Beranda All News Kapolda Kepri: Siapkan Ambulans untuk Tour de Bintan 2022

Kapolda Kepri: Siapkan Ambulans untuk Tour de Bintan 2022

0
Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman bersama Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono meninjau rute Tour de Bintan 2022 di kawasan Bintan Resorts Lagoi, Minggu (9/10/2022). F- Istimewa/humas polres bintan

Bintan, suaraserumpun.com – Kapolda Kepri Irjen Pol Dr Aris Budiman MSi meninjau kesiapan pengamanan di wilayah Bintan, untuk pelaksanaan balap sepeda internasional Tour de Bintan 2022. Kapolda meminta Kapolres Bintan dan penyelenggara, untuk menyediakan ambulans untuk antisipasi dalam iven Tour de Bintan 2022, pekan depan.

Dalam peninjauan lokasi oleh Kapolda Kepri ini, hadir sejumlah Pejabat Utama Polda Kepri, Kadishub Kabupaten Bintan, Kominfo Kabupaten Bintan, Kapolres Bintan dan pejabat utama Polres Bintan, Minggu (9/10/2022).

Pada peninjauan pertama, Kapolda Kepri bersama rombongan melihat langsung kesiapan di garis start yang berada di kawasan wisata Lagoi Bay Bintan. Di lokasi tersebut Kapolda Kepri menerima langsung penjelasan dan pemaparan dari Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono SH SIK MH selaku penanggung jawab pengamanan Tour de Bintan 2022.

Baca Juga :  Taman Gurindam 12 Tepilaut Ditutup, Pemko Tanjungpinang Memberlakukan Take Away, SE Wako Tak Mengatur THM

Dalam pemaparannya, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono menyebutkan, sebanyak 285 personel disiapkan untuk pengaman Tour de Bintan 2022 nanti. Dengan rincian jumlah, 182 personel cadangan Polres Bintan, 35 personel memegang hape zoom meeting secara live di posko, 71 personel Dishub, Pol PP 64, Brimob 31 (sterilisasi venue start/finish), TNI 15, personel Security PT BRC 30 personel.

Jumlah perkuatan-perkuatan dari Polda Kepri terdiri dari 5 Ditlantas, Bid TIK 10 personel disediakan juga video tron 8×4, Bidhumas 5 personel mengawaki one broadcast system (penyiaran satu suara biar tidak ada berita yg tidak berimbang dilapangan), Obvit sarpras beserta operator 8 personel”.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Cek Proyek Box Culvert Senilai Rp8,4 Miliar di Simpang Jam Batam

“Kemudian nantinya akan ada 15 persimpangan di sepanjang rute. Diperkirakan peserta berjumlah 946 yang berasal dari 40 negara. Terdiri dari 800 pria dan 146 wanita,” sebut Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono.

Dalam arahannya, Kapolda Kepri Irjen Pol Dr Aris Budiman MSi mengatakan, selain fokus ke pengamanan, kepolisian juga harus memperhatikan faktor keselamatan lainnya.

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono menunjuk titik-titik pengamanan Tour de Bintan 2022 kepada Kapolda Kepri. F- Istimewa/humas polda kepri

“Seperti kesiapan ambulans, tenaga medis dan rumah sakit. Selain itu kesiapan sarana dan prasarana sangat penting seperti ranmor yang digunakan, termasuk sterilisasi yang dilakukan oleh anggota Sat Brimob,” tegas Kapolda Kepri.

Baca Juga :  Lamidi: Pemprov Berkoordinasi dengan Kejati Kepri dalam Pengelolaan Keuangan Daerah

“Lakukan juga simulasi jika terjadi kecelakaan. Simulasikan berapa lama upaya evakuasi dalam menyelamatkan korban. Namun hal baiknya adalah lakukan antisipasi, sehingga hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Bentuk juga tim gerak cepat yang tujuannya mengantisipasi situasi urgensi,” sambung Irjen Pol Dr Aris Budiman MSi.

Setelah pemaparan rencana pengamanan, Kapolda Kepri bersama rombongan meninjau dan menyusuri langsung rute yang akan dilalui peserta lomba Tour de Bintan. Mulai dari kawasan Lagoi hingga ke pantai Trikora. Tour de Bintan 2022 akan dilaksanakan, Jumat (14/10/2022) sampai dengan Minggu (16/10/2022). (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here