di lima kabupaten di Bumi Segantang Lada. Alokasi tambahan terkonsentrasi ke tiga kabupaten, yakni Lingga, Bintan dan Karimun.

Baca Juga :  Imam Masjid Dapat Insentif, Roby: Insya Allah, Tahun Depan Insentifnya Ditambah

Pamsimas merupakan program pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan berbasis masyarakat. Hingga 2015, Pamsimas telah berhasil menambah akses air minum aman bagi 10,4 juta jiwa dan akses sanitasi layak ke 10,4 juta jiwa di lebih 12.000 desa, tersebar di 233 kaPasar-Pelantar Pinang bupaten/kota di 32 provinsi di Tanah Air.

Di Kota Tanjungpinang, Cen Sui Lan dijadwalkan meninjau program KOTAKU dan pembangunan pelantar. Terakhir, melakukan groundbreaking Pasar Baru.

“Nanti, melihat progres program KOTAKU, pembangunan pelantar,” ungkat Cen Sui Lan yang selalu membenahi infrastruktur kawasan perkotaan dan perdesaan di Kepri melalui program KOTAKU.

Tahun 2022, melalui program KOta TAnpa KUmuh (KOTAKU), Cen Sui Lan melalui dana aspirasiny, telah mengalokasikan anggaran mencapai Rp9,25 miliar untuk 13 kelurahan di Kepri. Yang tersebar di empat kabupaten/kota di Kepri. Nantinya, masing-masing, kelurahan mendapatkan pembiayaan infrastruktur sebesar Rp750 juta.

Baca Juga :  'Berbalas Pantun', Giliran Polres Bintan Membikin Kejutan kepada TNI AL

“Khusus Tanjungpinang, bantuan tadi dialokasikan pembangunan pelantar demi meningkatkan perputaran ekonomi setempat,” sebutnya.

Khusus revitalisasi Pasar Tanjungpinang, Cen Sui Lan mendorong pengusaha lokal dilibatkan dalam proses pembangunan pasar ke depan sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi. Harapannya, agar dana puluhan miliar juga melahirkan rangsangan bagi ekonomi di Bumi Gurindam.

“Anggaran revitalisasi ini, perputaran dananya harus di lokasi Tanjungpinang,” harapnya.

Pemerintah menggeser anggaran Rp79 miliar demi revitalisasi pasar terbesar di Tanjungpinang, dengan pengerjaaan per November 2022. Dijadwalkan, pengerjaan rampung akhir 2023. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here