banner 728x90
Peserta Tour de Bintan melintasi rute panorama Gunung Bintan. F- ig@tdb

Tour de Bintan 2022 Jadi Starting Point Kualifikasi World Championship 2023 di Glasgow-Scotlandia

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Kabupaten Bintan di Provinsi Kepulauan Riau akhirnya bisa lagi menggelar ajang balap sepeda internasional dan bergengsi, Tour de Bintan 2022. Iven pada tahun 2022 ini merupakan pelaksanaan yang ke-10, dan menjadi starting poin (titik awal) menuju kualifikasi balap sepeda World Championship 2023, di Glasgow-Scotlandia.

Seperti biasanya, Tour de Bintan 2022 akan dilakukan di dua lokasi. Yaitu, melalui rute jalan di Kabupaten Bintan dan kawasan wisata Bintan Resorts sebagai tuan rumah. Tahun 2022 ini, Tour de Bintan dilaksanakan, Jumat (14/10/2022) besok hingga Minggu (16/10/2022. Rute yang bakal ditempuh pebalap dari mancanegara ini menantang. Namun penuh dengan suguhan keindahan alam khas pantai dan nuansa tropikal Pulau Bintan. Serta sambutan hangat masyarakat setempat yang sangat antusias di kabupaten ini. Tentunya, suasana itu akan sangat memberikan pengalaman berolahraga dan rekreasi yang menarik bagi peserta.

Peserta Tour de Bintan melintasi rute ekstrem di kawasan Bintan Resorts. F- ig@tdb

Tour de Bintan pada tahun 2022 ini dipersiapkan dalam waktu relatif sangat singkat. Pertemuan dengan pihak Event Organizer (EO) yaitu MetaSport, baru dilakukan pada bulan Juni 2022. Kemudian memutuskan siap melakukan kegiatan ini, dengan sebuah pengumuman resmi bulan Agustus. Serta dilanjutkan dengan dibukanya pendaftaran pada bulan September.

Baca Juga :  DPRD Telah Bentuk Pansus Tatib Pemilihan Wakil Bupati Bintan

Hal ini dikarenakan, pihak terkait yaitu pemerintah Kabupaten Bintan, Bintan Resorts sebagai tuan rumah serta MetaSport menilik situasi dari waktu ke waktu, sejak awal tahun terkait situasi pandemi Covid-19. Dari hasil pemantauan situasi pandemi yang semakin membaik dan pelonggaran aturan Satgas Covid-19, membuahkan kesepakatan, bahwa Tour de Bintan dapat diwujudkan di tahun 2022 ini.

Peserta Tour de Bintan melintasi rute panorama pantai dan pemukiman masyarakat Bintan. F- ig@tdb

Antusias peserta juga terlihat dari respon registrasi yang masuk melalui situs website resmi. Serta platform sosial media Tour de Bintan yang terjadi, dalam kurun waktu dua bulan sejak diumumkan bahwa Tour de Bintan resmi diadakan. Tercatat 515 pebalap telah melakukan registrasi, hingga ditutupnya pendaftaran pada tanggal 7 Oktober 2022. Pebalap sepeda yang berasal dari sekitar 40 kebangsaan tersebut juga termasuk pebalap-pebalap dari negara Indonesia sendiri.

Baca Juga :  Saksikan Festival Antar-SSB Se-Kepri di Lapangan Hang Lekir

Partisipasi peserta dari Indonesia kali ini cukup membanggakan. Karena, ternyata ajang balap sepeda ini telah mencuri perhatian yang luar biasa besar. 25 persen dari total peserta berasal dari negara Indonesia sendiri. Peserta balap sepeda ini memilih kategori sesuai dengan kemampuan mereka. Baik itu mengikuti Grand Fondo Classic 138 kilometer, Grand Fondo Challenge 82 Km, Grand Fondo Century 113 Km maupun Grand Fondo Discovery sejauh 52 Km.

Peserta Tour de Bintan mengawali lomba dari terminal Sri Tribuana Simpang Lagoi. F- ig@tdb

Tour de Bintan yang digelar dari tanggal 14 hingga 16 Oktober 2022 ini merupakan tahun ke-4, sebagai bagian dari UCI Grand Fondo Series. Kategori ini memperebutkan tiket atau starting point menuju kualifikasi pada gelaran World Championship di Glasgow, Scotlandia pada tahun 2023 nanti.

Baca Juga :  Profil Tisya Erni yang Terjaring Prostitusi Selebgram Bertarif Rp25 Juta

“Kesuksesan pelaksanaan ajang olahraga Tour de Bintan yang merupakan gelaran sport tourism skala internasional ini, menunjukkan kesiapan Kabupaten Bintan dan kawasan wisata Bintan Resorts yang saling berkolaborasi, untuk dapat mewujukan berbagai kegiatan sport tourism dan acara skala internasional lainnya di tahun 2023,” sebut Abdul Wahab, Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala, saat memberikan keterangan, Kamis (13/10/2022).

Peserta Tour de Bintan saling mendahului untuk mencapai garis finis guna merebut tiket ke World Championship. F- ig@tdb

PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) yang merupakan pengelola kawasan wisata Bintan Resorts di Kabupaten Bintan, tengah menyusun berbagai kegiatan atau iven skala internasional, untuk dilaksanakan di tahun 2023. Seperti Bintan Triathlon, Ironman Bintan, Bintan Marathon dan lain-lain. Kini, Bintan Resorts masih fokus untuk pelaksanaan Tour de Bintan 2022 sebagai starting point menuju kualifikasi balap sepeda World Championship di Glasgow-Scotlandia tahun 2023 nanti. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *