banner 728x90
Pj Sekda Bintan Ronny Kartika menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala DLH Bintan Aprizal Bahar dengan Kadiskominfo Nafriyon untuk pengembangan Si Bata Merah, Selasa (16/8/2022). F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Si Bata Merah Jadi Bank Data OPD Se-Bintan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan membuat inovasi Digitalisasi Basis Data Membangun Daerah, yang disebut Si Bata Merah. Ke depan, Si Bata Merah ini akan menjadi bank data untuk OPD se-Kabupaten Bintan.

Tahap awal, telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Dinas Kominfo dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bintan untuk pelaksanaan Si Bata Merah, Selasa (16/8/2022). Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Diskominfo Bintan Nafriyon bersama Kepala DLH Bintan Aprizal Bahar, disaksikan Pj Sekda Bintan Rony Kartika.

Baca Juga :  Wakil Konjen Singapura dan Ombudsman Kepri Sharing Soal Pelayanan Publik bagi WNA

Ronny Kartika menyampaikan, Si Bata Merah merupakan gagasan yang sangat diperlukan saat ini, dan untuk masa mendatang. Guna efektivitas dan efesiensi dalam penyediaan data untuk setiap OPD.

“Saat kita berbicara terkait perencanaan pembangunan, tentu data yang menjadi landasan utamanya,” ujar Ronny Kartika.

Ronny Kartika berharap, ke depannya, Pemerintah Kabupaten Bintan akan mempunyai satu basis data yang memuat seluruh data dari setiap OPD. Dengan demikian, perencanaan dan evaluasi pembangunan akan semakin mudah dilakukan. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di setiap OPD harus disinergikan, dipelopori Dinas Kominfo.

Baca Juga :  Dispora Kepri Menjuarai Friendly Match Champions OPD

“Jadi, semua data akan mengerucut menjadi satu database, sebagai data kabupaten. Saat ingin melihat sektor apapun, kita akan punya data lengkap dan valid. Tinggal cek Si Bata Merah,” demikian Ronny Kartika. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *