Beranda All News Cen Sui Lan: 2023, Revitalisasi Empat Bandara di Kepri Jadi Prioritas Kemenhub

Cen Sui Lan: 2023, Revitalisasi Empat Bandara di Kepri Jadi Prioritas Kemenhub

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menjelaskan kegiatan revitalisasi empat bandara di Kepri, serta permintaan revitalisasi pelabuhan di Tarempa, Anambas, saat RDP Komisi V DPR RI dengan Dirjen Hubud Kemenhub RI, RI, Kamis (1/9/2022). F- istimewa/dok csl

Jakarta, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) terus berjuang all out, untuk menuntaskan konektivitas dan disparitas di Kepri. Tahun anggaran 2023 nanti, revitalisasi empat bandar udara (bandara) di Kepri akan menjadi prioritas oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Kegiatan revitalisasi empat bandara di Kepri itu ditujukan untuk Bandara Letung (Anambas), Bandara Raja Haji Abdulah (RHA) Karimun, Bandara Ranai (Natuna) dan Bandara Dabo, Singkep (Lingga). Empat bandara tersebut mendapat anggaran yang cukup besar, pada RAPBN tahun anggaran 2023.

Hal itu disampaikan Nur Isnin Istiartono Plt Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) Kemenhub RI pada saat RDP dengan Komisi V DPR RI, Kamis (1/9/2022) pekan kemari. Menurutnya, pemerintah sudah mengajukan dana revitalisasi empat bandara di Kepri, dalam RAPBN tahun anggaran 2023.

Selain pembahasan alokasi anggaran untuk RAPBN tahun 2023, Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi V DPR RI dan Dirjen Hubud Kemenhub ini membahas evaluasi program kegiatan tahun anggaran 2022 hingga Agustus 2022.

“Usulan revitalisasi keempat bandara di Kepri itu, hasil dari reses Bu Cen Sui Lan,” ujar Plt Dirjen Hubud Kemenhub seraya menjelaskan tabel tentang setiap program dari Direktif Presiden, serta Kunker Komisi atau Hasil Reses Anggota DPR RI.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepulauan Riau (Kepri) membenarkan hal itu. Menurutnya, tahun anggaran 2023 nanti, revitalisasi empat bandar udara (bandara) di Kepri akan menjadi prioritas oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Baca Juga :  Striker Wawa Tutup Usia, KONI Bintan Berbelasungkawa, Porges FC Pensiunkan Nomor Punggung 11

“Revitalisasi empat bandara di Kepri itu menjadi prioritas Kementerian Perhubungan RI,” tegas Cen Sui Lan saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com, Senin (5/9/2022).

Cen Sui Lan yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Ormas MKGR ini menjelaskan, selain runway diperpanjang dan terminal diperbesar, empat bandara di Kepri ini juga mendapatkan program subsidi penerbangan perintis yang cukup besar. Seperti Bandara Dabo dan Bandara Letung itu porsinya diperbesar untuk mengantisipasi trafik penumpang dari masyarakat Kepulauan Riau yang semakin meningkat, sejalan meningkatnya perekonomian daerah.

Revitalisasi empat bandara dan program penerbangan perintis itu dianggarkan pada tahun anggaran 2023 itu, karena usulan Cen Sui Lan berdasarkan hasil kunker reses. Saat kunker reses itu, Cen Sui Lan menerima aspirasi dari stakeholder Otoritas Bandara. Baik di Bandara Dabo, Bandara Karimun, Bandara Ranai. Dan terakhir, pada awal Agustus 2022 lalu. Ketika pada masa reses itu, Cen Sui Lan beraudislensi dengan Otoritas Bandara (Otban) Sumatera 2 dan Kepala Bandara Letung, Andhi.

