Beranda All News Berbeda Dibandingkan Iven Sebelumnya, Berikut Foto Tour de Bintan 2022

Berbeda Dibandingkan Iven Sebelumnya, Berikut Foto Tour de Bintan 2022

0
Peserta Tour de Bintan 2022 grand fondo classic women balapan di lintasan wisata dan pemukiman masyarakat. F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Race Tour de Bintan 2022 dilepas secara resmi oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan, di garis start terminal Simpang Lagoi, Sabtu (15/10/2022) pagi. Penyelenggaraan Tour de Bintan 2022 ini, berbeda dibandingkan dengan iven serupa sebelumnya. Berikut foto-foto Tour de Bintan 2022.

Tour de Bintan 2022 ini diikuti 530 pebalap dari 40 negara. Sementara, pasukan pengamanan 511 personel. Sedangkan penonton malah sedikit dibandingkan Tour de Bintan sebelumnya.

Pada tahun 2017 lalu, jumlah pebalap yang mengikuti Tour de Bintan mencapai 962 pebalap. Tahun 2018 meningkat, menjadi 1.050 pebalap. Bahkan, pada tahun 2019, jumlah peserta Tour de Bintan yang digelar oleh Bintan Resorts Lagoi dengan EO MetaSport bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, semakin meningkat. Dari data yang ada, Tour de Bintan 2022 diikuti 1.087 pebalap yang berasal dari 50 negara.

Roby Kurniawan Bupati Bintan bersama FKPD melepas peserta Tour de Bintan 2022. F- yen/suaraserumpun.com

Pada pelaksanaan iven balap sepeda Tour de Bintan 2019, ribuan turis memenuhi hunian di kawasan Bintan Resorts Lagoi. Antusias masyarakat untuk menyaksikan Tour de Bintan 2019, semakin tinggi. Suasana wisata olahraga penyelenggaraan Tour de Bintan pun dirasakan masyarakat luas. Tak terkecuali bagi sejumlah media asing. Pelayanan dalam penyelenggaraan Tour de Bintan kala itu mengutamakan ramah dan senyum.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Ruas Jalan di Kelurahan Sawang Dibereskan dengan Program KOTAKU

Tahun 2020 hingga 2021, Tour de Bintan yang sudah diagendakan menjadi iven internasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, ditiadakan. Saat itu, pandemi Covid-19.

Tour de Bintan ke-10 digelar pada tahun 2022 ini, Jumat (14/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022). 530 orang peserta berasal dari Indonesia, Singapura, Malaysia, United Kingdom, Australia, United States of Amerika, Japan, Germania, France, Philippines, Hongkong, Otherd dan negara lainnya.

Peserta Tour de Bintan 2022 berada di garis start. F- yen/suaraserumpun.com

Tour de Bintan 2022 diawali dengan individual time trial (ITT), Jumat (14/15/2022). Kemudian, race atau balapan dimulai, Sabtu (15/10/2022). Pelepasan balapan Tour de Bintan 2022 ini dilakukan oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari, didampingi pimpinan FKPD dan sejumlah OPD.

Baca Juga :  Upacara Hari Bhakti Imigrasi di Kepri, Ansar Ahmad Menyerahkan Kapal Operasional

Kegiatan yang diawali dengan penampilan kesenian Melayu dan tari kreasi ini dikawal secara ketat oleh petugas pengamanan. Sedangkan jumlah penonton sangat sedikit jika dibandingkan dengan iven Tour de Bintan tahun-tahun sebelumnya.

Peserta asing dan Indonesia Tour de Bintan 2022 bersaing di lintasan untuk mencapai garis finis. F- yen/suaraserumpun.com

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, tidak jadi masalah terjadi penurunan peserta Tour de Bintan di tahun 2022 ini. Karena, Tour de Bintan 2022 merupakan iven balap sepeda pertama pascapandemi Covid-19.

“Peserta dari negara lain mungkin masih ada yang merasa takut, untuk ikut Tour de Bintan pascapandemi Covid ini,” kata Roby Kurniawan, usai pelepasan peserta Tour de Bintan 2022.

Peserta Tour de Bintan 2022 kategori gran fondo challenge men balapan saat pelepasan di garis start. F- yen/suaraserumpun.com

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono SH SIK MH menyebutkan, pengamanan yang diterjunkan untuk melakukan pengamanan Tour de Bintan 2022, sebanyak 511 personel. Terdiri dari personel Polres Bintan yang dibantu oleh personel Polda Kepri, Sat Brimobda Polda Kepri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan sekuriti.

Baca Juga :  Ratusan Personel Denhanud 477 Menghadiri Peringatan Nuzulul Quran

“Alhamdulillah, selama 2 hari pelaksanaan Tour De Bintan berjalan dengan lancar. Tidak ada kendala yang terjadi. Kami petugas keamanan hanya focus untuk pengamanan, pengawalan dan pembersihan jalur,” jelas AKBP Tidar Wulung Dahono.

Peserta Tour de Bintan 2022 kategori gran fondo challenge men menjalani balapan. F- yen/suaraserumpun.com

Sehari sebelumnya, pelaksanaan Tour de Bintan tersebut dipantau langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman MSi bersama dengan Pejabat Utama Polda Kepri yang didampingi oleh Kapolres Bintan, melalui sarana live streaming atau zoom meeting, dari Posko terpadu di kawasan Plaza Lagoi Bay. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here