banner 728x90
Kepala Dispora Kepri M Ikhsan menerima piala bergilir dari Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, pada saat pembukaan Popda 2022 Kepri di relief Antam Kijang, Bintan, Senin (25/7/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Pembukaan Popda 2022 Kepri, 1.121 Atlet Bersaing Merebut 86 Medali Emas

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Gubernur Kepri H Ansar Ahmad secara resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) VIII tahun 2022 Provinsi Kepri di relief Antam Kijang, Kabupaten Bintan, Senin (25/7/2022) siang. Berikut kumpulan berita pembukaan Popda 2022 Kepri di Kabupaten Bintan.

Sebanyak 6 kabupaten/kota se-Kepri mengikuti Popda 2022 Kepri. Total peserta yang bertanding di sembilan cabang olahraga (cabor) ini sebanyak 1.121 atlet. Popda 2022 Kepri dilaksanakan di Kabupaten Bintan, tanggal 25 sampai dengan 30 Juli mendatang.

Dari Kota Tanjungpinang mengirimkan perwakilan sebanyak 200 atlet, Kota Batam sebanyak 248 atlet, Kabupaten Bintan sebanyak 191 atlet, Kabupaten Lingga sebanyak 180 atlet, Kabupaten Karimun mengirimkan 169 atlet dan Kabupaten Natuna mengirimkan 133 atlet. Hanya Kabupaten Kepulauan Anambas yang absen mengikuti Popda Kepri tahun ini.

Popda ke-VIII Kepri akan mempertandingkan sembilan cabor, dengan 86 nomor pertandingan atau 86 medali emas. Tiga cabor akan dipertandingkan di Kecamatan Bintan Timur mulai dari cabor bulutangkis di GOR Tang, cabor sepak bola di lapangan Asura dan cabor bola voli di GOR Demang Lebar Daun.

Selanjutnya di Kecamatan Bintan Utara akan dipertandingkan cabor renang di Kolam Renang Fasharkan Mentigi, cabor basket di Vihara Dharma Santi Tanjunguban dan cabor tenis lapangan di lapangan Hang Tuah.

Baca Juga :  Tiga Tahun Roby Kurniawan Memimpin, Angka Pengangguran di Bintan Turun 3,19 Persen, Ini Program Berikutnya

Untuk cabor pencak silat akan menggunakan GOR Kawal Kecamatan Gunung Kijang dan cabor sepak takraw akan dipertandingkan di GOR Kecamatan Toapaya. Sedangkan cabor atletik akan menggunakan Stadion Sri Tri Buana Dompak.

Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) VIII Kepri dimulai dari kemeriahan dengan defile dari seluruh kotingen para pelajar dari seluruh kabupaten/kota se-Kepulauan Riau. Penyerahan piala bergilir dari Gubernur Kepri H Ansar Ahmad kepada Kadispora M Ikhsan, pembukaan Popda dengan pelepasan balon, sampai ditutup dengan penampilan taris klosal.

Hadir dalam pembukaan tersebut Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari, Kajati Kepri Garry Yasid, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, Bupati Lingga M Nizar, Bupati Natuna Wan Siswandi, dan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengharapkan, agar ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke-VIII tahun 2022 Kepri dapat dijadikan ajang silaturahmi. Serta meningkatkan prestasi bagi pelajar di Provinsi Kepri.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan sukses. Dan dengan ini juga kita harapkan bisa menemukan cikal bakal atlet-atlet yang bagus di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau,” ujarnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dan FKPD menyapa atlet pelajar saat pembukaan Popda ke-VIII Kepri, Senin (25/7/2022). F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad mengatakan, Popda merupakan ajang yang memegang peranan penting dalam mendukung pengembangan olahraga pelajar. Popda menjadi bagian penting dalam mendukung program Indonesia Emas yang sedang dibangkitkan di tingkat nasional.

Baca Juga :  Peringatan Hari Jadi Ke-74 Kabupaten Bintan Dimeriahkan Pawai Budaya

“Karena bibit-bibit nasional lahir dari kancah kompetisi olahraga pelajar daerah, kita perlu meregenerasi atlet-atlet yang berkualitas dan berdaya saing untuk membawa nama Kepri di tingkat nasional bahkan internasional,” ujar Gubernur Kepri.

Komitmen dan tekat yang bulat disuarakan Gubernur Kepri Ansar Ahmad untuk menjadikan Popda VIII Kepri sebagai momentum kebangkitan prestasi olahraga pelajar yang akan memberikan pengaruh positif bagi perkembangan olahraga pelajar di Provinsi Kepulauan Riau.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berkomitmen, berkolaborasi dan bekerja sama dalam memberikan pendampingan, memberikan dukungan pada cabang olahraga yang bisa mewujudkan apa yang diinginkan oleh Desain Besar Olahraga Nasional.

“Dengan adanya pelaksanaan Popda VIII Kepri ini bisa menjadi sistem perkembangan dan menjadi wadah seleksi dan prestasi bagi atlet di Provinsi Kepulauan Riau,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Ramadan, Dato' Sri Siti Nurhaliza Comeback, Feat Ungu Via Lagu Di Ujung Hari

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengucapkan selamat bertanding bagi seluruh pelajar yang mengikuti POPDA Kepri tahun ini. Ia berharap komitmen para pelajar bisa mengedepankan sportivitas dan persaudaraan selama bertanding mewakili Kabupaten dan Kota mereka masing-masing.

“Yakinlah dengan kemampuan yang terbaik kita bisa menjadi juara, terus berikan seluruh usaha kita untuk membuktikan atlet pelajar Kepri bisa menjadi atlet yang berprestasi di masa depan,” tuturnya.

Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari melepas balon disaksikan Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono dan FKPD pada saat pembukaan Popda 2022 Kepri F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Pada kesempatan lain, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono SH SIK MH menyampaikan, Polres Bintan telah menurunkan 70 personel pengamanan di acara pembukaan Popda Kepri, dan akan terus melakukan pengamanan mulai dari pembukaan, berlangsungnya pertandingan, hingga sampai penutupan pagelaran Popda Provinsi Kepulauan Riau. Sehingga kegiatan tersebut yang dilaksanakan di wilayah hukum Polres Bintan dapat terlaksana dengan aman dan lancar.

Kapolres Bintan mengimbau kepada para atlet untuk selalu menjunjung tinggi sportivitas dan raih prestasi dengan sportif. Serta menghindari kolusi serta kepada seluruh masyarakat yang ingin menyaksikan atau menonton pertandingan, untuk selalu menjaga keselamatan dan keamanan pada kendaraan pribadi serta tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *