Beranda All News Diresmikan Airlangga Hartarto, Masjid Tanjak Jadi Ikon Baru di Kepri

Diresmikan Airlangga Hartarto, Masjid Tanjak Jadi Ikon Baru di Kepri

0
Masjid Tanwirun Naja atau Masjid Tanjak di wilayah bandara Hang Nadim Batam jadi ikon baru di Kepri. F- yen/suaraserumpun.com

Batam, suaraserumpun.com – Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartanto yakin Masjid Tanwirun Naja atau disebut Masjid Tanjak di Kota Batam, akan menjadi ikon baru di Provinsi Kepri. Hal itu disampaikan Menko Airlangga saat meresmikan masjid yang dibangun di depan Bandara Hang Nadim Batam tersebut, Jumat (24/6/2022).

Menko Airlangga yang hadir bersama Sekretaris dan Para Eselon I Kemenko Perekonomian meresmikan Masjid Tanjak bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Kepala BP Batam Muhammad Rudi, Wakil Ketua DPR RI H Lodewijk Freiderich Paulus, dan Anggota DPR RI Dapil Kepri Asman Abnur dan Cen Sui Lan, ditandai dengan penanaman pohon, penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita.

Baca Juga :  Sisa Lelang Rp8 Triliun, Cen Sui Lan: Tolong Pak Menteri, Segera Renovasi Pasar Baru Tanjungpinang

Menko Airlangga meyakini masjid dengan nuansa Melayu ini menjadi ikon baru di Kota Batam, dan Provinsi Kepri. Karena memiliki desain yang out of the box. Airlangga Hartarto merasa kagum dengan desain masjid yang dibangun dengan pewarnaan khas Melayu dan Islam tersebut.

“Desain masjid yang unik, penuh ornamen Melayu, serta bentuknya menyerupai tanjak yang menjadi salah satu ciri khas pakaian Melayu, akan menjadikan masjid ini, sebagai ikon baru. Juga akan menjadi destinasi wisata religi yang cukup marak di Indonesia,” ujar Menko Airlangga.

Selanjutnya, Menko Airlangga menambahkan dengan diresmikannya masjid ini juga sebagai penanda kembalinya Batam menjadi kota industri dan investasi usai pandemi. Nama Tanwirun Naja diharapkan menjadikan masjid ini sebagai “penerang keselamatan”.

Baca Juga :  Polres Melimpahkan Kasus Pengedar Sabu di Bintan Timur ke Kejari

“Pendemi Covid-19 membuktikan kita tidak dapat hanya bergantung pada satu sektor saja. Maka ke depan kita juga harus memajukan sektor-sektor lain. Dengan diresmikannya masjid ini mudah-mudahan menjadi penanda bangkitnya industri dan investasi di Batam dan Kepri,” ungkapnya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wako Batam meresmikan Masjid Tanwirun Naja atau Masjid Tanjak di Batam, Jumat (24/6/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Berdasarkan data dari Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, saat ini jumlah masjid yang tercatat sebanyak 1.947 masjid. Adapun jumlah masjid di masing-masing kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Kota Batam sebanyak 880 masjid. Kota Tanjungpinang 185 masjid, Kabupaten Bintan sebanyak 198 masjid, Kabupaten Lingga sebanyak 202 masjid, Kabupaten Karimun sebanyak 248 masjid, Kabupaten Natuna sebanyak 137 masjid, dan Kabupaten Kepulauan Anambas sebanyak 97 masjid.

Baca Juga :  Besok, Rizki Faisal Dilantik untuk Menggantikan Jabatan Dewi Kumalasari

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menyampaikan, dukungan Pemprov Kepri terhadap keberadaan masjid di Kepri ini dapat dilihat dari adanya perhatian melalui bentuk hibah yang diberikan kepada 215 masjid dan 17 surau yang tersebar di 7 kabupaten/kota Provinsi Kepulauan Riau pada tahun anggaran 2022 ini.

“Artinya, ada 11 persen dari jumlah total masjid di Kepulauan Riau ini yang telah menerima hibah, dalam kurun waktu setahun ini. Ke depannya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan memperhatikan masjid-masjid yang belum tersentuh,” sebut Ansar Ahmad. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here