“Selain revitalisasi bandara, saya juga meminta agar Kemenhub RI melalui Pak Dirjen, agar melakukan revitalisasi dermaga di Tarempa, Kepulauan Anambas. Karena, dermaga yang dibangun pada masa penjajahan Belanda ini, belum pernah direvitalisasi,” jelas Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri dan Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, pada Raker antara Komisi V dan Menteri Perhubungan, di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Senayan Jakarta, pekan lalu. F- istimewa/dok csl

Untuk Kepulauan Anambas ini, Cen Sui Lan meminta agar Kemeterian Perhubungan melakukan revitalisasi atau pelebaran yang lebih besar. Sehingga, Presiden RI bisa berkunjung ke Anambas.

Baca Juga :  Meninjau Desa Terbersih Se-Bintan, Roby Kurniawan Harus Mengarungi Lautan

“Anambas ini potensi daerahnya sangat besar, dan merupakan daerah terdepan NKRI,” tambah Cen Sui Lan.

Pertengahan Maret 2022 lalu, Cen Sui Lan melakukan kunjungan reses sekaligus meninjau bandara RHA Karimun. Masalah pagar bandara RHA Karimun ini disampaikan oleh Agus Susanto Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah II Sumatera (Kepri, Riau, Sumut, Aceh), serta Fanani Zuhri Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Karimun, mendampingi Cen Sui Lan mengunjungi bandara RHA Karimun.

Kemudian, Cen Sui Lan juga melakukan kunjungan reses ke Lingga, dan mendapat masukan untuk meningkatkan fasilitas bandara Dabo. Bandara ini diharapkan bisa digunakan untuk pesawat berbadan lebar, dengan melakukan upaya revitalisasi. Termasuk subsidi penerbangan pesawat perintis. Aspirasi tersebut telah disampaikan Cen Sui Lan kepada Kemenhub.

Masih dalam konteks bandara, Cen Sui Lan meminta pemisahan fungsi bandara Ranai Natuna, pada saat rapat kerja Komisi V DPR RI dengan Menhub RI Budi Karya Sumadi. Saat itu RDP tentang evaluasi kegiatan tahun anggara 2022, dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kementerian Perhubungan RI untuk tahun anggaran 2023.

Baca Juga :  Menparekraf dan Gubernur Kepri Bermain Sepak Takraw di Kampung Tua Bakau Serip

Pada saat Raker di ruang rapat Komisi V Gedung Nusantara ini, Cen Sui Lan meminta kepada Menteri Perhubungan agar dana pembangunan bandara-bandara di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) ditingkatkan pada tahun anggaran 2023 nanti.

“Jangan seperti tahun anggaran 2022 ini. Kepri sebagai daerah saya, hanya dapat Rp5 miliar. Ini kan sangat tidak adil,” ucap Cen Sui Lan saat itu.

Bandara Letung Anambas
Sebelumnya, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menyatakan, tahun anggaran 2023 mendatang, runway bandar udara Letung di Kabupaten Kepulauan Anambas akan diperpanjang. Kemudian, terminal bandara tersebut akan direnovasi untuk diperbesar dari kondisi sekarang.

Cen Sui Lan Anggota Komisi DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri melihat kondisi runway- bandara Letung, di Anambas. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Pernyataan itu disampaikan Cen Sui Lan, setelah mendengarkan presentasi Agus Prihanto Kepala Otoritas Bandara (Otban) Sumatera Wilayah 2 Ditjen Hubud Kementerian Perhubungan, dan Andi Kepala Unit Pelaksana Bandara (UPB) Letung tentang updated bandara Letung, ketika menerima aspirasi reses di ruang rapat Kantor Bupati Anambas, Kamis (4/8/2022) lalu.

Presentasi ini dihadiri Abdul Haris Bupati Anambas, Wan Zulhendra Wakil Bupati Anambas, para Pejabat Tinggi Pratama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, BMKG, Basarnas dan Tenaga Ahli DPR Victor Angsono, Teddy Martus, Agustar. Dalam rapat ini turut hadir para pimpinan OPD Pemkab Anambas dan 70 staf Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, sertta staf BMKG. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here