banner 728x90
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengikuti pawai festival lampion Lantern Dream Parade di Tanjungpinang, Sabtu (10/9/2022) malam. F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Iven Dispar Kepri Fantastis! Berikut Foto Festival Lampion Lantern Dream Parade di Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Iven Dinas Pariwisata Kepri berupa festival lampion Lantern Dream Parade di Tanjungpinang berlangsung fantastis, Sabtu (10/9/2022) malam. Berikut beberapa foto festival lampion atau lampu lentera yang dibuka Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad di Kota Lama Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang tersebut.

Festival Lantern Dream Parade ini membuat masyarakat berbondong-bondong datang menyaksikannya. Mulai dari Kota Tua di Jalan Merdeka hingga pelataran Gedung Daerah. Ribuan masyarakat Tanjungpinang berjubel untuk melihat berbagai penampilan yang dibawakan para peserta pawai.

Gemerlap dan penampilan fantastis peserta pawai festival lampion Lantern Dream Parade di Tanjungpinang, Sabtu (10/9/2022) malam. F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Festival lampion budaya etnis Tionghoa ini bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepulauan Riau. Festival lampion Lantern Dream Parade tahun 2022 digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kepri bersama dengan DPD Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Kepri.

Baca Juga :  Roby Bangga Bintan Punya SMP Sains Salahuddin Wahid

Tak kurang dari 2.000 peserta dari 53 sekolah dan paguyuban warga daerah ikut andil dalam festival ini. Berbagai penampilan ditampilkan para peserta, mulai dari tarian, penampilan angklung, atraksi silat, barongsai, dan singa barong. Penampilan yang begitu beragam membuat masyarakat yang datang sangat terhibur.

Pesilat Melayu turut memeriahkan pawai festival lampion Lantern Dream Parade di Tanjungpinang. F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad bersama Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma, Anggota DPRD Kepri Bobby Jayanto dan Rudi Chua, serta Ketua DPD Asparnas Kepri Mulyadi Tan menyaksikan pertunjukan yang dilakukan peserta pawai dari panggung utama di Gedung Daerah. Tampak mereka sangat semringah dan tak henti-hentinya memberikan senyuman dan tepuk tangan untuk mengapresiasi penampilan peserta pawai lampion.

Baca Juga :  Selamat Datang dan Bertugas Kapolda Kepri Irjen Pol Drs Tabana Bangun MSi

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, festival ini sebagai ajang mempromosikan Kota Tanjungpinang sebagai salah satu destinasi wisata multi budaya, yang dapat menjadi inspirasi bagi kabupaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Kepri dan daerah lainnya di Indonesia.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad naik barong pada festival lampion Lantern Dream Parade di Tanjungpinang. F- Istimewa/Diskominfo Kepri

“Kota Tua yang kini sudah mulai tampak bedelau (berkilau), juga diharapkan menjadi ikon pariwisata bagi Kota Tanjungpinang dan menarik minat wisatawan untuk datang mengunjunginya,” kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap, dari dilaksanakannya rangkaian acara memperingati Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepulauan Riau tahun ini dapat meningkatkan daya tarik wisatawan dan menjadi agenda tahunan pariwisata Kepri.

Baca Juga :  Syarat Perjalanan Udara Semakin Ketat, Mulai 15 Agustus 2022

“Serta bertujuan untuk memperkenalkan dan mempertahankan tradisi, akulturasi budaya di Kepri ini,” imbuhnya.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad bersama Wako Hj Rahma memukul genderang saat membuka festival lampion Lantern Dream Parade di Tanjungpinang. F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Mulyadi Tan menyebutkan, festival lampion ini yang merupakan budaya dari masyarakat Tionghoa, yang dirayakan setiap tahunnya pada hari ke-15 bulan pertama kalender Tionghoa, yang menandai berakhirnya perayaan Tahun Baru Imlek yaitu perayaan Cap Go Meh.

“Kita targetkan festival lampion ini bisa masuk kalender iven pariwisata nasional. Sehingga turis nasional dan mancanegara bisa lebih banyak datang ke Tanjungpinang, melihat ragam kebudayaan ini,” kata Mulyadi Tan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *