banner 728x90
Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Tri Yulianto SIK MSi menyampaikan sejumlah inovasi Polda Kepri pada peringatan HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara 2022, Kamis (22/9/2022). F- Istimewa/humas polda kepri

HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara 2022, Berikut Inovasi Dirlantas Polda Kepri

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Jajaran Polda Kepri melaksanakan syukuran pada puncak peringatan HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Kamis (22/9/2022). Berikut inovasi atau terobosan yang dibuat oleh Dirlantas Polda Kepri pada tahun ini.

Pada peringatan HUT Lalu Lintas, jajaran Polda mendengarkan arahan Kapolri melali zoom meeting. Kapolri berpesan kepada personel Satuan Lalu Lintas agar terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas.

HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara tahun 2022 ini mengangkat tema Polantas yang Presisi pulih dan bangkit bersama menuju Indonesia Maju. Kegiatan syukuran yang dilaksanakan Polda Kepri dipusatkan di Graha Lancang Kuning Polda Kepri. Syukuran HUT Lalu Lintas ini dihadiri oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Dr Aris Budiman MSi, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Wakapolda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Forkopimda, stakeholder terkait dan personel Polda Kepri.

Baca Juga :  Waw! Penerima Beras PPKM di Bintan Mencapai 9.463 KK

Dalam kesempatan tersebut, melalui sarana zoom metting, Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi mengucapkan selamat ulang tahun kepada Korlantas, dalam semboyan Dharmakerta Marga Raksyaka. Semoga terus semakin ditingkatkan dan tentunya Polantas ibarat peredaran dalam tubuh manusia ini tentunya menjadi sesuatu yang sangat baik.

“Kepada rekan-rekan di Lalu Lintas, agar terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Seluruh kegiatan masyarakat khususnya para pengguna jalan yang berdampak pada berjalannya perekonomian nasional, hingga bisa berjalan dengan baik,” pesan Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi.

“Yang selalu kita jaga adalah bagaimana menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas. Seperti yang kita lihat dari tahun 2020 sampai dengan tahun 2022, jumlah masyarakat yang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan. Namun dikarenakan aktivitas masyarakat yang meningkat, maka jumlah kecelakaan juga akan meningkat. Hal ini menjadi tugas kita terutama bagaimana setiap harinya melakukan evaluasi dan pengecekkan untuk menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas,” sambung Kapolri.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Mendesak Dirjen Hubdat Merealisasikan Pengadaan Kapal Roro Mini untuk Lingga pada Tahun 2024

Inovasi Dirlantas
Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Tri Yulianto SIK MSi menyampaikan, dalam rangka HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Direktorat Lalu Lintas Polda Kepulauan Riau bekerja sama dengan Imigrasi Kota Batam telah membuat satu terobosan atau inovasi. Yaitu Model Kolaborasi dengan bentuk penindakaan lalu lintas yang dilakukan oleh Warga Negara Asing, ketika WNA tersebut melakukan aktivitas di jalan di wilayah hukum Polda Kepri.

“Terobosan ini kita terapkan di Kota Batam dulu, dan nantinya akan berjenjang di kota-kota yang lain,” ujarnya.

Baca Juga :  Tekan Angka Pengangguran, Dewi Kumalasari Buka Kegiatan Pelatihan Kerja Berdasarkan Kompetensi

Terkait dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), setelah di-launching oleh Kapolri Kamis (22/9/2022), sampai dengan tiga puluh hari ke depan masih dalam tahap uji coba.

“San setelah tiga puluh hari ke depan, baru kita terapkan penindakannya,” tegas Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Tri Yulianto SIK MSi.

Sedangkan mengenai denda yang dibayarkan bagi pengguna jalan yang melanggar, lanjut Dirlantas Polda Kepri, nantinya akan diterapkan denda maksimal. Namun untuk besarannya, semua tergantung dari pihak pengadilan yang memutuskan. Untuk titik penerapannya ada tiga titik penerapan ETLE di Kota Batam.

“Pertama berada di Jalan Raja Isa, kemudian di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Brigjen Katamso,” sebut Dirlantas Polda Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *