Beranda All News Saat Dewi Kumalasari Menyapa Anak di Perkampungan Teluk Bintan, Jawabannya Membikin Mewek

Saat Dewi Kumalasari Menyapa Anak di Perkampungan Teluk Bintan, Jawabannya Membikin Mewek

0
Hj Dewi Kumalasari Ketua TP-PKK Kepri menyapa anak-anak dengan jawaban yang membikin mewek saat menggelar kegiatan di SDN 009 Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kamis (6/10/2022). F- Istimewa/diskominfo kepri

Bintan, suaraserumpun.com – Ketua Tim Penggerak PKK Bintan Hj Dewi Kumalasari menggelar kegiatan di SD Negeri 009, daerah perkampungan di Kecamatan Teluk Bintan, Kamis (6/10/2022) pagi. Saat Dewi Kumalasari menyapa dan menanyakan kondisi anak di perkampungan ini, jawabannya bikin mewek.

Hj Dewi Kumalasari mengunjungi SDN 009 Teluk Bintan di Kampung Mansur, untuk melaksanakan kegiatan Dapur Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Kegiatan Dapur B2SA ini dihelat oleh TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan (KP2KH) Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat, tentang makanan sehat dan memberikan makanan yang bergizi kepada anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Upaya ini sebagai bentuk perhatian pemerintah khususnya bagi PKK kepada anak-anak agar tumbuh kembangnya semakin sehat dan cerdas. Sekaligus sebagai stimulus kepada orang tua terutama bagi kaum ibu untuk lebih memperhatikan makanan dan kesehatan anak di rumah.

Baca Juga :  HUT Ke-76 Bhayangkara, Polda Kepri Tanam Ratusan Pohon

Untuk mencapai tujuan tersebut, Hj Dewi Kumalasari rela masuk dan keluar kampung. Seperti yang dilakukan istri Gubernur Kepri H Ansar Ahmad ini di Kampung Mansur, Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kamis (6/10/2022) pagi tadi.

Saat berada di SDN 009 Teluk Bintan itu, terdengar riuh suara teriakan anak-anak Sekolah Dasar (SD). Mereka begitu semangat menyambut kedatangan Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj Dewi Kumalasari bersama rombongan.

Dewi Kumalasari pun menyambut antusias para pelajar dan anak-anak tersebut, dengan semangat dan penuh kekeluargaan. Tak ada perubahan dari sikap Dewi Kumalasari, dibandingkan semasa menjabat Ketua TP-PKK Bintan, beberapa tahun silam.

“Apa kabar anak-anak ibu, semuanya sehat. Dah makan?,” ucap Dewi Kumalasari saat menyapa sambil bertanya ‘sayang’ kepada puluhan anak yang menyambut kedatangannya.

Baca Juga :  Dewi Kumalasari Mengisahkan Sepintas Sejarah Rumah Bahagia Bintan

Dengan spontan, para anak-anak menjawab pertanyaan Dewi Kumalasari, yang membikin mewek di pagi tersebut.

“Beluuum,” kata anak-anak dengan nada manja sambil bersalaman dengan Hj Dewi Kumalasari yang tersenyum kecil saat itu.

Dalam kegiatan tersebut, Hj Dewi Kumalasari memaparkan tentang cara penyajian dan apa itu makanan sehat kepada masyarakat yang hadir.

“Ini penting ibu-ibu, makanan sehat itu tidak harus mahal, akan tetapi komposisi dalam pemenuhan gizi anak tercukupi, yang pastinya ada sayur, ada protein, ada karbohidrat, dan vitamin yang cukup. Jelasnya ada nasi, sayur, ikan atau telur, ditambah buah-buahan yang ada,” terang Dewi Kumalasari.

Kemudian, Hj Dewi Kumalasari juga memperagakan cara menyajikannya.

“Cara penyajiannya ini yang harus sangat diperhatikan. Karena anak-anak kita saat ini cepat bosan dengan makanan yang menunya sama. Kreasikan makanan untuk anak agar makannya baik, maka tumbuh kembangnya akan sehat dan cerdas,” ujar Bunda PAUD Provinsi Kepri ini.

Baca Juga :  Menko PMK Muhadjir Effendy Minta Kepri Tekan Impor Beras

Dewi Kumalasari berharap, kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan saat ini saja. Tetapi dapat kembali dilaksanakan oleh pihak TP-PKK kabupaten/kota dan kecamatan serta Sekolah Dasar lainnya, untuk memenuhi gizi pada anak.

Kadis KP2KH Provinsi Kepulauan Riau Rika Azmi, turut memberikan pemaparan bagaimana cara mendapatkan bahan makanan sehat yang murah dan terjangkau.

“Kita paham betul sebagai ibu-ibu pastinya memikirkan bagaimana caranya mendapatkan bahan makanan bergizi yang murah dan terjangkau untuk anak kita. Yang pasti poinnya harus ada sayur, protein, karbohidrat, vitamin yang cukup untuk keluarga terutama anak kita,” papar Rika.

Kadis KP2KH Rika mengajak masyarakat agar memanfaatkan perkarangan rumah untuk bercocok tanam sayur, cabai, dan sebagainya untuk meringankan kebutuhan makanan pada anak. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here