Beranda All News Rakerda 2022, Ternyata Pengurus MUI Bintan Ada Unsur Profesional

Rakerda 2022, Ternyata Pengurus MUI Bintan Ada Unsur Profesional

0
Erman Zaruddin Kepala Kemenag Bintan menyampaikan sambutan dalam kegiatan Rakerda tahun 2022 MUI Kabupaten Bintan. F- Istimewa/mui binntan

Bintan, suaraserumpun.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bintan menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2022, di Aula Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Minggu (7/8/2022). Ternyata, pengurus MUI Bintan bukan hanya ulama. Simak penjelasan berikut.

Mewakili Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bintan Drs Wan Rudi Iskandar MM mengucapkan terima kasih kepada MUI Bintan, yang selama ini telah turut serta memberikan pendidikan (edukasi) kepada masyarakat Bintan. Sehingga moderasi beragama di Bintan cukup baik. Hampir tidak ada persoalan yang signifikan menyangkut keagamaan di tengah kebinekaan di Kabupaten Bintan.

“Melalui Rakerda ini, diharapkan MUI Bintan dapat menyusun program kerja dan kegiatan serta prioritas-prioritas kegiatan. Baik jangka pendek (1 tahun) maupun jangka panjang (masa 5 tahunan),” ujar Wan Rudi Iskandar.

Baca Juga :  HLUN Ke-26, Doakan Program BLT Lansia di Bintan Berlanjut

KH Ali Ahmadi selaku Ketua Umum MUI Kabupaten Bintan menyampaikan, bahwa MUI saat ini berisi personal pengurusnya, bukan hanya terdiri dari ulama yang paham agama saja.

“Tetapi juga terdiri dari para profesional seperti dokter, ahli hukum, tenaga kesehatan dan lain sebagainya, yang insya Allah juga ulama,” ujarnya.

Ali Ahmadi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bintan yang selama ini selalu memberikan dukungan, baik dukungan moral maupun material (anggaran).

H Ali Hasan Hasibuan selaku ketua panitia pelaksana menerangkan, Rakerda ini dilakukan dengan tujuan untuk menyusun program kerja MUI Bintan untuk periode 1 tahunan dan 5 tahunan.

Baca Juga :  Kapolri Pantau Vaksinasi Covid-19 di Bintan Timur Via Virtual

“Adapun tema Rakerda MUI Bintan 2022 ini adalah merajut kesatuan dan kekuatan umat dalam kebinekaan,” ungkapnya.

drh Iwan Berri Prima Sekretaris I MUI Kabupaten Bintan sekaligus Sekretaris Panitia menambahkan, terdapat 9 komisi di dalam kepengurusan MUI Bintan. Masing-masing komisi ini memiliki perencanaan program kerja dan kegiatan sesuai dengan Tupoksi masing-masing komisi.

Komisi dalam MUI Bintan diantaranya adalah Komisi Fatwa, Komisi Dakwah, pendidikan dan Kaderisasi dan Komisi Infokom dan Bina Seni Budaya Islami. 3 Komisi dibawah koordinasi ketua 1 MUI Bintan yang diketuai oleh Nasrullah SAg MPdI.

Selanjutnya, ada komisi Remaja, Perempuan dan Ketahanan Keluarga, komisi Ukhuwwah Islamiyah dan Kerukunan umat beragama dan komisi Kesehatan, pelestarian lingkungan dan Sumber Daya Alam. 3 komisi ini dibawah koordinasi ketua 2 yakni H Ali Hasan Hasibuan.

Baca Juga :  Tropical Ride Bintan Resort Sukses dengan Prokes, Selanjutnya Bintan KasmaRun

Komisi Hukum dan HAM, Komisi Pemberdayaan Ekonomi Ummat dan Komisi Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan. Tiga komisi ini di bawah koordinasi Ketua 3 Mulyadi SAg.

Hadir dalam Rakerda 2022 ini perwakilan dari kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, perwakilan dari FKPD Kabupaten Bintan, Ketua STAIN SAR Kepri, Kepala KUA Kecamatan Teluk Bintan, pengurus MUI Bintan dan perwakilan pengurus MUI kecamatan, serta sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here