Beranda All News Cen Sui Lan: Alhamdulillah, Rp175 Miliar untuk Pembangunan Dua Pelabuhan Roro di...

Cen Sui Lan: Alhamdulillah, Rp175 Miliar untuk Pembangunan Dua Pelabuhan Roro di Anambas

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meninjau lokasi pelabuhan Tarempa Anambas untuk pembangunan pelabuhan roro saat reses, pekan lalu. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Batam, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) merasa bersyukur, karena upayanya untuk pembangunan dua pelabuhan kapal roll on roll off (roro) di Kabupaten Kepulauan Anambas segera terwujud. Nilai anggarannya mencapai Rp175 miliar untuk pembangunan dua pelabuhan roro di Kabupaten Anambas tersebut.

Sejak tahun anggaran 2021 lalu, Cen Sui Lan terus mendesak agar Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub RI, Komjen Budi Setiawan merealisasi pembangunan tiga pelabuhan di wilayah terdepan Provinsi Kepri. Tiga pelabuhan kapal roro penyeberangan wilayah terdepan ini berada di Kabupaten Anambas dan Natuna.

Cen Sui Lan menginginkan agar tiga pelabuhan wilayah terdepan NKRI di Provinsi Kepri ini dibangun pada tahun anggaran 2022 ini. Tiga pelabuhan penyeberangan di wilayah terdepan NKRI ini sangat diperlukan masyarakat Kepulauan Riau. Tiga pelabuhan penyeberangan itu yaitu pelabuhan penyeberagan di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas. Pelabuhan penyeberangan di Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas. Serta pelabuhan penyeberangan di Serasan, Kabupaten Natuna.

Tiga pelabuhan penyeberangan itu selain berfungsi untuk sarana berlabuh kapal roro, juga berfungsi untuk kapal penumpang Pelni dan kapal pesiar. Hal ini telah disampaikan Cen Sui Lan kepada Dirjen Hubdat Kemenhub RII, saat RDP Komisi V DPR RI dengan Kemenhub.

Baca Juga :  Tahap Awal, Qari dan Qariah Bintan Dapat Bonus dari Roby Kurniawan

Sebagai tindak lanjut usulan tersebut, Cen Sui Lan memimpin rapat koordinasi dalam menyerap aspirasi pembangunan Kabupaten Anambas dari Abdul Haris Bupati Anambas. Sekaligus mendengar presentasi dari mitra Komisi V DPR RI yang dibawa Cen Sui Lan ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Mitra itu terdiri Pejabat Tinggi Pratama Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Selain itu, turut hadir Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR. Serta Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan, Ditjen Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan, dan Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan RI. BMKG dan Basarnas juga turut serta dalam rakor apenyerapan aspirasi, di Ruang Rapat Kantor Bupati Anambas, Kamis (4/8/2022) lalu.

Dalam kesempatan ini, Cen Sui Lan mendengarkan presentasi dan pemaparan Yugo Antoro Kepala Balai Pelaksana Transportasi Darat (BPTD) Kepri-Riau Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan tentang rencana pembangunan pelabuhan penyeberangan di Siantan (Tarempa), dan Pulau Jemaja (Letung), Kabupaten Anambas.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Menggagas Satgas Relawan Ancaman Narkoba

“2 pelabuhan penyeberangan roro di Kabupaten Anambas segera dimulai proses pembangunannya tahun anggaran 2023, dengan total anggaran Rp175 miliar,” sebut Cen Sui Lan, saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com, Selasa (9/8/2022), setelah pulang dari reses ke Kabupaten Anambas.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bersama Bupati Anambas Abdul Haris dan pejabat tinggi Kementerian membahas pembangunan pelabuhan roro di Anambas, Kamis (4/8/2022) lalu. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan merincikan, masing-masing untuk pelabuhan penyeberangan kapal roro Tarempa (Pulau Siantan) senilai Rp89 miliar. Dan pelabuhan penyeberangan roro di Pulau Jemaja (Letung) senilai Rp86 miliar. Masing-masing proyek ini dikerjakan dengan pola Multi Years Contract (MYC) ataa tahun jamak.

Pembangunan pelabuhan roro di Anambas ini, lanjut Cen Sui Lan, dimulai pada tahun anggaran 2023. Sekarang pihak Balai Pelaksana Transportasi Darat (BPTD) Kepri-Riau Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan dan Pemkab Anambas menyiapkan readiness criteria. Termasuk lahan clear dari Pemkab Anambas.

“Pertengahan tahun 2021 lalu, saya sudah minta Pak Hadi Candra Anggota DPRD Provinsi Kepri untuk berkoordinasi dengan Pak Abdul Haris menyiapkan semua persyaratan. Termasuk lahan dan persyaratan tekhnis lainnya,” jelas Cen Sui Lan yang juga Penasehat IKA Lemhannas Provinsi Kepri ini.

Baca Juga :  Kalau Ada Aktivitas Trawl dan Cantrang Segera Menghubungi 0811-707-3344

“Saya sebelumnya sudah memasukan 2 pelabuhan penyeberangan di Kabupaten Anambas ini sebagai program usulan sebagai Anggota Komisi V DPR RI pada awal tahun 2022, dan sudah masuk dalam Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) tahun anggaran 2023 di Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan,” sambungnya.

Sebelamnya, Cen Sui Lan intens berkomunikasi dengan Dirjen Hubdat kementerian Perhubungan yang saat itu dijabat oleh Budi Setiadi (mantan), sekarang Staf Utama Menteri Perhubungan. Cen Sui Lan merasa bersyukur dan puas atas perjuangannya untuk pembangunan penyeberangan di pulau-pulau Provindi Kepri, agar konektivitas moda transportasi bisa disiapkan, sebagai bagian mata rantai pertumbuhan ekonomi di Kepri.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menerima cendera mata dari Abdul Haris Bupati Anambas, saat reses, pekan lalu. F- nurul atia/suaraserumpun.com

“Alhamdulillah, Rp175 miliar untuk pembangunan dua pelabuhan roro di Anambas, pada tahun anggaran 2023 nanti,” tutup Cen Sui Lan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here