Beranda All News Komunitas Kreatif Bintan Bekarya Diresmikan, KBRI Singapura Bantu Dana dan Mesin Jahit

Komunitas Kreatif Bintan Bekarya Diresmikan, KBRI Singapura Bantu Dana dan Mesin Jahit

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Dubes SI untuk Singapura Suryo Pratomo, GGM PT BRC Abdul Wahab, Kadisbudpar Bintan Arief Sumarsono memukul tabuh, saat meresmikan komunitas kreatif Bintan Bekarya di Lagoi Bay, Sabtu (30/7/2022). F- suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Selain menikmati wisata kawasan pariwisata Lagoi dengan bersepeda, rombongan KBRI untuk Singapura bersama Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan meresmikan komunitas kreatif Bintan Bekarya, di Lagoi Bay, Sabtu (30/7/2022). Dalam rangkaian kegiatan charity ride to Bintan ini, Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo dan rombongan membantu dana dan mesin jahit untuk Bintan Bekarya Creative Community.

GGM PT BRC Lagoi Abdul Wahab menjelaskan, charity ride to Bintan merupakan iven perdana sport tourism internasional yang digelar Bintan Resorts dan panitia terlibat lainnya, yang mendatangkan peserta dari mancanegara (Singapura). Kegiatan sport tourism ini dikombinasikan dengan kegiatan sosial serta mengembangkan wisata lokal. Karena, kegiatan komunitas sepeda Indonesia-Singapura di KBRI Singapura ini, memberikan bantuan pengembangan UMKM.

“Kegiatan pemberian bantuan oleh KBRI Singapura bagi UMKM di Bintan ini, merupakan tonggak dalam pemulihan ekonomi. Pengembangan pariwisata sejalan dengan ekonomi kreatif masyarakat Bintan,” jelas Abdul Wahab.

Baca Juga :  Gubernur Kepri 'Demam' Piala AFF Suzuki 2020, Ansar: Indonesia Menang 3-1

PT BRC berharap, lanjut Abdul Wahab, komunitas kreatif Bintan Bekarya yang mendapat bantuan dari KBRI Singapura ini, bisa berkembang lebih baik.

“Iven ini semoga saja menjadi iven tahunan. Dan orang Singapura bisa datang ke Bintan, lebih banyak lagi di masa mendatang,” ucap Abdul Wahab.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyambut baik kegiatan perjalanan wisata sambil beramal oleh komunitas sepeda Indonesia-Singapura di kawasan Lagoi dengan jarak tempuh 45 kilometer ini. Menurut Roby Kurniawan, kedatangan dan kegiatan Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo bersama rombongan, sangat positif untuk ekonomi pelaku UMKM di Bintan. Dengan memberikan bantuan dana bagi UMKM yang ada di wilayah Lagoi dan sekitarnya.

Roby Kurniawan mengapresiasi atas perhatian Suryo Pratomo Dubes RI untuk Singapura terhadap Kabupaten Bintan. Saat krisis di tengah pandemi pun, KBRI Singapura yang juga turut berjuang secara maksimal dibukanya gerbang pariwisata internasional hingga dibuka skema trabel bubble.

Baca Juga :  SMAN 21 Batam Punya Aplikasi E-Belajar untuk Daring, Diresmikan Wagubkepri

“Kami yakin, kegiatan semacam ini akan memberi dampak positif bagi pemulihan ekonomi. Khususnya bagi sektor UMKM yang berafiliasi pada pariwisata, di Lagoi ini,” ujar Roby Kurniawan.

Roby Kurniawan optimis, kegiatan ini akan menjadi salah satu ajang promosi wisata untuk semakin memperkenalkan Bintan dengan pesona yang eksotis.

“Kami yakin ini juga akan menjadi sebuah promosi wisata yang cukup masif. Kami juga sampaikan bahwa Bintan telah benar-benar siap menyambut siapa pun yang ingin datang berkunjung,” tambah Roby Kurniawan.

“Peserta charity ride to Bintan ini, secara tidak langsung akan menjadi corong promosi pariwisata Bintan di Singapura,” sambungnya.

Pada saat peresmian komunitas kreatif Bintan Bekarya ini, Dubes RI untuk Singapura menyerahkan bantuan dana Rp50 juta. Dana tersebut diserahkan kepada pemerintah Kecamatan Teluk Sebong, untuk digunakan pelatihan bagi pelaku UMKM dan pengembangan usaha masyarakat.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo, GGM PT BRC Abdul Wahab, Kadisbudpar Bintan Arief Sumarsono bersama pelaku UMKM. F- yen/suaraserumpun.com

“Saya sudah enam kali ke Bintan, pada tahun 2022 ini. Kalau tahun 2021 lalu, datang ke Lagoi ini, seperti kuburan. Tidak ada aktivitas. Tapi berkat upaya Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Plt Bupati Bintan dan pihak BRC Lagoi, kita berjuang bersama ke pusat. Dan Bintan yang pertama diberi kewenangan pusat, untuk membuka wisata bagi turis mancanegara,” jelas Suryo Pratomo.

Baca Juga :  Membayar Pajak Kendaraan Makin Mudah, Begini Caranya

Dan sekarang, lanjutnya, Bintan sudah membuka wisatawan mancanegara.

“Kami juga menikmati bagaimana berwisata dengan sepeda, di sini. Untuk mengembangkan UMKM di Bintan, makanya kami berikan bantuan. Itu sumbangan dari komunitas sepeda kami,” kata Suryo Pratomo. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here