banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepulauan Riau menjadi khatib di Masjid Jabal Nur, Jemaja, Anambas, Jumat (15/7/2022). F- Istimewa/diskominfo kepri

Setelah Jadi Khatib, Ansar Menjanjikan Rp100 Juta Bantuan Masjid di Jemaja

Komentar
X
Bagikan

Jemaja, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menjadi khatib pada saat menunaikan salat Jumat di Masjid Jabal Nur, Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur, Jumat (15/7/2022). Setelah menjadi khatib, Ansar Ahmad menjanjikan Rp100 juta untuk renovasi masjid tersebut, pada tahun anggaran 2023 mendatang.

Dalam khotbahnya, Ansar Ahmad menyampaikan tema hakikat penciptaan manusia oleh Allah SWT. Gubernur Kepri menjelaskan, penciptaan manusia sebagai salah satu makhluk-Nya di antara seluruh makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT bukan tanpa alasan. Di balik penciptaan tersebut Allah memiliki tujuan-tujuan. Karenanya memahami tujuan penciptaan diri menjadi hal yang penting untuk dipelajari.

Baca Juga :  Promosi ke Liga 1, Saksikan Final Liga 2 2023-2024 PSBS Biak Versus Semen Padang

“Hakikat penciptaan manusia adalah untuk menyembah Allah dan untuk mengetahui kekuasaan Allah. Allah yang menghidupkan dan mematikan makhluk. Manusia hakikatnya mempersiapkan diri untuk menghadapi akhirat,” ujar Ansar Ahmad.

Maka sudah sewajarnya manusia itu mengingat jati dirinya dan memahami manusia lainnya sebagai tempat salah dan lupa. Sikap yang sejatinya muncul dari seorang manusia yang bisa memahami manusia lain adalah sikap memaklumi dan menyadari penuh bahwa keterbatasan adalah milik manusia.

Pada Al-Quran surah Faathir :11 menyebutkan bahwa “Dan Allah menciptakan kamu dari tanah, kemudian dari air mani,”.

Baca Juga :  Hari Kesaktian Pancasila, Roby Kurniawan: Membangkitkan Semangat Nasionalisme dan Patriotisme

Sudah jelas disebutkan bahwa pencipta manusia adalah Allah swt. Muslim mengagungkan-Nya dengan 99 Asmaul Husna. Setelah mengetahui penciptanya, manusia tertuntun untuk mencari tahu bagaimana proses penciptaan manusia. Lagi-lagi dalam kitab suci agama Islam tertulis bahwa proses penciptaan manusia dimulai dari sati pati tanah.

“Karena hakikatnya manusia tercipta dari sesuatu yang berada di bawah, yaitu tanah, maka tidak sepatutnya manusia bersombong ria atau bahkan merendahkan sesama makhluk hidup,” kata Gubernur Kepri.

Di Masjid Jabal Nur, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga mengungkapkan akan mengalokasikan bantuan renovasi masjid sebesar Rp100 juta di anggaran tahun 2023. Selain itu Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga memberikan bantuan langsung uang tunai sebesar Rp5 juta. (yen)

Baca Juga :  Ansar Ahmad Menyerahkan Rp200 Juta untuk Bonus Atlet Pelajar Berprestasi dan Pelatih

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *