Beranda All News Cen Sui Lan Berjuang Agar Pembangunan Jembatan Peninting-Konjo Masuk di Tahun Anggaran...

Cen Sui Lan Berjuang Agar Pembangunan Jembatan Peninting-Konjo Masuk di Tahun Anggaran 2023

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menerima penjelasan perkembangan pembangunan jalan nasional dan jembatan di Kabupaten Anambas dari Ir Faisal Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Anambas, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), terus berjuang untuk merealisasikan pembangunan jembatan Peninting-Konjo di Kepulauan Anambas. Saat reses, Cen Sui Lan meninjau lokasi pembangunan jembatan yang menghubungi Pulau Siantan ke Pulau Matak itu. Dan Cen Sui Lan akan berjuang agar pembangunan jembatan Peninting-Konjo masuk di tahun anggaran 2023 mendatang.

Upaya ini dilakukan Cen Sui Lan, karena akhir 2021 lalu, sudah menerima audiensi pembangunan jembatan Tanjung Peninting-Konjo senilai Rp731 miliar, dari Bupati dan Anggota DPRD Kepulauan Anambas. Jembatan sepanjang 1,9 kilometer yang menghubungkan Pulau Siantan dengan Pulau Matak ini masuk dalam APBN melalui program Kementerian PUPR.

Jembatan Peninting-Konjo tersebut dapat mengakselerasi 75 persen penduduk di di Kabupaten Kepulauan Anambas, jika terkonektivitas. Sehingga bisa memicu pertumbuhan ekonomi dan dapat menyejahterakan masyarakat Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kamis (4/8/2022), Cen Sui Lan meninjau rencana proyek jembatan Peninting (Pulau Matak) dan Konjo (Pulau Siantan) menggunakan Kapal Anambas 1. Peninjauan ini mendapatkan pengawalan ketat dari speed boat Basarnas sebagai mitra kerja Komisi V DPR RI. Program Jembatan sepanjang 1,9 Km ini menelan biaya minimal Rp529 miliar.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Berdoa untuk Pejuang Provinsi Kepri yang Telah Wafat

Dalam peninjauan jembatan ini, Cen Sui Lan didampingi Ir Faisal Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, dan Abdul Haris Bupati Anambas. Turut hadir Hadi Candra Anggota DPRD Provinsi Kepri Fraksi Golkar Dapil Anambas Natuna. Raja Bayu Anggota DPRD Kabupaten Anambas Fraksi Golkar. Akhmad Yani Anggota DPRD Kabupaten Anambas, serta Tenaga Ahli DPR RI Victor Angsono, Teddy Martus, Agustar.

Selain itu, dalam rangkain reses ini, Cen Sui Lan juga menerima lagi penjelasan perkembangan pembangunan jalan nasional dari Bandara Letung menuju Padang Melang, dan jembatan di Kabupaten Anambas dari Ir Faisal, Kepala BPJN Kepri di lokasi-lokasi jalan nasional, Jumat (5/8/2022).

Cen Sui Lan menegaskan, proyek jembatan yang menghubungkan dua pulau terbesar di Kabupaten Anambas, jembatan Peninting- Konjo ini merupakan pusat pemerintahan dan ekonomi. Pembangunannya segera dimasukan menjadi program usulan dari Cen Sui Lan sebagai Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri.

Baca Juga :  Ledakan Bom di Depan Gereja Katedral Makassar, 1 Orang Tewas, MUI Mengutuk

“Pada Raker Agustus ini, langsung diserahkan kepada Pak Basuki Hadi Mulyono, selaku Menteri PUPR guna dijadikan program unggulan dari Kabupaten Anambas. Dengan dimasukan dalam format usulan Cen Sui Lan, program ini menjadi pembahasan di Raker dan RDP dengan Dirjen Bina Marga, guna memastikan tahapan proses penganggarannya,” jelas Cen Sui Lan kepada suaraserumpun.com, Minggu (7/8/2022).

“Itu menjadi program yang akan saya perjuangkan di pusat nanti. Ini hasil reses di Anambas, tanggal 3 sampai 5 Agustus lalu,” sambung Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan menerangkan, program pembangunan jembatan Peninting-Konjo ini, dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) menelan Rp529 miliar. Program ini menjadi pengawalan khusus bagi Cen Sui Lan, karena berdasarkan analisa dari sudut apapun sudah masuk. Baik aspek legal, ekonomi, politik dan Hankam. Aspek itu sudah memenuhi kriteria. Karena, Kabupaten Anambas adalah kabupaten terluar dan berbatasan langsung dengan 9 negara.

Ir Faisal MT Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR mempresentasikan tentang program-program jalan nasional yang sudah dibangun dan akan dibangun di Kabupaten Anambas di sela kegiatan reses Cen Sui Lan di Kepulauan Anambas, Kamis (4/8/2022). Dihadiri Abdul Haris Bupati Anambas, Wan Zulhendra Wakil Bupati dan para Pejabat Tinggi Pratama Kementerian PUPR. F- nurul atia/suaraserumpun.com

“Jadi, ditinjau dari aspek apapun, sudah masuk. Baik itu sebagai pulau terluar yang memiliki fungsi pertahanan keamanan, dan dari unsur memenuhi kesejahteraan masyarakat perbatasan. Dan lagi, Kabupaten Anambas sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN). Jadi, wajid kita menyiapkan infrastrukturnya,” ujar Cen Sui Lan yang juga Penasehat IKA Lemhannas Provinsi Kepri ini.

Baca Juga :  Piala Menpora 2021: Bhayangkara Tumbang, Persija dan PSM ke Perempatfinal Secara Dramatis

“Secara politis sudah oke juga. Karena hasil dari kunjungan reses saya sebagai Anggota Komisi V DPR RI, itu berdasarkan UU MD3 RI menjadi prioritas untuk dijadikan program pada Kementerian PUPR. Tinggal lagi saya tandatangani usulan itu. Dan terus saya perjuangkan dan kawal terus,” tegas Cen Sui Lan, yang juga Ketua DPP Ormas MKGR ini.

“Kita minta agar tahun anggaran 2023 nanti, direalisasikan pembangunan jembatan Peninting-Konjo ini. Program ini juga oleh-oleh buat masyarakat Kabupaten Anambas dan Bupati Abdul Haris,” tutupnya. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here