Beranda All News PWP Karimun Ngaliwet Bareng Sepanjang 17 Meter di Coastal Area

PWP Karimun Ngaliwet Bareng Sepanjang 17 Meter di Coastal Area

0
Warga Pasundan yang tergabung dalam PWP Kabupaten Karimun mengadakan ngaliwet bareng di Coastal Area, Karimun, Minggu (28/8/2022). F- Istimewa/pwp karimun

Karimun, suaraserumpun.com – Paguyuban Warga Pasundan (PWP) Kabupaten Karimun mengadakan ngaliwet bareng sepanjang 17 meter di Coastal Area, Minggu (28/8/2022). Ngaliwet bareng ini merupakan tradisi makan bersama untuk menyatukan kebersamaan, dalam rangkaian HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

Ketua PWP Karimun Teddy Setiawan mengatakan, kegiatan ngaliwet bareng ini guna mempererat tali silaturahmi antarwarga Sunda di Kabupaten Karimun. Awalnya, kegiatan ini akan dilaksanakan sempena HUT Kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus 2022. Kegiatan dilaksanakan Minggu (28/8/2022), karena masih ada warga Sunda di Kabupaten karimun, khususnya warga PWP yang beraktivitas.

Baca Juga :  Komando Armada I Mengerahkan 5 KRI buat Pengamanan Laut Natuna Utara

“Setelah diadakan rapat bersama, diputuskan giat dilaksanakan pada hari ini,” kata Teddy Setiawan di sela kegiatan ngaliwet bareng, Minggu (28/8/2022).

“Alhamdulillah kegiatan hari ini bisa terlaksana dengan baik. Cuaca cerah, tidak hujan. Dan diselingi dengan angin yang berhembus dengan sepoi. Sehingga giat dapat dilaksanakan dengan nyaman.
Kenapa giatnya ngaliwet ini mempunyai filosofi terbentuknya rasa persaudaraan saat memakannya,” sambungnya.

Ngaliwet bareng ini, cara makan bersamanya berdasarkan kebiasaan dari masyarakat Sunda, menyediakan daun pisang yang panjang dan lebar untuk mewadahi nasinya. Setelah matang dan menyantapnya secara bersama-sama sambil duduk bersila.

Baca Juga :  Polres Bintan Berbagi Sembako buat Pengendara dan Buruh

“Begitupun para pejuang kita secara bahu membahu dan dengan tekat persaudaraan yang tinggi memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini,” jelas Teddy Setiawan.

Ngaliwet bareng ini dihadiri sekitar 150 orang warga PWP Kabupaten Karimun, dewasa dan anak-anak. Warga PWP Kabuaten Karimun berharap kepada pengurus agar giat seperti ini rutin dilaksanakan ke depannya.

“Ke depannya, semakin banyak warga Sunda yang bisa bergabung di dalam wadah PWP Kabupaten Karimun,” demikian diharapkan Teddy Setiawan. (nurul atia/ion)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here