banner 728x90
Hasan SSos Kadis Kominfo Kepri menyampaikan sambutan pada pembukaan Bimtek pengelolaan media sosial di Batam. F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Begini Tanggapan Kadis Kominfo Kepri tentang Bimtek Pengelolaan Media Sosial

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau Hasan menghadiri pembukaan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Krisis dan Evaluasi Kinerja Media Sosial yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Swiss-Belhotel Harbour Bay, Batam, (25/8/2022). Begini tanggapan Kadis Kominfo Kepri tentang Bimtek pengelolaan media sosial tersebut.

Bimtek ini diselenggarakan Kemkominfo sebagai upaya meningkatkan mutu dan kualitas pengelolaan media sosial khususnya instansi kementerian lembaga dan pemerintah daerah sebagaimana yang termuat pada Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik. Adapun peserta yang mengikuti bimtek kali ini adalah pengelola media sosial pemerintah pusat dan pemerintah daerah dari seluruh Indonesia yang hadir langsung ataupun secara daring.

Baca Juga :  Sebulan, BC Karimun Amankan 32.396 Rokok Ilegal dan 4.431 Liter Mikol

Dalam sambutannya, Hasan menyebutkan dengan kondisi geografis Kepulauan Riau yang terdiri dari 96 persen lautan dan hanya 4 persen daratan, penggunaan internet menjadi media komunikasi tercepat untuk menyampaikan informasi. Dan dengan kondisi seperti itu, penggunaan media sosial pun menjadi salah satu sarana bagi masyarakat Kepri untuk mendapatkan informasi.

“Saat ini pengguna internet di Kepri sudah mencapai 1,9 juta masyarakat Kepri. Dan Pemprov Kepri sangat konsen dalam hal ini khususnya dalam memberikan pemahaman pentingnya literasi digital kepada masyarakat pengguna internet khususnya media sosial,” kata Hasan.

Menurut Hasan, kegiatan seperti ini merupakan langkah sinergis yang sangat bagus antara Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Provinsi Kepri dalam memberikan pemahaman tentang penyebaran informasi melalui media sosial oleh instansi pemerintah. Dirinya berpendapat media sosial menjadi senjata terampuh bagi instansi pemerintah dalam menjelaskan kinerja dan program yang sedang pemerintah susun.

Baca Juga :  Daftar Pemenang Gerak Jalan Tri Lomba Juang di Bintan, Regu Polwan Juara

“Kita tidak bisa memungkiri lagi jika media sosial sudah menjadi sumber pertama dari masyarakat dalam menjangkau informasi dari pemerintah, karena itu kita memang harus serius dalam mengelola media sosial pemerintah,” imbuh Hasan.

Lebih lanjut, arah kebijakan pemerintah dalam pendidikan literasi digital harus sampai kepada masyarakat. Terlebih saat ini dinamika para netizen yang sangat aktif berperan serta dalam menanggapi setiap konten yang disajikan pemerintah. Hasan berharap masyarakat bermedsos dengan bijak dan menggunakan sarana medsos untuk hal-hal positif.

Baca Juga :  Dua Kapal Barang dari Riau Tepergok Bawa Penumpang Arus Balik Idulfitri

“Melalui kegiatan ini kita tingkatkan lagi pemahaman masyarakat tentang media sosial dan masyarakat juga akan semakin bijak dalam menggunakan media sosial,” pungkasnya.

Bimtek pengelolaan media sosial kali ini menghadirkan narasumber Ahmady Muhadjiri dari Kementrian Keuangan RI dan Aksad Rashid Selaku Praktisi Media Sosial. Hadir pula Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementrian Kominfo Hashim Gautama, dan Koordinator Kemitraan Komunikasi Publik Kementrian Kominfo Helmi Hafid serta seluruh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *