banner 728x90
Sekda Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara dan Ketua BKMT Kepri Hj Dewi Kumalasari memimpin rapat persiapan pawai 1 Muharam 1444 hijriah, Rabu (27/7/2022). F- Istmewa/Diskominfo Kepri

Minggu, Pawai 1 Muharam 1444 Hijriah di Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemprov Kepri dan BKMT Kepri menyepakati, pawai penyambutan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 hijriah, dilaksanakan di Tanjungpinang, Minggu (31/7/2022). Hal ini ditetapkan, pada saat rapat persiapan pagelaran pawai 1 Muharam 1444 hijriah, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara bersama Ketua BKMT Kepri Hj Dewi Kumalasari di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Rabu (27/7/2022).

Rapat persiapan ini merupakan rapat lanjutan sekaligus finalisasi. Sebelumnya rapat yang sama sudah digelar, Selasa (19/7/2022) lalu. Sekdaprov Kepri Adi Prihantara dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana atas antusiasme dan semangat tinggi dalam mempersiapkan Acara Pawai Akbar ini.

“Saya berharap acara ini akan berjalan sesuai dengan rencana dan kepada seluruh panitia untuk bekerja sama agar suksesnya acara ini,” ungkap Adi Prihantara.

Baca Juga :  Semifinal Liga Champions: Manchester City Curi 1 Poin di Kandang Real Madrid

Lebih lanjut, Adi Prihantara mengatakan, di Kepri khususnya Tanjungpinang setiap memasuki bulan Muharam sudah menjadi tradisi adanya pawai 1 Muharam. Dua tahun vakum karena pandemi, kegiatan Pawai Muharam sementara ditiadakan, dan mulai digelar lagi di tahun ini.

Sekda Provinsi Kepri mengungkapkan, sebelumnya banyak tokoh masyarakat yang mempertanyakan kelanjutan pawai muharram pasca pandemi, maka untuk merespon pertanyaan dari masyarakat serta hasil koordinasi BKMT Provinsi Kepri serta Pemprov Kepri disepakati untuk diadakan pawai 1 Muharam pada hari Minggu (31/7/2022) akhir pekan ini.

Baca Juga :  Kapolri: Raih Kepercayaan Publik untuk Mengawal Kebijakan Pemerintah

“Pawai 1 Muharam ini berbentuk syiar. Maka perlu disiapkan beberapa hal diantaranya hal-hal bersifat administratif, koordinasi dengan lintas sektoral, sosialisasi pawai Muharam pada masyarakat, penentuan titik kumpul, serta penentuan start,” tambah Adi Prihantara.

Rapat ini berjalan lancar dengan peserta rapat saling menyampaikan ide dan saran sehingga nantinya pawai akbar ini akan berjalan sesuai konsep yang telah disepakati bersama.

Di akhir pengarahannya, Sekda Adi berharap momentum tahun baru Islam menjadikan Kota Tanjungpinang semakin religius. Selain itu tercipta masyarakat yang aman dan damai menuju Kota Tanjungpinang yang lebih sejahtera.

“Insya Allah, jika kegiatan dikemas dengan baik, masyarakat akan lebih tertarik mempertahankan tradisi dan budaya yang ada di Kota Tanjungpinang. Saya juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah menjaga kota kita tercinta ini,” ucap Adi Prihantara.

Baca Juga :  Pemecah Batu Terjatuh di Lokasi Ekstambang Bukit Panglong, Meninggal Seketika

Ketua BKMT Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari berharap semoga dengan kegiatan ini masyarakat Kepri khususnya masyarakat Tanjungpinang benar-benar memahami dan menjadikannya sebagai momentum untuk hijrah ke arah yang lebih baik dan mengimplementasikan ajaran-ajaran Islam ke dalam kehidupan sehari-hari.

“Sesuai dengan tema pawai 1 Muharam kali ini yakni “Tahun Baru 1444H Momentum Penguatan Keimanan Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Bangkit Negeriku Berkah Negeriku” ucap Dewi Kumalasari. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *