Beranda All News Terbaru, Kini Ada Aplikasi Si Ikan Bintan, Cek Fungsinya

Terbaru, Kini Ada Aplikasi Si Ikan Bintan, Cek Fungsinya

0
Pj Sekda Bintan Ronny Kartika dan Kadis Kominfo Nafriyon mendengarkan paparan Kadis Perikanan Kabupaten Bintan Fachrimsyah tentang aplikasi Si Ikan Bintan. F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Bintan, suaraserumpun.com – Info terbaru bagi nelayan dan pengusaha perikanan. Kini, ada aplikasi Si Ikan Bintan yang diluncurkan oleh Pemkab Bintan. Cek fungsinya berikut ini.

Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Perikanan resmi meluncurkan aplikasi Si Ikan Bintan, yaitu Sistem Informasi Perikanan Bintan. Aplikasi Si Ikan diluncurkan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap pembudidaya ikan, nelayan, dan pengusaha perikanan. Karena potensi perikanan yang ada di wilayah Kabupaten Bintan sangat besar.

Aplikasi Si Ikan secara resmi diluncurkan oleh Pj Sekda Bintan Ronny Kartika, di ruang rapat Dinas Perikanan Kabupaten Bintan, Kamis (18/8/2022). Dihadiri Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bintan Fachrimsyah, Kepala Dinas Kominfo Bintan Nafriyon dan sejumlah staf Dinas Perikanan Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Dapat Pengaduan Soal Travel Bubble dari ASITA Kepri

Aplikasi Si Ikan dirancang untuk menunjang sistem informasi mengenai data-data pembudidayaan ikan yang ada di Kabupaten Bintan. Baik berupa persebaran budi daya ikan serta data terstruktur mengenai turun naiknya tingkat pemasaran bagi setiap pembudidaya ikan.

Aplikasi ini memiliki fungsi kuat bagi pemerintah. Aplikasi ini berisi database pembudidaya ikan yang valid. Sehingga aplikasi Si Ikan dapat membantu dalam mempermudah mengidentifikasi data pembudidaya, memudahkan akses penyimpanan serta meminimalisir adanya data ganda pembudidaya.

Dengan aplikasi Si Ikan, pembudidaya akan mendapatkan banyak manfaat dan informasi. Satu di antaranya, ketika proses pemasaran tidak berjalan secara stabil atau mengalami penurunan, maka Dinas Perikanan akan memberikan evaluasi dan pembinaan dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi. Selain itu, masih banyak manfaat yang didapatkan pembudidaya ikan dari aplikasi Si Ikan ini.

Baca Juga :  Safari Ramadan Roby-Ansar Disambut Thermogun

Ronny Kartika menyampaikan, Plt Bupati Bintan berharap aplikasi Si Ikan ini segera disosialisasikan secara terstruktur. Baik ke internal jajaran pemerintah, serta lapisan masyarakat. Bahkan diharapkan ke depannya, aplikasi Si Ikan dapat terus berkembang selain sebagai sistem informasi. Dan sebagai wadah bagi pembudidaya ikan untuk menjual ikan segar, maupun produk olahan ikan secara online.

“Jangan khawatir terkait masalah keamanan. Aplikasi Si Ikan ditunjang dengan keamanan data. Sehingga data-data yang ada akan terjamin dengan aman, dan hanya dapat diakses oleh pihak yang memiliki izin saja,” demikian penjelasan Pj Sekda Bintan si sela soft launching aplikasi Si Ikan Bintan tersebut. (yen)

Baca Juga :  Vaksinasi Anak Remaja di Bintan Masih di Bawah 50 Persen

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here