banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepulauan Riau tersenyum saat mengawali pembangunan gedung LAM Provinsi Kepri di kawasan taman Gurindam Dua Belas, tepi laut Tanjungpinang, Senin (1/8/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Ansar Ahmad Mengawali Pembangunan Gedung LAM Kepri di Kawasan Gurindam Dua Belas

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Ansar Ahmad Gubernur Kepulauan Riau melakukan peletakan batu pertama atau mengawali pembangunan gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepulauan Riau (Kepri) di kawasan taman Gurindam Dua Belas, Tanjungpinang, Senin (1/8/2022). Lokasi gedung LAM Kepri ini berada persis di seberang Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat.

Pembangunan gedung di kawasan taman Gurindam Dua Belas ini, semakin mempertegas bahwa LAM Kepri sebagai barometer identitas dan pelestari adat Melayu. Selain Gubernur Kepri Ansar Ahmad, peletakan batu pertama juga dilaku Ketua LAM Kepri Datuk Sri Setia Utama H Abdul Razak, Kajati Kepri Gerry Yasid.

Sebelum peletakan batu pertama, dilakukan tradisi tepuk tepung tawar yang menjadi simbol memohonkan doa keselamatan selama pembangunan Gedung LAM Kepri berlangsung.

Baca Juga :  Wagub Kepri Melepas Fun Bike di Parkiran Rumah Sakit Bersama Muhammad Rudi

Ansar Ahmad Gubernur Kepri menyampaikan, pembangunan gedung LAM Kepri ini merupakan langkah Pemprov Kepri dalam meningkatkan kemajuan semua elemen demi kepentingan masyarakat. Termasuk sektor adat istiadat dan budaya Melayu.

“Yang namanya simbol itu tentu posisinya musti yang levelnya terbaik. Karena Gurindam Dua Belas ini akan menjadi pusat aktivitas ekonomi dan kegiatan masyarakat. Maka kita bangun di sini, dan kita ingin menyatukan dengan ikon-ikon lain di kawasan taman Gurindam Dua Belas ini,” ujar Ansar Ahmad.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan membangun beberapa infrastruktur di kawasan taman Gurindam Dua Belas, untuk melengkapi di sekitar gedung LAM Kepri. Di antaranya adalah gedung etalase Dekranasda, etalase makanan fastfood branded, dan etalase makanan khas Melayu.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Memperjuangkan Pembangunan Sekolah Lapang Iklim di Kepri

Dengan adanya gedung LAM Kepri, masyarakat atau turis yang datang ke Gurindam Dua Belas bisa mengunjunginya Gedung LAM Kepri. Guna mengetahuinya lebih jauh lagi tentang adat istiadat Melayu.

“Ini mempertegas Kepri sebagai provinsi Melayu, dengan gedung LAM Kepri sebagai simbol, orang-orang Melayu dari Singapura dan Malaysia juga bisa berkunjung ke Gedung LAM ini nantinya,” jelas Gubernur Kepri.

Ketua LAM Kepri Datuk Sri Setia Utama H Abdul Razak mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kepri atas pembangunan gedung LAM Kepri. Menurutnya, LAM Kepri adalah teman kerja Pemprov Kepri untuk membangun Kepri yang keberadaan LAM Kepri sudah diperkuat Perda Kepri Nomor 1 tahun 2014.

Baca Juga :  Sembilan Anggota BPSK Kota Tanjungpinang Dilantik, Simak Pesan Gubernur Kepri Berikut

“Gedung LAM Kepri ini bukan hanya untuk orang Melayu saja. Karena LAM Kepri juga menjadi payung untuk semua masyarakat yang tinggal di Kepri, tidak terbatas hanya untuk orang Melayu saja,” tegas H Abdul Razak.

H Abdul Razak memohon dukungan dan doa dari semua pihak agar pembangunan gedung LAM Kepri bisa berjalan dengan lancar, hingga selesai nanti.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb A Donie P, Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol Heribertus Ompusunggu, Kepala BPN Kanwil Kepri Nurhadi, mantan Ketua DPRD Provinsi Kepri Nur Syafriadi, Ketua LAM Tanjungpinang Juramadi Esram, dan Ketua LAM Bintan Musyafa Abbas. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *