banner 728x90
Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad bersilaturahmi dengan RT dan RW serta kader Posyandu di Kabupaten Kepulauan Anambas, Sabtu (9/7/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

596 RT/RW di Anambas Terima Insentif, Ansar: Ke depan, Nilainya Akan Ditambah

Komentar
X
Bagikan

Anambas, suaraserumpun.com – Sebanyak 596 ketua RT dan RW di Kabupaten Kepulauan Anambas menerima insentif dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjelang Iduladha 1443 hijriah, Sabtu (9/7/2022). Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menjanjikan, ke depan, nilai insentif RT dan RW akan ditambah, jika ekonomi daerah membaik.

Penyerahan insentif RT dan RW dari Pemprov Kepri ini secara simbolis diserahkan Gubernur Kepri di Tarempa dan Palmatak. Penyerahan insentif ini diserahkan pada saat mengawali kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Selain penyerahan bantuan RT/RW, Gubernur Kepri juga menyerahkan bantuan Operasional Posyandu di balai pertemuan Desa Tebang, Kecamatan Palmatak, Sabtu (9/7/2022). Sebanyak 168 RT dan 63 RW di kecamatan Palmatak mendapatkan bantuan intensif yang menjadi rutinitas Gubernur Kepri dalam kunjungannya ke kabupaten/kota lainnya di Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, bantuan untuk RT dan RW ini merupakan apresiasi dan penghormatan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau atas kerja keras para ketua RT dan RW yang menjadi ujung tombak pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Menurutnya, melandainya angka pandemi Covid-19 di Provinsi Kepri tidak terlepas dari peran RT dan RW yang menggerakkan PPKM mikro di level masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Bintan: Ijazahnya Paket, Produk Warga Belajar SKB Justru Dijual hingga ke Jawa

“Saya memahami betul bagaimana kerja keras bapak ibu sekalian menjadi pelayan dan pembina masyarakat selama masa pandemi, inilah salah satu bentuk apresiasi dari kami untuk pengabdian RT dan RW,” ujar Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri mengatakan, dana insentif yang diberikan untuk RT dan RW untuk tahun ini yaitu sebesar Rp1,2 juta per RT dan RW. Meskipun bantuan yang diberikan tidak terlalu besar. Namun dirinya menjanjikan, ke depannya APBD Provinsi Kepri terus meningkat dan pemulihan ekonomi membaik maka besaran bantuan insentif yang diberikan akan semakin besar.

“Karena itulah, Pemerintah Provinsi Kepri maupun Pemkab Kepulauan Anambas sangat membutuhkan kerjasama dan sinergitas dari RT dan RW demi mewujudkan pembangunan Kepri yang semakin pesat,” kata Gubernur Kepri.

Adapun total bantuan yang diberikan Pemprov Kepri untuk Pemkab Anambas adalah sebesar Rp905 juta, dengan rincian Rp501 juta untuk 418 orang RT di seluruh Kabupaten Kepulauan Anambas, Rp213 juta untuk 178 ketua RW di seluruh Kabupaten Kepulauan Anambas. Total penerinya 596 RT dan RW. Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menyerahkan bantuan operasional Posyandu sebesar Rp190 juta untuk 38 posyandu, masing-masing menerima bantuan Rp5 juta.

Baca Juga :  Kepala BPKAD Tanjungpinang Menyatakan Tidak Ada Pemotongan Gaji

Untuk bantuan operasional yang diberikan ke Posyandu di Kabupaten Kepulauan Anambas, Gubernur Kepri menegaskan, Posyandu harus mendapatkan perhatian khusus. Karena peran posyandu sebagai garda terdepan dalam penanganan stunting dan kesehatan ibu dan anak.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Anambas Abdul Haris mengucapkan terima kasih, mewakili RT dan RW di Kabupaten Kepulauan Anambas atas perhatian yang diberikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Abdul Haris yakin perhatian dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk mereka akan membuat semangat RT dan RW semakin melejit untuk mengabdi pada masyarakat.

“Kami sangat bersyukur Pemerintah Provinsi Kepri mau memberikan perhatian untuk RT dan RW di Anambas. Bantuan dari Bapak Gubernur baiknya kita manfaatkan untuk kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Abdul Haris.

Baca Juga :  Bupati Bintan: Jangan Percaya Isu, Program Kesehatan Gratis Berlanjut Terus

Usai menyerahkan bantuan di Palmatak, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan rombongan langsung menuju Tarempa untuk menyerahkan bantuan serupa bagi RT dan RW di Gedung BPMS Tarempa. Sebanyak 198 RT dan 84 RW diberikan bantuan insentif Gubernur Kepri di Tarempa. Gubernur Kepri melalui Kepala Dinas Pendidikan juga memberikan bantuan operasional transportasi laut siswa untuk SMA Negeri 1 Siantan Timur.

Gubernur Kepri juga menyerahkan hadiah untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) terbaik di Kabupaten Kepulauan Anambas. Adapun BUMDes yang menjadi terbaik adalah BUMDes Mandiri Sejahtera Piasan, BUMDes Tujuh Kunci, BUMDes Putik Sejahtera.

Turut serta mendampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Anambas yaitu Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj Dewi Kumalasari Ansar, Kepala Disdukcapil dan PMD Provinsi Kepri Misni, Kepala Diskominfo Provinsi Kepri Hasan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Andi Agung, dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kepri Dody Sepka. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *