banner 728x90
Staf dan pegawai DLH Kabupaten Bintan memilah sampah pada aksi pungut sampah merdeka (Pusaka) di relief Antam Kijang, Bintan Timur, Kamis (24/8/2022). F-yen/suaraserumpun.com

DLH Bintan Gelar Aksi Pusaka di Bintan Timur

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pemkab Bintan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bintan menggelar aksi pungut sampah merdeka (Pusaka) di kawasan relief Antam Kijang dan sepanjang jalan Bintan Timur, Kamis (25/8/2022). Aksi penghijauan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bintan Aprizal Bahar menyampaikan, aksi ini merupakan upaya sosialisasi kepedulian dalam pengurangan sampah di Kabupaten Bintan. Menurutnya, aksi pungut sampah merdeka (Pusaka) disertai dengan jalan sehat. Aksi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Baca Juga :  Besok, Hadiri Tablig Akbar di Gedung Daerah Bersama Gubernur Kepri dan Ustaz Syamsuddin Nur Makka

Harapannya, dengan sosialisasi tersebut aksi peduli pengurangan sampah dari rumah dapat kembali dibudayakan sejak dini. Hal ini tentu harus dimulai dari lingkungan pemerintah daerah sendiri sebagai pelaksana program dalam pengurangan sampah.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan terus digalakkan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, dalam rangka penilaian Adipura oleh Kementerian LHK diharapkan partisipasi dari semua pihak untuk dapat menjaga lingkungan sekitar. Termasuk dengan aksi tidak membuang sampah sembarangan, tidak membakar sampah. Serta memulai sejak saat dini untuk melakukan pemilahan sampah mulai dari rumah dengan partisipasi aktif ke bank sampah yang sudah ada wilayahnya masing-masing.

Baca Juga :  Terima Penghargaan dari PWI, Begini Pesan Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono

Dalam aksi Pusaka di relief Antam Kijang dan sepanjang jalan di Kecamatan Bintan Timur tersebut, DLH melibatkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bintan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bintan , Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Bintan serta Kecamatan Bintan Timur setidaknya mampu mengumpulkan sekitar 56,29 kilogram sampah.

“Kami juga mengucapkan terima kasih untuk dukungan aksi OPD di lingkungan Bintan Timur yang telah ikut serta menyukseskan aksi ini. Termasuk penggiat lingkungan atau kelompok bank sampah yang turut membantu Pemerintah Kabupaten Bintan dalam pelaksanaan pengurangan sampah di Kabupaten Bintan,” tutup Aprizal Bahar. (yen)

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Dirjen PI, Jangan Main-main dengan Janji Pak Presiden untuk Jembatan Batam-Bintan

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *