Beranda All News Dewi Kumalasari Meluncurkan Aplikasi Gema Ekraf Kepri Milik Dinas Pariwisata Kepulauan Riau,...

Dewi Kumalasari Meluncurkan Aplikasi Gema Ekraf Kepri Milik Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Simak Fungsinya

0
Hj Dewi Kumalasari Ketua Dekranasda Provinsi Kepri saat meluncurkan aplikasi Gema Ekraf Kepri di sela Dekranasda Festival di Bintan Expo, Tanjungpinang, Kamis (22/9/2022). F- Istimewa/diskominfo kepri

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meluncurkan aplikasi Gema Ekraf Kepri, dalam kegiatan Dekranasda Festival, Kamis (22/9/2022). Simak fungsi aplikasi Gema Ekraf Kepri milik Dinas Pariwisata Kepri ini.

Dekranasda Provinsi Kepri me-launching aplikasi Gema Ekraf Kepri, di Bintan Expo, kawasan Pamedan, Kota Tanjungpinang. Aplikasi ini merupakan marketplace yang dibangun untuk pelaku ekonomi kreatif. Marketplace adalah tempat atau wadah yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli melalui internet.

Aplikasi ini fungsinya, biar pelaku industri kecil menengah bisa menjual produknya. Kemudian dibeli oleh pembeli. Selain aplikasi Gema Ekraf Kepri, Dekranasda Kepri juga meluncurkan Website Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Agus Purwadianto: Peran Forensik di Penegakan Hukum Sangat Penting

Kegiatan yang disejalankan dengan Dekranasda Festival ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Kepri Dewi Kumalasari mengatakan, setelah lebih kurang 2 tahun Pemprov Kepri membatasi berbagai kegiatan keramaian akibat pandemi Covid-19. Maka tahun ini dapat kembali merayakan Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepri, dengan berbagai rangkaian acara. Satu di antaranya Dekranasda Festival.

“Dengan Dekranasda Festival ini, semoga bisa membangkitkan kembali ekonomi Provinsi Kepri yang sempat lesu akibat Pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan slogan Hari Jadi Provinsi Kepri tahun ini. Yaitu, Ekonomi Pulih, Kepri Sejahtera,” kata Dewi Kumalasari.

Baca Juga :  Setelah Tiga Bulan, 150 CPNS Pemprov Kepri Dinyatakan Lulus Latsar

Istri Gubernur Kepri H Ansar Ahmad ini menyampaikan, dalam rangka Hari Kadi ke-20 Provinsi Kepri, ini Dekranasda Kepri ikut berpartisipasi. Dengan melaksanakan kegiatan Dekranasda Festival tahun 2022 ini, yang melibatkan berbagai stakeholder di bidang pengembangan kerajinan daerah. Khususnya kerajinan Wastra dan para pelaku industri kecil dan menengah.

“Ini adalah satu bentuk upaya dalam mendukung sektor kerajian dan IKM untuk dapat terus memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian Kepri,” imbuh Dewi Kumalasari Ansar.

Dewi Kumalasari menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan Dekranasda Festival ini sebagai wadah bagi para perajin dan pelaku IKM untuk terus berkreasi dan berkarya. Serta sebagai ajang bertemu bagi para perajin dengan pasar dan buyer potensial yang para pelaku IKM harapkan.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Mengawali Pembangunan Sekretariat KBM

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan menjadi ajang bertemunya para pelaku usaha kita. Selain itu kegiatan Dekranasda Festival ini juga sebagai wahana edukasi dan fasilitasi bagi para perajin, pelaku IKM, pemerintah, pihak perbankan dan pihak swasta,” jelasnya.

Kegiatan Dekranasda Festival ini turut digelar berbagai rangkaian kegiatan. Seperti showcasing, business matching, talk show, launching website Dekranasda Kepri, launching aplikasi Gema Ekraf Kepri, dan fashion show. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here