banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bersama Abdul Haris Bupati Anambas dan perwakilan Kementerian PUPR berdiskusi untuk pembangunan infrastruktur di Kepulauan Anambas, di sela kegiatan kunkr reses Cen Sui Lan, baru-baru ini. F- dok/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan: Anambas Segera Punya Kampus Perguruan Tinggi Termegah di Perbatasan NKRI

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) meminta segera dibangun gedung Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Kepulauan Anambas, kepada Basuki Hadimulyono Menteri PUPR. Permintaan itu disampaikan Cen Sui Lan, Kamis (25/8/2022).

“Kabupaten Kepulauan Anambas segera punya kampus perguruan tinggi termegah di daerah perbatasan NKRI ini,” kata Cen Sui Lan saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com, Jumat (26/8/2022) pagi tadi.

Cen Sui Lan menjelaskan, pembangunan gedung kampus perguruan tinggi di Anambas ini, guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Sehingga untuk ke depannya, SDM di Anambas bisa lebih meningkatkan kesejahteraan di kabupaten terdepan NKRI yang berbatasan langsung dengan 9 negara tersebut.

Permintaan pembangunan gedung kampus STIA Anambas tersebut disampaikan Cen Sui Lan dalam Rapat Kerja (Raker) antara Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR. Raker ini membahas tentang Laporan Keuangan Pemerintah Pusat di Kementerian PUPR tahun anggaran 2021. Realisasi APBN tahun anggaran 2022 hingga Agustus 2022. Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) Kementerian PUPR tahun anggaran 2023. Serta usulan program-program yang didanai Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR tahun anggaran 2023. Raker dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi V Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Kamis (25/8/2022) pagi.

Baca Juga :  Pesan Bupati Bintan kepada Pedagang Antarpulau

Sebelumnya, Cen Sui Lan melakukan kunjungan kerja (kunker) reses ke Kabupatan Kepulauan Anambas, tanggal 3 sampai dengan 5 Agustus 2022 lalu. Dalam kunjungan reses itu, Cen Sui Lan banyak menyerap aspirasi dari masyarakat dan Bupati Kepulauan Anambas. Baik di bidang infratstruktur maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat di kabupaten tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia tersebut.

“Sebentar lagi, Kepulauan Anambas tidak terpencil lagi. Karena berbagai infrastruktur sedang kita lakukan intervensi besar-besaran. Agar wajah daerah kita di perbatasan, dan kesejahteraan masyarakat satu demi satu secara sinergis dan bersama-sama kita tuntaskan,” ujar Cen Sui Lan yang juga sebagai Penasehat IKA Lemhannas Provinsi Kepri ini.

Pada saat kunker reses tersebut, Cen Sui Lan juga menerima laporan dari Abdul Haris Bupati Anambas, bahwa pelaksanan proses perkuliahan di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Anambas masih meminjam ruangan kelas kepada SMK di Tiangau, Tarempa Anambas. Justru itü, Cen Sui Lan meminta kepada Menteri PUPR, agar segera dibangun gedung kampus untuk STIA di Kabupaten Kepulauan Anambas ini.

Baca Juga :  Warga Bintan Timur Masih Mengeluhkan Balap Liar di Jumat Curhat

“Pembangunan fisik gedungnya memang menjadi tugas dan fungsi saya,” tambah Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan menyatakan, pembangunan gedung untuk Perguruan Tinggi memang tugas dan fungsi dari Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR yang bermitra dengan Komisi V DPR RI.

“Sedangkan kontennya, artinya pendidikan ada di Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” ucap Cen Sui Lan yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Ormas MKGR.

Selain itu, Cen Sui Lan juga mendapat laporan dari pengelola STIA Anambas yaitu Yayasan Peduli Desa Tiangau (YPDT), bahwa untuk dukungan dari pemerintah pusat sebagai fungsi ketahanan di daerah perbatasan, Prof Mahfud MD MenKo Polhukkam telah mengeluarkan rekomendasi dukungan kepada STIA YPDT, sesuai dengan Surat MenKo PolHukkam tanggal 3 Januari 2022 nomor: B/1/DN.01.6/1/2022.

Sebagai pengembangan peningkatan Sumber Daya Manusia, STIA Anambas yang dikelola YPDT ini, juga telah mendapatkan dukungan dan rekomendasi dari Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof Muhajir Efendi, pada tanggal 23 Februari 2022 dengan No: B.46/MENK0/ PMK/2/2022.

Baca Juga :  Rumah Bintang Warga Bintan Buyu Dihantam Puting Beliung, Roby Kurniawan Langsung Bantu Korban

Kemudian, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga memberikan dukungan penuh dan rekomendasi yang tercermin dalam surat tertanggal 18 Mei 2022 dengan No:421.9/1135/B.KR-Set/2022. Sebeiumnya Abdul Haris Bupati Anambas telah menerbitkan dukungan dan rekomendasi pada tanggal 13 Mei 2022 dengan No:2321/ Kdh.KKA.810/5/2022.

Saat kunker reses, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bersama Abdul Haris Bupati Anambas meninjau pembangunan infrastruktur, baru-baru ini. F- dok/suaraserumpun.com

“Alhamdulillah, semua pihak terkait, baik itu pemerintah pusat, Menko Polhukkam dan Menko PMK serta Pemprov Kepri dan Pemkab Kepulauan Anambas sendiri, sudah mengeluarkan rekomendasi dan dukungan penuh. Tinggal saya mendukung politik anggarannya. Dan itu sudah saya lakukan dan kawal terus. Sehingga pembangunan fisik gedung perkuliahannya untuk tahun anggaran 2023 nanti, dapat dianggarkan dan direalisasikan,” sebutnya.

“Saya juga sudah membicarakan pembangunan fisiknya dengan Diana Kusumastuti Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Serta Sekjen Kementerian PUPR juga sudah saya bicarakan, dan segera dibahas untuk persiapan readines criterianya,” demikian dijelaskan Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *