banner 728x90
Pemain Timnas U-17 Indonesia bersedih setelah kalah melawan Malaysia, dan gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023. F- Istimewa/ig@bolalob

Timnas U-17 Indonesia Gagal ke Piala Asia 2023

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Timnas sepak bola putra U-17 Indonesia gagal lolos ke Piala Asia U-17 tahun 2023. Tak hanya kalah dari Timnas Malaysia, Timnas Indonesia juga tak masuk dalam satu tim dari enam runner-up terbaik, hasil kualifikasi.

Mengutip dari media sosial Twitter AFC @afcasiancup, Senin (10/10/2022) dini hari WIB, satu slot dari enam runner up grup terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 diraih India, yang hanya kalah dengan skor 1-2 dari Arab Saudi pada pertandingan terakhir Grup D, Senin dini hari WIB. Sementara, Timnas Indonesia mengalami kekalahan telak dengan skor 1-5, saat menghadapi Malaysia.

Baca Juga :  Lima Tersangka Mafia Tanah di Batam Ditangkap Polda Kepri

Dengan demikian, enam negara yang masuk runner up terbaik kualifikasi yang berhak berkompetisi di Piala Asia U-17 2023 adalah Korea Selatan (Grup J), China (Grup G), Afghanistan (Grup H), India (Grup D), Thailand (Grup F) dan Laos (Grup I).

Mereka mendampingi 10 juara grup yang sudah memastikan lolos terlebih dahulu yakni Jepang, Malaysia, Qatar, Arab Saudi, Yaman, Vietnam, Australia, Tajikistan, Iran dan Uzbekistan.

Bagi Timnas Indonesia, pencapaian di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 membuat mereka gagal mengulangi prestasi edisi 2018. Kala itu, skuat berjuluk Garuda Asia tampil di Piala Asia U-16 2018 di Malaysia dan berhasil menembus perempat final.

Baca Juga :  Dandim 0315/Tanjungpinang dan Kapolres Bintan Semakin Bersinergitas

Sebenarnya, pada tahun 2019, Indonesia yang dilatih Bima Sakti sukses lolos ke Piala Asia U-16 2020. Akan tetapi, turnamen itu dibatalkan oleh AFC karena pandemi Covid-19.

Menanggapi kegagalan skuadnya di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Bima Sakti mengucapkan permintaan maaf kepada pencinta sepak bola nasional.

“Kecewa dan sedih, itu pasti. Saya mengatakan kepada pemain agar mengambil pelajaran dan pengalaman dari turnamen ini. Karier mereka masih panjang. Semua ini tanggung jawab saya sebagai pelatih,” kata Bima.

Juru taktik berusia 46 tahun itu pun fokus untuk membawa timnya bertanding di kompetisi selanjutnya yaitu Asian Youth Games (AYG) 2022 di China pada Desember.

Baca Juga :  Bantai Neval 7 Gol, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia Setelah Absen 15 Tahun

“Sebelum itu, kami akan mengembalikan para pemain ke klub. Mereka harus bangkit dan tidak boleh putus asa,” kata Bima menambahkan.

Seperti pelatihnya, bek tengah timnas U-17 Indonesia Sulthan Zaky pun merasa kecewa atas apa yang mereka raih di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

“Ini jadi pelajaran bagi kami semua,” kata Sulthan.

Di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Indonesia menduduki peringkat kedua klasemen akhir Grup B dengan koleksi sembilan poin yang berasal dari tiga kemenangan dan satu kali kalah. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *