Beranda All News Pengurus Dekranasda Kabupaten Karimun Dikukuhkan

Pengurus Dekranasda Kabupaten Karimun Dikukuhkan

0
Ketua Dekranasda Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari menyaksikan pengukuhan kepengurusan Dekranasda Kabupaten Karimun yang dilakukan oleh Raja Hazmah, Rabu (12/10/2022). F- diskominfo kepri

Karimun, suaraserumpun.com – Sebanyak 38 orang pengurus Dekranasda Kabupaten Karimun masa bakti 2022-2024, dikukuhkan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun Raja Hazmah Aunur Rafiq, di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun, Rabu (12/10/2022). Pengukuhan ini dihadiri Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Riau Hj Dewi Kumalasari Ansar.

Pengukuhan pengurus Dekranasda Kabupaten Karimun ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) nomor 02/BKMD-KEPRI/SK/10/2022 tentang pengesahan dan pengangkatan Pengurus dewan Kerajinan Nasional Kabupaten Karimun masa bakti 2021-2024.

Dalam sambutannya, Raja Hazmah Aunur Rafiq berpesan kepada seluruh pengurus Dekranasda Kabupaten Karimun yang baru dilantik, bahwa Dekranasda Kabupaten Karimun harus ikut berperan dalam upaya membangun Kabupaten Karimun yang cerdas, sehat dan sejahtera.

Baca Juga :  2022, Bintan Dapat Alokasi Rp64 Miliar dari Pemprov Kepri

Ia menyebutkan, untuk mencapainya maka Dekranasda Kabupaten Karimun harus lebih giat menjalin hubungan dengan lembaga lain sebagai mitra kerja dalam membangun ekonomi kerakyatan, sehingga peran Dekranasda semakin penting.

Selain itu diperlukan suatu terobosan dan inovasi demi maju dan berkembangnya kerajinan daerah agar lebih produktif untuk mengembangkan kualitas dan kuantitas produksi, sehingga hasil kerajinan dari Karimun bisa menjadi primadona di Kepri dan di tingkat nasional, bahkan internasional.

“Agar produk Karimun tidak hanya laku di daerah sendiri, namun bisa menjadi produk konsumsi di tingkat nasional bahkan menjadi produk ekspor di pasar internasional,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pengedar Sabu Berparas Cakep Ditangkap Satnarkoba Polres Tanjungpinang

Ketua Dekranasda Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar berharap setelah pengukuhan ini Dekranasda Kabupaten Karimun dapat segera bekerja untuk menjabarkan visi dan misi serta menyusun dan menjalankan program kerjanya.

“Penyamaan visi dan misi organisasi sangatlah penting dilakukan dalam menjalankan peran Dekranasda sebagai mitra pemerintah yang memiliki tugas untuk menggali serta melestarikan warisan dan tradisi dan budaya bangsa yang tercermin pada berbagai produk kerajinan yang dihasilkan,” ujarnya.

Selanjutnya, Dewi Kumalasari Ansar mengungkapkan, pada saat ini Pemprov Kepri telah memberikan kelonggaran terhadap penyelenggaraan kegiatan-kegiatan keramaian dan sektor pariwisata juga sudah dibuka kembali.

Sebagai contoh beberapa waktu yang lalu Dekranasda Kepri menggelar kegiatan DekraFest, hal ini menunjukkan bahwa Pemprov Kepri telah memberikan kelonggaran terhadap kegiatan-kegiatan keramaian.

Baca Juga :  SK Sudah Diteken Presiden Jokowi, Adi Prihantara Segera Dilantik Jadi Sekdaprov Kepri

Pada kegiatan DekraFest ini juga Dekranasda bersama Dinas Pariwisata Kepri telah berinovasi dengan merilis aplikasi Gema Ekraf (Berniaga Bersama Ekonomi Kreatif), dengan aplikasi ini dapat membantu para pelaku ekonomi kreatif dapat mempromosikan dan memasarkan produk UMKM mereka.

“Ini merupakan peluang untuk para pelaku UMKM menggeliatkan kembali eksistensinya dan dapat juga dapat mendukung pemulihan ekonomi Kepri sehingga ekonomi Kepri dapat bangkit kembali,” harapnya.

“Selamat menjalankan tugas dan amanah yang diberikan dengan penuh rasa tanggung jawab,” tutupnya. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here