Beranda All News Pesan Ansar Ahmad Saat Pembukaan MTQ Ke-IX Provinsi Kepri di Anambas

Pesan Ansar Ahmad Saat Pembukaan MTQ Ke-IX Provinsi Kepri di Anambas

0
Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menyerahkan piala bergilir kepada Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris pada pembukaan MTQ ke-IX Provinsi Kepri di Aanambas, Kamis (14/7/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Anambas, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad membuka secara langsung Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-IX Provinsi Kepulauan Riau, di Masjid Agung Baitul Ma’mur, Tarempa, Kepulauan Anambas, Kamis (14/7/2022). Berikut pesan Ansar Ahmad saat pembukaan MTQ tersebut.

Pembukaan MTQ 2022 Kepri di Anambas ini ditandai dengan pemukulan kompang oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan para kepala daerah kabupaten/kota, serta jajaran Forkompimda Kepri.

MTQ ke-IX Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022 ini mengusung tema membangun generasi qurani menuju masyarakat sehat, ekonomi kuat, makmur, berdaya daing, dan berbudaya. Dengan tema tersebut, diharapkan perhelatan MTQ bisa sejalan dengan visi Provinsi Kepri yang diusung Gubernur Kepri H Ansar Ahnad dan Wakil Gubernur Hj Marlin Agustina.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, Alquran merupakan kalamullah, yang berisi pesan-pesan Allah kepada umat manusia. Dengan Alquran, manusia bisa mengetahui mana yang haq dan mana yang batil. Dengan Alquran juga kita bisa mengetahui jalan kehidupan yang benar.

“Oleh karena itu, kita jadikan Alquran dan seluruh sistem ajarannya menjadi sumber utama pembentukan akhlak mulia bagi manusia. Kita berharap dengan pelaksanaan kegiatan MTQ kee-IX tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022 ini, dapat memperkuat jati diri dan karakter masyarakat Provinsi Kepulauan Riau,” jelas Gubernur Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Seberapa Penting Program Bangga Kencana? Baca Berikut Ini

Menuru Ansar Ahmad, tantangan ke depan yang dihadapi salah satu permasalahannya yaitu bagaimana mempersiapkan generasi bangsa dan umat yang lebih tangguh, kompetitif dan lebih produktif. Yakni generasi yang hidup di bawah bayang-bayang Alquran. Generasi mendatang pasti akan hidup di dalam lingkungan sosial budaya yang amat berbeda dengan sekarang.

“Mempersiapkan generasi umat masa depan merupakan suatu keniscayaan. Sudah saatnya kita memikirkan peta jalan generasi seperti apa yang akan kita harapkan di masa depan,” pesan Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad juga berpesan, melalui MTQ Ke-IX ini dapat melahirkan qari dan qariah dan hafiz-hafizah, mufassirah dengan prestasi yang lebih unggul dan berkualitas. Sehingga dapat menjadi duta Provinsi
Kepulauan Riau pada MTQ XXIX tingkat nasional tahun 2022, yang akan diselenggarakan di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca Juga :  Upacara HUT Kemerdekaan Ke-77 RI, Berikut Amanat Roby Kurniawan di Lapangan Seri Bintan Buana Busung

“Karena itu, saya mengajak segenap masyarakat untuk menyukseskan penyelenggaraan MTQ ke-IX tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022 ini,” ujar Ansar Ahmad.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan, masyarakat Anambas sangat bersyukur atas digelarnya MTQ ke-IX Provinsi Kepri di rumah mereka sendiri. Kehadiran kafilah dari seluruh Kepri tentunya membawa berkah tersendiri. Karena bisa mengenalkan pariwisata di Anambas, dan bisa menggerakkan perekonomian di Anambas.

“Kami di sini sangat menunggu adanya iven-iven besar diadakan di Kabupaten Kepulauan Anambas. Saya berharap, Bapak Gubernur Kepri mau lebih banyak lagi menggelar iven besar di Anambas,” harap Abdul Haris.

Cabang yang diperlombakan dalam MTQ ke-IX Provinsi Kepri di Anambas ini yaitu Cabang seni baca Alquran, golongan tilawah anak-anak remaja dan dewasa. Cabang seni baca Alquran golongan tartil anak-anak dan golongan tilawah tuna netra. Cabang qira’at Alquran golongan qira’at mujawwad dewasa, qira’at muratal remaja dan dewasa. Cabang hafalan Alqur’an golongan 1 juz dengan tilawah dan golongan 5 jus dengan tilawah.

Baca Juga :  Edaran Gubkepri: Penerapan PPKM Darurat di Batam dan Tanjungpinang Dimulai Senin Ini

Selanjutnya diperlombakan juga Cabang hafalan Alquran 10 juz dan 20 juz. Cabang hafalan Alquran golongan 30 juz. Cabang tafsir Alquran. Cabang Fahm Alquran, Cabang Syarh Alquran, Cabang Khat Alquran, serta cabang karya tulis Alquran.

Dalam pembukaan tersebut, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyerahkan piala bergilir juara umum MTQ sebelumnya ke Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Kemudian, piala tersebut akan diperebutkan setiap kafilah untuk menjadi juara umum pada MTQ 2022 Provinsi Kepri di Kabupaten Kepulauan Anambas ini.

Hadir dalam pembukaan tersebut Bupati Natuna Wan Siswandi, Bupati Lingga M Nizar, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang Endang Abdullah, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, dan Ketua Dewan Hakim Nasional Prof Dr KH Said Agil Munawar, Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari, Ketua DWP Provinsi Kepri Hj Nong Rohaiza Adi Prihantara, Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepri M Darwin, Staf Khusus Gubernur Kepri Sarafuddin Aluan dan Nazaruddin. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here