banner 728x90
Doulos Phos The Ship Hotel di kawasan pariwisata Lagoi Bintan sudah beroperasi dan menerima kunjungan wisatawan. F- yen/suaraserumpun.com

Setelah MoU dengan Resorts World Cruises, Berikut Ini Target Bintan Resorts

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Kini, Kini, kawasan wisata Bintan Resorts Lagoi disinggahi kapal pesiar internasional Genting Dream, setelah dilakukan penandatanganan MoU dengan Resorts World Cruises, Sabtu (2/7/2022). Berikut target Bintan Resorts untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Lagoi.

Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala, Abdul Wahab menerangkan, setelah MoU antara Bintan Resorts dengan Resort World Cruises Singapura, tak hanya kapal pesiar Genting Dream yang singgah di Kepri. Akan ada lagi kapal-kapal lainnya yang datang, untuk membawa turis ke Bintan.

“Sekarang kita memikirkan untuk pembangunan dermaga, supaya kapal-kapal itu bisa singgah langsung ke Lagoi, tidak lagi berlabuh di tengah laut. Kami sedang berkomunikasi dengan beberapa investor, untuk menjadikan Bintan sebagai sandar kapal pesiar,” kata Abdul Wahab.

Selanjutnya, ujar Abdul Wahab, selain kapal pesiar internasional, PT BRC juga menginginkan kapal terbang bisa masuk ke Bintan, untuk wisata. Baik dari Abu Dhabi (Emirat Arab), Cina dan negara lainnya. Justru itu, pihak pengelola kawasan akan membangun sesegera mungkin airport (bandara) di Busung.

Baca Juga :  Kepri Tuan Rumah, Suharso Monoarfa Membuka Indonesia Development Forum (IDF) 2023 di Batam

“Karena, percepatan pembangunan airport di Busung ini arahan dari Pak Presiden RI Joko Widodo, harus siap di tahun 2024,” ucapnya.

Jika bandara di Busung-Bintan ini sudah siap, diharapkan orang datang via pesawat. Selanjutnya, para turis mancanegara itu bisa naik ke kapal pesiar di kawasan Lagoi. Sehingga turis di Bintan itu, bisa melakukan perjalanan dengan kapal pesiar ke Anambas, atau ke Natuna atau Lingga.

“Ini harapan atau target kami ke depannya. Kami terus berkomunikasi dengan Pak Gubernur Kepri, Bupati Bintan dan lainnya. Agar ini bisa dijalankan secara bersama,” terang Abdul Wahab.

Baca Juga :  34 Pemain Tim Porwil Kepri Mulai TC di Stadion Sri Tri Buana

Untuk kunjungan wisatawan ke Bintan dari kapal pesiar, khususnya di Lagoi, pada tahun 2019 didatangi 160.000 pengunjung. Setiap minggu, turis datang. Target pada tahun 2022 ini, dengan menggunakan kapal pesiar Genting Dream dan Royal Caribbean.

“Sekarang ini, bisa dikunjungi 3 ribu per sekali singgah. Kalau sudah endemi, bisa saja 5 ribu per sekali singgah. Untuk total kunjungan ke Lagoi, sudah hampir 20 ribu tamu, per Juni 2022,” sebutnya.

Ke depan, kapal pesiar Genting Dream ini ditargetkan bisa mendatangkan turis 12 ribu per bulan atau empat minggu. Kunjungan akan naik lagi jika free Visa on Arrival (VoA). Ini diharapkan mulai berlaku September 2022 mendatang. Sehingga, diperkirakan, Lagoi itu bisa dikunjungi 40 ribu per bulannya. Sekarang masih berkisar hampir 20 ribu per bulannya.

Baca Juga :  Polresta Tanjungpinang Merazia Petasan dan Kembang Api, Ditemukan Mikol

Selain kapal pesiar dan kunjungan turis dari Singapura, Bintan Resorts juga mempunyai target dalam meningkatkan kunjungan wisata, melalui penyelenggaraan iven wisata. Direncanakan, tanggal 15-17 Oktober 2022, akan digelar Tour de Bintan.

“Selain itu, kita juga mengkoordinasikan dengan EO untuk menggelar Bintan Marathon. Tapi, Bintan Marathon ini belum konfirmasi untuk kepastian penyelenggaraannya. Kita harapkan bisa digelar pada tahun ini,” tambah Abdul Wahab.

“Kalau Bintan Triathlon sudah ada yang mau melaksanakannya. Tapi, kita perlu komunikasikan lagi. Iven lainnya, seperti KasmaRun juga akan dilaksanakan,” sambungnya.

“Kemudian, kita juga membuka perhotelan. Seperti Doulos Phos The Ship Hotel. Perhotelan kapal di kawasan Lagoi ini sudah mulai beroperasi terhitung, Sabtu 3 Juli 2022. Sekarang, sudah bisa menerima tamu,” kata Abdul Wahab menambahkan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *