Beranda All News Kafilah Provinsi Kepulauan Riau Menargetkan Masuk 5 Besar di MTQ Nasional 2022...

Kafilah Provinsi Kepulauan Riau Menargetkan Masuk 5 Besar di MTQ Nasional 2022 Kalsel

0
Ketua dan pengurus Kafilah Provinsi Kepri mengikuti MTQ nasional ke-XXIV tahun 2022 di Kalsel. F- diskominfo kepri

Banjarmasin, suaraserumpun.com – Kafilah Provinsi Kepulauan Riau siap mengikuti perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-XXIX tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Kafilah Provinsi Kepri menargetkan masuk 5 besar di MTQ Nasional 2022 di Kalsel ini.

Sebanyak 54 orang peserta menjadi bagian dari kafilah Provinsi Kepulauan Riau yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepri, dr Tengku Afrizal Dahlan.

MTQ XXIX berlangsung tanggal 10 sampai dengan 19 Oktober 2022, di Provinsi Kalimantan Selatan, dengan mengusung tema “Dengan MTQ Nasional Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qur’ani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat”.

Dalam perhelatan MTQ Nasional tahun 2022 ini, Kafilah dari Provinsi Kepri akan mengikuti 8 Cabang dan 46 Golongan. Yaitu Cabang Seni Al-Qur’an dengan 10 Golongan Putera dan Puteri, Cabang Qira’at Al-Qur’an dengan 6 Golongan Putera dan Puteri, Cabang Hifzhil Qur’an/Hafalan Al-Qur’an dengan 10 Golongan Putera dan Puteri.

Baca Juga :  BKPSDM Bintan Belum Terima Surat Resmi Pengunduran Diri Mujiat dari Kabag Umum

Selanjutnya Cabang Tafsir Al-Qur’a yang terdiri dari 6 Golongan Putera dan Puteri, Cabang Fahmil Qur’an dengan 2 Golongan beregu Putera dan Puteri, Cabang Syarhil Qur’an dengan 2 Golongan beregu Putera dan Puteri, Cabang Kaligrafi Al-Qur’an dengan 8 Golongan beregu Putera dan Puteri, dan Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ) dengan 2 Golongan Putera dan Puteri.

54 orang peserta yang mengikuti MTQ Nasional dari Kafilah Provinsi Kepri merupakan putra dan putri terbaik dari enam Kabupaten dan Kota di Kepulauan Riau. Kota Batam menyumbang peserta terbanyak yaitu 25 orang, lalu Kabupaten Karimun sebanyak 14 orang, Kabupaten Lingga 7 orang, Kabupaten Bintan 5 orang, Kabupaten Kepulauan Anambas 2 orang, dan Kabupaten Natuna 1 orang.

Baca Juga :  Pengusaha Perikanan Bintan Ekspor Fillet Ikan Lagi ke Australia, Roby: Perdana Ini Sebanyak 9,5 Ton

Ketua Kafilah Provinsi Kepulauan Riau dalan keterangannya menyebutkan, pada MTQ Nasional tahun 2022 ini Provinsi Kepulauan Riau menargetkan bisa masuk dalam 5 besar peringkat nasional. Adapun yang mewakili Gubernur Kepri H Ansar Ahmad pada pembukaan MTQ Nasional ke XXIX adalah Kepala Biro Kesra Setda Kepri Aiyub. Pembukaan akan dilakukan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (12/10/2022) malam.

“Mohon doa dan dukungan kepada Pak Gubernur, Ibu Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah dan seluruh masyarakat Provinsi Kepulauan Riau untuk kesuksesan Kafilah Kepri,” kata Tengku Afrizal Dahlan.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad pun turut memberikan dukungan dan semangat untuk seluruh qari dan qariah, hafidz-hafidzah, mufasir-mufasirah dan semua kafilah tampil maksimal dan terbaik membawa nama Provinsi Kepri.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad. F- dok/suaraserumpu.com

“Saya yakin kafilah Provinsi Kepri sudah menyiapkan usaha yang maksimal untuk MTQ Nasional, usaha maksimal itu semoga memberikan hasil yang terbaik untuk mengharumkan nama Kepri di tingkat nasional,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Sadis! Suami Tega Membikin Kedua Mata Istrinya Buta, Gara-gara Cemburu Buta

Dalam berbagai perhelatan MTQ dan STQ tingkat nasional tahun-tahun sebelumnya, Kafilah Provinsi Kepri sudah terbukti mampu mendulang berbagai prestasi. Di antaranya MTQ Nasional ke-27 di Medan tahun 2018 yang meraih peringkat 4. STQ Nasional ke-24 di Tarakan tahun 2017 yang meraih peringkat 2. MTQ Nasional ke-26 di Mataram tahun 2016 yang meraih peringkat 3. STQ Nasional ke-23 di Bangka Tengah tahun 2015 yang meraih peringkat 2. Paling membanggakan adalah MTQ Nasional ke-25 di Batam, kafilah Provinsi Kepri meraih peringkat 1. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here